Tunai Lite APK Download Pinjol Harian, Bulanan Cepat Cair OJK

Saniter.co.id | Sejak tahun 2016, platform pinjaman online di Indonesia mulai berkembang dan langsung menarik perhatian masyarakat. Khususnya yang selama ini terkendala persyaratan rumit dari bank konvensional. Salah satu platform pinjaman online tersebut adalah Tunai Lite APK.

Sebagai pemberi pinjaman online resmi yang sudah terdaftar di OJK, Tunai Lite rupanya menawarkan sejumlah keunggulan bagi nasabahnya. Dengan besaran plafon yang bervariasi, nasabah bisa mengajukan kredit sesuai kebutuhan. Untuk mengenal lebih jauh, silakan simak informasi berikut.

Info Tunai Lite APK Mod Lengkap

Tunai Lite

Sebelumnya sudah sedikit disinggung mengenai apa itu Tunai Lite yang merupakan salah satu platform pinjaman online resmi. Tunai Lite sendiri berkantor di APL Tower RT.5 RW.7, Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Sebagai informasi, layanan Tunai Lite tersedia setiap hari dengan jam operasional Senin – Jumat (09.00 WIB – 17.00 WIB) dan Sabtu – Minggu (10.00 WIB – 16.00 WIB). Sementara untuk layanan costumer service bisa menghubungi nomor 0812 9884 9950.

Dalam menyediakan produk pinjaman online, Tunai Lite menawarkan beberapa keunggulan. Diantaranya adalah melayani nasabah dari seluruh wilayah Indonesia, serta mudah dalam mengunduh dan memasang aplikasi kapan saja dimana saja.

Selain itu, aplikasi sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi. Salah satunya berupa fitur notifikasi yang efektif untuk mengingatkan pengguna atau nasabah. Aplikasi ini juga memberikan jaminan perlindungan data pribadi nasabah.

Mengenal Keunggulan Layanan Tunai Lite APK

Mengenal Keunggulan Layanan Tunai Lite APK

Saat ini layanan pinjaman online mengalami perkembangan yang sangat pesat karena banyak diantara masyarakat menjadikan pinjaman online sebagai solusi dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Seperti yang diketahui, untuk mengajukan pinjaman online nasabah tidak perlu memiliki jaminan.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan syarat dan ketentuan bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman atau kredit di bank konvensional. Karena untuk mendapatkan pinjaman, nasabah harus memiliki jaminan berupa aset tanah, rumah, kendaraan atau memiliki kartu kredit.

Itulah mengapa keberadaan pinjaman online seperti Tunai Lite banyak dicari oleh masyarakat yang selama ini merasa kesulitan dalam mendapatkan pinjaman di bank. Lantas, apa saja keunggulan yang ditawarkan Tunai Lite sehingga dipercaya untuk mengajukan pinjaman?

Berikut ini keunggulan Tunai Lite APK yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum mengakses layanan tersebut.

1. Tanpa Perlu Jaminan

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa salah satu alasan mengapa platform pinjaman online saat ini semakin berkembang adalah karena kemudahan yang ditawarkan. Seperti pinjaman online lainnya, nasabah Tunai Lite bisa langsung mengajukan pinjaman tanpa jaminan.

Dengan demikian bagi nasabah yang membutuhkan uang bisa langsung mengajukan pinjaman ke Tunai Lite. Meskipun tidak memiliki kartu kredit atau jaminan lainnya seperti tanah, rumah dan kendaraan, nasabah bisa tetap mengajukan pinjaman dengan mudah.

Bahkan tidak perlu proses yang lama, nasabah akan langsung menerima dana segar dari Tunai Lite sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Keunggulan ini tentu akan semakin memudahkan nasabah yang selama ini tidak bisa mengakses pinjaman di bank konvensional.

Yang terpenting nasabah sudah mengunduh Tunai Lite APK dan memasangnya di perangkat masing-masing. Selanjutnya bisa langsung mengajukan kredit sesuai dengan plafon dan tenor yang diinginkan.

2. Tanpa BI Checking

Keunggulan lainnya yang ditawarkan Tunai Lite bagi para nasabah adalah tidak ada BI Checking sehingga nasabah dengan riwayat kredit yang buruk pun tetap bisa mengajukan pinjaman di Tunai Lite.

Sebagai informasi, BI Checking merupakan informasi terkait riwayat kredit nasabah yang menunjukkan lancar tidaknya pembayaran kredit nasabah bank. Informasi tersebut bisa saling dipertukarkan di lembaga keuangan atau antar bank.

Biasanya dalam BI Checking terdapat informasi secara detail mengenai nama debitur, pemilik usaha yang menjadi debitur, jumlah pembiayaan, agunan serta riwayat pembayaran dan kredit macet. Dengan demikian setiap bank yang terdaftar di BIK bisa mengakses informasi tersebut.

Nah, bagi debitur yang memiliki skor kredit rendah tentu akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman lagi di bank. Dalam hal ini skor kredit terbagi menjadi 5, yaitu skor kredit 1 (lancar), skor kredit 2 (menunggak 1-90 hari), skor kredit 3 (tidak lancar), dan skor kredit 4 (diragukan).

Sementara bagi nasabah yang memiliki skor kredit 5 termasuk kategori kredit macet atau menunggak sampai 180 hari. Terkait skor tersebut, nasabah dengan skor kredit 1 dan 2 masih bisa mengajukan pinjaman di bank sedangkan skor 3, 4, 5 akan ditolak pengajuannya.

3. Terdaftar di OJK

Keunggulan lainnya yang membuat Tunai Lite APK banyak dijadikan pilihan untuk mengajukan kredit adalah sudah terdaftar di OJK. Hal ini sangat penting bagi nasabah yang membutuhkan layanan keuangan resmi karena akan memberikan keamanan dan kenyamanan tersendiri.

Sebagai informasi, hingga saat ini layanan keuangan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mencapai 104 perusahaan, dan termasuk salah satunya adalah Tunai Lite. Kondisi ini mengalami penurunan, karena tahun sebelumnya ada 149 pinjol.

Mungkin banyak nasabah yang bertanya, mengapa pinjaman online harus terdaftar di OJK? Perlu diketahui bahwa pada dasarnya pinjaman online termasuk jenis layanan keuangan yang menyediakan pinjaman berbasis teknologi informasi.

Tentunya sangat penting mengakses layanan pinjol yang legal dan terdaftar di OJK, karena secara otomatis menerapkan aturan sesuai ketentuan OJK sehingga jauh lebih aman. Adapun manfaat mengakses pinjol yang terdaftar OJK adalah:

  • Dalam hal ini OJK telah menjalin kerjasama dengan Google sehingga memperketat syarat pemasangan aplikasi pinjol di Play Store.
  • Adanya tindakan preventif disertai sosialisasi kepada masyarakat tentang keamanan data yang bisa diakses melalui sosial media, webinar maupun kuliah umum.
  • OJK menyediakan akses komunikasi resmi melalui telepon, email serta WhatsApp untuk melayani aduan dan pertanyaan masyarakat terkait layanan pinjaman online.
  • Adanya upgrading yang dilakukan OJK terkait daftar layanan pinjol resmi yang diawasi oleh OJK sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang tepat.
  • OJK telah menjalin kerjasama dengan Kemenkominfo dan pihak kepolisian untuk memberantas berbagai pinjaman online ilegal yang meresahkan masyarakat.

Dengan demikian maka masyarakat tidak perlu khawatir jika ingin mengakses layanan pinjaman online yang disediakan Tunai Lite APK. Karena layanan pinjol yang satu ini sudah terdaftar resmi di OJK sehingga lebih aman dan terpercaya.

4. Tanpa Biaya Tambahan

Keunggulan berikutnya yang akan menguntungkan nasabah adalah tidak adanya biaya tambahan yang dibebankan. Dalam hal ini Tunai Lite juga tidak akan membebankan bunga melebihi batas yang telah ditetapkan oleh OJK sehingga nasabah tidak perlu khawatir.

Keunggulan yang ditawarkan Tunai Lite ini tentunya bisa dijadikan pertimbangan tersendiri, karena biasanya di sejumlah layanan pinjol menerapkan adanya biaya tambahan. Selain lebih menguntungkan, nasabah juga tidak perlu khawatir dengan besaran bunga yang dibebankan.

5. Data Pribadi Terjamin Aman

Sebagai salah satu penyedia layanan pinjaman online yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK secara resmi, Tunai Lite memberikan jaminan keamanan terhadap data pribadi nasabah. Dengan demikian maka nasabah bisa tetap merasa aman dan nyaman.

Dalam hal ini pihak Tunai Lite tidak akan memberikan informasi terkait data pribadi nasabah yang mengajukan pinjaman di Tunai Lite kepada pihak ketiga. Data pribadi nasabah akan tetap aman dan terlindung sehingga tidak akan disalahgunakan pihak lain.

Link Download Tunai Lite APK

Dengan beberapa keunggulan yang ditawarkan, dapat disimpulkan bahwa Tunai Lite menyediakan layanan yang aman dan legal karena berada di bawah pengawasan OJK. Namun untuk mengajukan pinjaman di platform tersebut, nasabah harus mengunduh dan memasang aplikasinya di perangkat.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah informasi detail aplikasi beserta link download aplikasi yang bisa diakses.

Nama AplikasiTunai Lite
PengembangKSP Dana Kemitraan Industri
Ukuran21,95 MB
OS MinimalAndroid 4.4+
VersiV1.1.0
UpdateJuni 2023
Link Download“”

Cara Instal Tunai Lite APK

Berhubung aplikasi pinjaman online ini tidak tersedia di Google Play Store, maka cara instalasinya juga berbeda. Untuk pemasangan aplikasi di perangkat, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Setelah berhasil diunduh, pastikan bahwa file APK tersebut sudah tersimpan di folder download atau unduhan.
  • Kemudian buka menu Pengaturan dan aktifkan izin aplikasi dari Sumber yang Tidak Dikenal.
  • Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan -> Keamanan -> izin pemasangan sumber tidak dikenal.
  • Selanjutnya masuk ke folder unduhan dan klik file APK Tunai Lite dan klik Instal.
  • Proses instalasi akan berjalan selama beberapa saat dan setelah berhasil terpasang bisa langsung dibuka.

Syarat Pengajuan Pinjaman di Tunai Lite APK

Setelah aplikasi berhasil terpasang, maka pengguna bisa mulai mengajukan pinjaman ke platform pinjol resmi tersebut. Namun sebelumnya harus sudah mengetahui dan memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.

  • Syarat pertama adalah WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP.
  • Usia pemohon minimal 21 tahun atau maksimal 50 tahun pada saat mengajukan pinjaman.
  • Memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang tetap setiap bulannya.
  • Memiliki rekening bank dengan nama pribadi.
  • Memberikan nomor telepon yang masih aktif sehingga mudah dihubungi serta nomor darurat dari orang terdekat atau keluarga.

Cara Mengajukan Pinjaman di Tunai Lite APK

Setelah mengunduh dan memasang aplikasi serta memenuhi semua syarat yang ditentukan, maka berikut ini adalah beberapa langkah yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman di Tunai Lite. Silakan ikuti sampai selesai.

  • Pertama nasabah harus melakukan pendaftaran atau registrasi akun.
  • Jika berhasil melakukan registrasi maka nasabah bisa mengajukan pinjaman dengan cara mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan di aplikasi tersebut.
  • Silakan dicek kembali apakah semua data yang diberikan sudah benar.
  • Jika sudah maka langsung ajukan pinjaman dan tunggu sampai proses verifikasi selesai.
  • Apabila disetujui, pinjaman uang akan langsung masuk ke rekening yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Aplikasi juga dilengkapi dengan fitur notifikasi yang akan mengingatkan nasabah sebelum tanggal jatuh tempo, dengan begitu diharapkan pembayaran bisa tetap waktu.
  • Notifikasi pengingat tersebut juga akan dikirimkan ketika sudah masuk tanggal jatuh tempo.

Cara Pembayaran di Tunai Lite APK

Setelah dana pinjaman masuk ke rekening bank nasabah, maka kewajiban nasabah selanjutnya adalah melakukan pembayaran cicilan sesuai dengan plafon dan tenor yang dipilih. Dalam hal ini pembayaran bisa dilakukan dengan cara menyetor tunai ke minimarket secara langsung.

Atau bisa juga dengan melakukan pembayaran melalui ATM, mobile banking atau internet banking sesuai kebutuhan sehingga lebih praktis. Tentunya cara yang terakhir ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja secara mudah.

Simulasi Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Tunai Lite APK

Dalam memberikan layanan pinjaman online, Tunai Lite menyediakan beberapa opsi plafon dan tenor yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk plafonnya sendiri sebesar Rp1.000.000 sampai Rp2.000.000. Dengan bunga maksimal sebesar 24% setahun da biaya administrasi 0% sampai 6%.

Adapun contoh perhitungannya adalah seperti berikut:

Jika nasabah telah lolos verifikasi dan disetujui dalam mengajukan pinjaman sebesar Rp2.000.000, maka nasabah bisa langsung mengajukan pinjaman dengan nominal sebesar nilai yang ada di dalam Rp2.000.000 dan bisa melakukan pencarian dana kapan saja.

Untuk beban bunganya sendiri sebesar 20% dengan biaya administrasi 4%. Sehingga jika dilakukan perhitungan maka hasilnya adalah seperti berikut:

Rp2.000.000 x (1 + 20% + 4%)

= Rp2.480.000

Dengan demikian maka total pinjaman yang harus dibayarkan oleh nasabah adalah sebesar Rp2.480.000.

Tips Aman Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal

Tidak dipungkiri jika saat ini marak beredar layanan pinjaman online yang dianggap sebagai solusi terbaik bagi sebagian kalangan yang membutuhkan. Dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat, aplikasi pinjaman online semacam Tunai Lite APK semakin banyak dicari masyarakat.

Meski demikian, dalam mengakses layanan pinjaman online masyarakat perlu berhati-hati agar tidak terjebak dalam jeratan pinjaman online ilegal. Sebagai upaya antisipasi, berikut ini tips aman yang perlu diperhatikan:

1. Mengecek Legalitas Layanan di Situs Resmi Penyedia Pinjaman Online

Tips yang pertama adalah memastikan legalitas layanan pinjaman online tersebut melalui situs resminya. Dalam hal ini nasabah bisa langsung mengunjungi situs resmi penyedia pinjol tersebut untuk mengetahui apakah benar-benar terdaftar resmi di OJK atau tidak.

2. Mengecek Legalitas Pinjol di Situs Resmi OJK

Tips berikutnya adalah melakukan pengecekan legalitas melalui situs resmi OJK. Karena saat ini cukup mudah untuk mengecek legalitas layanan pinjol. Caranya adalah dengan mengunjungi situs OJK di https://www.ojk.go.id.

Jika sudah masuk ke halaman utama situs OJK maka tinggal memilih menu IKNB yang tersedia. Kemudian lanjutkan dengan klik pada opsi Fintech yang letaknya ada di sebelah kanan bawah.

Nantinya akan muncul informasi lengkap yang menunjukkan daftar penyedia layanan pinjaman online resmi yang terdaftar di OJK.

3. Mengirimkan Pesan ke OJK

Informasi mengenai daftar pinjol resmi juga bisa diketahui dengan cara mengirimkan pesan langsung melalui nomor WA resmi OJK. Adapun nomor yang bisa dihubungi adalah 0811 5715 7157. Silakan ketik nama pinjol yang ingin di cek dan kirimkan ke nomor WA resmi OJK.

Nantinya sistem bot akan langsung menelusuri layanan pinjol tersebut dan memberikan data yang akurat terkait status layanan pinjol yang dikirimkan. Atau bisa juga dengan mengirimkan email ke waspadainvestasi@ojk.go.id.

4. Menjaga Data dan Informasi Pribadi dengan Baik

Saat ini hanya dengan berbekal KTP saja seseorang bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman online. Oleh karena itu pastikan untuk menjaga data dan informasi pribadi dengan baik agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tunai Lite APK merupakan sebuah layanan pinjaman online resmi yang sudah terdaftar di OJK. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, aplikasi ini banyak diandalkan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Meskipun mudah dan cepat, namun sebaiknya cara ini dijadikan alternatif yang terakhir.

Baca Juga: