Sunnah Nabi Rasulullah SAW Sebelum Dan Bangun Tidur

Saniter.co.id | Sunnah Nabi Rasulullah SAW Sebelum Dan Bangun Tidur – Ada wasiat yang disampaikan oleh Rosulullah kepada ummatnya yani kurang lebih bahasanya seperti ini. Aku tinggalkan dua perkara yang jika engkau genggam kedua perkara tersebut akan selamat dunia dan akhirat”. Kedua perkara yang diwasiatkan tersebut adalah Al-Qur’an Dan Sunnah.

Sebagai umat Rosulullah SAW tentu saja ingin menempuh jalan selamat baik dunia hingga akhirat, salah satu jalannya adalah mengikuti sunnah Rosulullah SAW.

Seperti akhlak dan budi pekerti yang baik, kepada sesama atau kepada dirinya sendiri, hal ini sudah diajarkan oleh Rosulullah SAW. Sebagaimana misi Rosulullah SAW diutus Allah di bumi ini adalah untuk menyempurnakan akhlak.

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

Artinya :

Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan keshalihan akhlak. (HR. Al-Baihaqi).

Akhlak yang Rosulullah ajarkan kepada umatnya yakni mulai akan tidur hingga bangun tidur semuanya memiliki etika yang sangat baik untuk diikuti.

Sunnah Rosulullah SAW Sebelum Dan Bangun Tidur

Sunnah Rosulullah SAW Sebelum Dan Bangun Tidur

Rosulullah SAW merupakan manusia paling mulia disisi Allah SWT, sangat menjaga akhlak baik sebelum dan sesudah tidur. Sebagai umatnya tentu saja ingin mencontoh Beliau SAW dalam memperbaiki akhlak sebelum dan sesudah tidur.

Lalu apa saja sunnah Rosulullah SAW yang dilakukan beliau sebelum tidur dan juga setelah bangun dari tidur, simak ulasan berikut ini.

Sunnah Rosulullah SAW Sebelum Tidur

Rosulullah SAW kerap kali menjalankan beberapa amalan-amalan sebelum Beliau tidur, dan tentunya hal ini dapat dijadikan sebagai amalan sunnah bagi kita umat muslim.

Inilah beberapa amalan Rosulullah SAW sebelum tidur :

Terjaga Dari Wudhu

Tidur merupakan kematian kecil yang tentu saja dialami oleh semua manusia, jika sudah tidur jasad tidak lagi mampu beraktivitas seperti bekerja dan semisalnya. Karena disaat tidur nyawa manusia sedang digenggam Allah SWT dan jika masih dikehendaki untuk hidup. Maka nyawa tersebut dikembalikan lagi ke dalam tubuh seseorang yang tidur dan terbangunlah.

Akan tetapi jika Allah SWT sudah tidak menghendaki manusia tersebut untuk hidup, maka nyawa yang ALlah genggam tidak lagi dikembalikan dan terjadilah kematian.

Maka dari itu sangat dianjurkan sebelum tidur disucikan terlebih dahulu anggota tubuhnya dengan wudhu.

Sebagaimana Rosulullah SAW bersabda :

Artinya :

“Apabila kalian akan tidur, maka ambillah wudhu seperti berwudhu waktu akan melaksanakan sholat. Lalu kemudian tidurlah dengan posisi badan di sisi kanan”.

Membersihkan Badan, Tangan Dan mulut

Sunnah berikutnya sebelum tidur yakni membersihkan terlebih dahulu anggota tubuh seperti tangan, kaki, wajah, mulut dan semisalnya. Karena dikhawatirkan jika tidur dalam keadaan kotor ada kuman yang menjad penyebab datangnya penyakit.

Sebagaimana hadis yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud “Barangsiapa yang tidur dengan keadaan tangan masih kotor yang banyak minyaknya kemudian ia jatuh sakit, maka biarkan dia hanya menyalahkan dirinya sendiri.”

Matikan Lampu, Menutup Jendela Dan Pintu

Selanjutnya sunah sebelum tidur yang menjadi sunah ketika diamalkan oleh umat muslim adalah mematikan lampu, menutup jendela dan pintu. Tentu saja ada mudhorotnya ketika tidur dengan menyalakan lampu terang, khawatir ada yang melihat dari luar dan ingin melakukan hal yang tidak diinginkan.

Selain itu ketika sedang tidur sedangkan pintu dan jendela terbuka khawatir ada yang masuk tanpa sepengetahuan pemilik rumah.

Dan masih banyak mudharat jika tidur dalam keadaan lampu hidup dan pintu serta jendela terbuka. Bukan hanya itu yang sunah ditutup ketika sedang tidur yakni seperti makanan, dan minuman yang masih bisa dimakan.

Hal ini merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh Bukhori dan muslim bahwa Rosulullah SAW bersabda :

( إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ ، وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا ، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

Artinya :

“Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian (di rumah), karena ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka biarkan mereka (jika ingin keluar). Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian” (HR. Bukhari Muslim).

Berdoa Sebelum Tidur

Amalan sunah berikutnya yang diajarkan Rosulullah SAW sebelum tidur yakni membaca doa, terkait bacaan doa tersebut yakni seperti dibawah ini.

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

“Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuutu.”

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.”

Bersihkan Tempat Tidur Sebelum Berbaring

Selanjutnya yang dapat diamalkan oleh umat muslim sebelum tidur yakni membersihkan tempat tidurnya terlebih dahulu. Disapu atau di kibas pakai kain sehingga kotoran atau semut dan semisalnya menjauh dari tempat tidur tersebut.

Meskipun hal ini sepele namun jangan disepelekan karena jika Rosulullah SAW sudah menganjurkan tentu saja banyak manfaat yang didapatkan.

Cara menyapu alas tidur dibarengi dengan ucapan bismillahi Allahu Akbar, karena disisi lain tempat tidur yang sempat ditinggal ditiduri kumpulan setan. Sehingga dengan kibasan yang dibarengi basmalah insya Allah setan tersebut akan pergi.

Berbaring Dengan Tangan Kanan Di Bawah Pipi Kanan

Setelah alas tidur sudah dibersihkan maka lanjut tidur dengan posisi tangan kanan dijadikan alas pipi kanan.

Rosulullah SAW Bersabda :

ثُمَّ اضْطَّجِعْ على شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya :

Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Sunnah Rosulullah SAW Setelah Bangun Tidur

Setelah mengetahui amalan sunah sebelum tidur, maka berikutnya perlu juga diketahui amalan sunah lainnya setelah bangun tidur. Amalan ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat hidup yang telah diberikan.

Berikut dibawah ini beberapa amalan sunah setelah bangun tidur bagi umat muslim :

Membaca Doa Bangun Tidur

Amalan sunah setelah bangun tidur yang diajarkan oleh Rosulullah SAW adalah membaca doa kemudian mengusapkan tangan diwajah.

Adapun bacaan doanya adalah seperti ini :

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdulillaahil ladzii ahyaanâ ba‘da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur

Artinya :

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat.

Sikat Gigi / Bersiwak

Berikutnya amalan yang dapat dilakukan umat muslim setelah bangun tidur yakni sikat gigi atau bersiwak, membersihkan mulut dari aroma yang tidak sedap.

Karena aroma tersebut muncul dari sela-sela gigi yang diselimuti oleh kotoran, agar kondisi gigi dan mulut menjadi segar.

Berwudhu

Di Awal sebelum tidur sunnah untuk menjaga wudhu, setelah bangun dari tidur sunah juga untuk segera berwudhu, selain tubuh menjadi segar. Tentu saja bisa selalu menjaga wudhunya.

Terlebih jika bangun tidur sebelum subuh tentu saja berwudhu menjadi hal yang wajib karena akan melaksanakan sholat subuh.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang Sunnah Nabi Rasulullah SAW Sebelum Dan Bangun Tidur yang penulis rangkum dalam artikel saniter.co.id. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :