Tes Kecepatan Internet Paling Mudah & Dijamin 100% Akurat!

Internet merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk digunakan, apalagi sekarang ini semua hal sudah dilakukan melalui internet. Memasuki era digital seperti sekarang ini tentu kita membutuhkan internet dengan kecepatan yang sangat stabil. Nah maka dari itu bagi kamu yang ingin mengetahui beberapa kecepatan internet yang dimiliki bisa melakukan Tes Kecepatan Internet dengan sangat praktis.

Memang ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan kecepatan internet ini. Untuk melakukan penggunaan dalam internet dengan sangat nyaman dan tanpa gangguan apapun. Kamu harus sering melakukan pengecekan kecepatan internet, agar kamu bisa berselancar di dalam internet dengan kualitas internet yang sangat baik.

Makanya untuk kamu yang ingin lakukan pengecekan kecepatan internet dengan cara yang sangat sederhana. Bisa langsung saja simak beberapa pembahasan terkait dengan cara-caranya dalam artikel saniter.co.id di bawah ini.

Cara-Cara Tes Kecepatan Internet HP & Laptop Dengan Aplikasi Secara Gratis

Cara-Cara-Tes-Kecepatan-Internet-HP-&-Laptop-Dengan-Aplikasi-Secara-Gratis

Kegiatan yang bisa dilakukan pada saat ini pasti akan berhubungan dengan koneksi internet. Bagaimana tidak pada era digital seperti sekarang ini bisa dipastikan kamu bisa mendapatkan banyak sekali hal yang menyenangkan di dalamnya. Bahkan untuk melakukan pengaksesan semua informasi membutuhkan jaringan internet.

Tidak heran kalau sekarang ini jaringan internet merupakan salah satu hal yang sangat amat penting. Ketika kita menggunakan sebuah internet namun jaringannya sangat amat lemah tentu akan merasa sangat kesal. Maka dari itu semua pembaca harus mempersiapkan jaringan internet yang stabil sebelum berselancar di dalam internet.

Internet juga bisa berguna untuk membantu kamu melakukan berbagai kegiatan seperti berbelanja online atau bahkan mendapatkan hiburan. Ketika kamu ingin mengakses media sosial membutuhkan jaringan internet yang sangat lancar. Nah untuk masalah kecepatan jaringan internet ini sebenarnya bisa kamu ubah dengan sangat muda.

Sebelum melakukan pengubahan ataupun peningkatan jaringan internet. Kamu harus mengetahui berapa kecepatan internet yang kamu miliki saat ini. Cara melakukan Tes Kecepatan Internet ini bisa kamu lakukan dengan sangat sederhana. Ada banyak hal yang menarik dan tentunya sangat unik untuk bisa kamu lakukan.

Mulai dari menggunakan ponsel atau bahkan melakukan pengecekan kecepatan koneksi internet melalui aplikasi. Namun kali ini kamu harus mengetahui beberapa langkah melakukan pengecekan internet melalui ponsel ataupun laptop menggunakan aplikasi. Tenang saja cara yang bisa kamu lakukan sangat sederhana dan dijamin semua pembaca bisa mengikutinya.

Kalau begitu bagi kamu yang ingin segera melakukan kegiatan tersebut, langsung ikuti langkah-langkah yang saniter.co.id sediakan di bawah ini. Ada sekitar tiga cara yang bisa kamu ikuti dengan sangat mudah tanpa ada hambatan apapun. Ini dia cara-cara melakukan pengecekan kecepatan internet yang bisa dilakukan seluruh pembaca melalui aplikasi.

Tes Kecepatan Internet Command Prompt

Nah cara yang pertama dan bisa kamu gunakan yaitu menggunakan command prompt. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah karena ini merupakan salah satu menu yang ada pada perangkat. Kalau begitu bagi kamu pengguna Windows bisa langsung saja simak beberapa cara yang ada di bawah :

  • Kamu bisa langsung saja masuk ke dalam bagian command prompt yang ada dalam window.
  • Nantinya akan muncul jendela baru command prompt dalam layar perangkat.
  • Kalau sudah kamu bisalangsung saja ketikan kode ping 8.8.8.8-t-l 1000 dan setelahnya langsung saja tekan enter.
  • Kemudian akan muncul kode-kode waktu.
  • Angka-angka yang ada didalamnya akan menunjukan kecepatan internet (jika angka besar maka jaringan internet lambat dan sebaliknya).

Lakukan Pengecekan Kecepatan Internet Melalui Internet Speed Test Apps

Lanjut lagi kamu bisa melakukan kegiatan Tes Kecepatan Internet dengan aplikasi Speed Test Apps. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan melalui platform resmi penyedia aplikasi seperti Play Store atau bahkan App Store. Cara yang bisa kamu lakukan juga sangat cepat seperti yang ada di bawah ini :

  • Pertama kamu bisa buka Internet speed test apps yang sudah terpasang.
  • Kalau sudah kamu bisa langsung temukan tampilan utama dengan klik test.
  • Kemudian kamu bisa segera menemukan kecepatan jaringan internet pada layar smartphone yang kamu gunakan.
  • Selesai.

Langkah-Langkah Tes Kecepatan Internet Melalui Situs Dengan Mudah

Langkah-Langkah-Tes-Kecepatan-Internet-Melalui-Situs-Dengan-Mudah

Nah kalau sudah melakukan Tes Kecepatan Internet melalui aplikasi. Sekarang ini pembahasan yang sangat berguna bagi kamu yang tidak ingin lakukan pengecekan internet melalui aplikasi. Bisa memanfaatkan situs untuk melakukan pengecekannya dengan cara yang sangat cepat. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan pengecekan kecepatan internet melalui situs.

Melakukan Tes Kecepatan Internet Melalui Google

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengecekan kecepatan internet melalui Google. Dimana kamu bisa melakukan pengecekan tersebut dengan langkah yang sangat amat mudah. Kalau begitu bisa langsung saja simak langkah-langkah melakukan tes kecepatan melalui Google dengan praktis seperti yang ada di bawah :

  • Pertama kamu bisa langsung saja buka browser dalam HP atau Laptop.
  • Lalu bisa langsung klik speed test pada kolom pencarian.
  • Setelah ditemukan pilih pencarian yang paling atas.
  • Kalau sudah langsung mulai dengan klik run speed test.
  • Selesai.

Uji Kecepatan Internet Menggunakan Speedtest.net

Selanjutnya kamu bisa melakukan pengaksesan uji kecepatan internet menggunakan speedtest.net cara ini sangat mudah untuk kamu lakukan. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan :

  • Bisa langsung buka browser yang sering digunakan.
  • Kemudian kamu bisa langsung saja langsung cari speedtest.net pada kolom pencarian.
  • Kalau sudah bisa lang mulai dengan klik GO.
  • Tunggu sampai hasil keluar dan selesai.

Tes Kecepatan Internet Melalui Meter.net

Yang terakhir ini adalah situs yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pengetesan kecepatan dengan sangat mudah. Apalagi kalau bukan Meter.net, ada banyak sekali fitur yang disediakan dalam aplikasi ini. Termasuk dengan pengecekan kecepatan internet yang bisa kamu lakukan.

Kalau kamu ingin lakukan pengecekannya, tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah kami sediakan di bawah :

  • Masuk ke dalam situs meter.net melalui berowser yang terpasang dalam perangkat.
  • Kalau sudah tinggal lakukan klik start, nantinya hasil akan keluar setelah 30 detik.
  • Selesai.

Inilah Cara Peningkatan Kecepatan Koneksi Internet Setelah Tes Kecepatan Internet Dengan Mudah

Inilah-Cara-Peningkatan-Kecepatan-Koneksi-Internet-Setelah-Tes-Kecepatan-Internet-Dengan-Mudah

Setelah kamu mengetahui semua pembahasan terkait dengan langkah-langkah Tes Kecepatan Internet diatas tadi. Tentu kamu sudah mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kecepatan internet. Semua caranya sangat mudah dan bisa diikuti oleh seluruh pembaca.

Namun setelah melakukan pengecekan kecepatan jaringan internet yang kamu lakukan. Kamu menemukan hasil yang kurang memuaskan karena ternyata jaringan yang dimiliki memiliki koneksi internet yang cukup buruk. Namun tenang saja, kamu tidak perlu cemas karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan peningkatan kecepatan koneksi internet ini.

Bahkan kamu tidak perlu melakukan pembelian kuota internet atau bahkan melakukan pendownloadan aplikasi tambahan. Pembaca hanya membutuhkan melakukan sedikit pengaturan dalam perangkat yang digunakan. Khususnya untuk para pengguna ponsel, biasanya ada beberapa hal yang akan menyebabkan jaringan internet lemot atau lain sebagainya.

Nah tentunya kamu semakin tidak sabar untuk mengetahui apa saja hal yang bisa dilakukan untuk memingkatkan jaringan internet yang dimiliki. Kamu bisa langsung saja simak beberapa cara yang sudah kami sediakan di bawah ini. Ini adalah langkah-langkah peningkatan koneksi jaringan pada internet dengan praktis dan mudah dilakukan.

Buang Widget Serta Aplikasi Yang Tak Terpakai

Biasanya para pengguna ponsel tidak menyadari kalau masih menyimpan beberapa widget atau bahkan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Kejadian seperti ini seringkali membuat seluruh pengguna ponsel merasa kalai jaringan yang dimiliki sangat lambat. Namun hal ini memang benar adanya, karena kamu lupa menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Lupa membuang aplikasi atau widget atau aplikasi yang tidak terpakai biasanya akan tetap berjalan di belakang layar. Sehingga kamu pasti akan kehilangan performa koneksi internet yang ada di dalam. Makanya itu kamu pasti bisa melakukan penghapusan beberapa aplikasi agar koneksi internet tidak terpakai secara bersamaan.

Lakukan Pengaturan Ulang Jaringan Internet

Cara ini adalah cara yang paling sering untuk digunakan. Bahkan kamu bisa membuat banyak perubahan ketika sudah melakukan pengaturan ulang jaringan internet. Melakukan pengaturan ulang ini tidak akan mengubah ponsel kamu, hanya saja jaringan internet yang dimiliki akan berubah menjadi sangat lancar setelah dilakukan pengaturan ulang ini.

Nah kamu bisa melakukan pengaturan ulang jaringan internet dengan beberapa cara yang sangat mudah. Langkah-langkah oengatura jaringan internet yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut ini :

  • Buka langsung menu pengaturan dalam perangkat.
  • Ketika sudah kamu bisa masuk ke dalam menu sistem > pilih reset options.
  • Kalau sudah kamu bisa langsung saja pilih reset network settings.

Ketika kamu sudah melakukan reset tersebut nantinya jaringan internet dan akan tereset secara otomatis. Setelah itu kamu bisa langsung saja menghidupkan ponsel dan langsung mendapatkan jaringan yang sangat cepat.

Atur Pembaruan Aplikasi Otomatis Menjadi Off

Masalah lainnya ini merupakan masalah pembaruan sebuah aplikasi. Dimana memang masalah ini merupakan masalah yang paling sering dialami oleh seluruh pengguna ponsel. Bagaimana tidak kamu bisa melakukan pengaturan pembaruan otomatis aplikasi menjadi off.

Karena pembaruan aplikasi secara otomatis ini terkadang akan membuat jaringan menjadi terbagi. Kerja jaringan internet akan lebih keras dan membuat koneksi kamu menjadi lemah.

Membersihkan Semua Cache Perangkat

Kemudian langkah yang selanjutnya adalah membersihkan semua cache pada perangkat. Terkadang untuk menggunakan sebuah aplikasi yang membuat jaringan berjalan dengan lambat adalah cache pada perangkat. Ketika semua cache dalam perangkat sudah terhapus kamu bisa bebas menggunakan koneksi internet dengan sangat cepat.

Selalu Mastikan Hotspot Setelah Selesai Digunakan

Lalu kamu bisa melakukan kegiatan ini agar koneksi internet berjalan dengan sangat cepat. Apalagi kalau bukan selalu memastikan hotspot mati setelah digunakan. Biasanya orang-orang lupa mematikan fitur ini setelah digunakan untuk membagi jaringan internet ke orang lain.

Namun hal ini sangat berpengaruh kepada jaringan internet yang kamu miliki. Nantinya setelah kamu selesai menggunakan hotspot itu, kamu juga bisa langsung mematikannya agar jaringan internet dipakai untuk kamu mengakses satu aplikasi saja.

Temukan Artikel Lainnya :