Apa Itu YouTube Vanced Apk: Pengertian dan Cara Atasi Apk Error

Saniter.co.id – Tahukah apa itu YouTube Vanced Apk? YouTube Vanced menjadi platform populer di media sosial lantaran menghadirkan beragam konten YouTube tanpa iklan. Namun, YouTube Vanced dihentikan oleh Google. Sehingga, banyak pengguna yang mencari cara mengatasi YouTube Vanced error.

Beberapa hari belakang, Apk YouTube Vanced Mod (modifikasi) dari YouTube tengah menjadi pembicaraan hangat bagi pengguna media sosial. Aplikasi yang tak terafiliasi dengan Google dan YouTube, kerap dipakai banyak orang untuk bisa menikmati konten video tanpa iklan.

Pengguna aplikasi ini bisa menikmati konten bebas iklan tanpa perlu berlangganan YouTube Premium. Pengguna bisa menikmati beragam fitur yang tak ada di aplikasi YouTube resmi. Di antaranya yakni pemutaran video latar belakang, pemblokiran iklan, tema gelap, dan masih banyak yang lainnya.

Namun kini, YouTube Vanced Mod Apk ini telah dihentikan oleh Google dengan alasan hukum. Saniter.co.id akan menjelaskan mengenai aplikasi YouTube Vanced dan cara mengatasinya.

Apa Itu YouTube Vanced Apk?

apa itu YouTube Vanced Apk

Dilansir dari laman youtubevanced.com, YouTube Vanced merupakan aplikasi untuk meningkatkan pengalaman bagi pengguna YouTube di Android. Aplikasi ini diklaim dapat memutar video latar belakang, memblokir iklan, dan lainnya.

Aplikasi modifikasi ini digunakan untuk alternatif pengguna dalam menonton YouTube tanpa iklan, tapi tanpa harus berlangganan dengan YouTube Premium. Aplikasi YouTube Vanced dikembangkan oleh XDA dengan nama Master_T di tahun 2017 dan berasal dari proyek iYTBP atau injected YouTube Background Playback).

Proyek ini awalnya bertujuan untuk memodifikasi aplikasi YouTube resmi. Namun, kini berkembang dengan adanya fitur-fitur lainnya, seperti kontrol geser tema gelap, hingga pemblokiran iklan. Di tahun 2018, proyek iYTBP ini diganti dengan nama YouTube Vanced.

YouTube Vanced singkatan dari YouTube (Ad) Vanced tanpa Ad, untuk referensi fitur pemblokiran iklan. Nama ini dipilih untuk menghindari masalah terkait merek dagang dengan Google. Dan akhirnya membuat tim pengembang sendiri, dengan membuat aplikasi Micro G agar dapat login ke akun Google di apk YouTube Vanced.

Fitur lain dari YouTube Vanced ini adalah dapat memaksa mode HDR di perangkat yang tak mendukung fitur ini, dapat memilih resolusi video tertinggi tanpa adanya batasan, dan dapat mengembalikan jumlah dislike di video YouTube usai Google menghapusnya.

Aplikasi YouTube Vanced Resmi Atau Tidak?

YouTube Vanced Apk

Aplikasi pihak ketiga ini dikabarkan menerima ancaman hukum dari pihak Google. Google telah mengirimkan surat kepada YouTube Vanced, yang berisikan imbauan untuk menghapus seluruh referensi dari YouTube, menghapus seluruh tautan yang berhubungan dengan YouTube, dan mengubah logo.

Di tahun 2022, melalui Twitter @YTVanced, proyek ini telah dihentikan. Hal ini juga tertulis di lama resmi yang menyebut bahwa YouTube Vanced tidak lagi tersedia. Aplikasi ini hanya dapat ter-install di Android aja. Meski begitu, aplikasi ini masih dapat digunakan, namun tak akan ada pembaruan lagi ke depannya.

Dan selanjutnya, aplikasi ini ada kemungkinan berhenti berfungsi. Dari informasi sumber yang lain, YouTube Vanced bukan aplikasi resmi.

Cara Mengatasi YouTube Vanced Error

cara mengatasi YouTube Advance eror

Cara mengatasi aplikasi YouTube Vanced error banyak dicari oleh pengguna agar dapat kembali menikmati tontonan dari aplikasi YouTube tanpa iklan ini. Akan tetapi, seperti penjelasan dan pengumuman di Twitter resmi, bahwa YouTube Vanced telah dihentikan.

Alternatif lain untuk menikmati konten video YouTube tanpa iklan dan memperoleh fitur-fitur lain yang tidak tersedia versi gratis, pengguna dapat berlangganan YouTube Premium. Berikut adalah cara mengatasi YouTube Vanced error dengan berlangganan YouTube Premium:

  • Hubungkan ke akun YouTube.
  • Buka tautan YouTube premium di browser.
  • Klik ‘Coba gratis’.
  • Pilih metode pembayaran dapat melalui kartu kredit, debit, saldo Google Play, DANA, Shopee Pay, dan GoPay.
  • Selesaikan pembayaran sampai YouTube telah berada di versi premium.

Bagi pengguna yang belum sama sekali mencoba berlangganan, maka mendapatkan uji coba gratis YouTube Premium selama satu bulan. Setelahnya, pengguna harus membayar sesuai dengan paket yang telah dipilih.

Harga YouTube Premium yakni Rp 59 ribu per bulan untuk paket perorangan, Rp 99 ribu per bulan untuk paket keluarga dengan maksimal 5 anggota, dan Rp 34,9 ribu untuk paket pelajar.

Demikian ulasan mengenai apa itu YouTube Vanced Apk dan cara mengatasi aplikasi yang error.

Baca Juga: