Kenali Sayuran yang Bikin Awet Muda, Kulit Kencang, dan Glowing

Saniter.co.id – Bukan hanya dengan bantuan skincare, mengonsumsi sayuran yang bikin awet muda juga jadi kunci utama jika ingin kulit kencang saat usia tua nanti. Mempunyai kulit yang kencang adalah dambaan semua orang.

Meskipun usia sudah lanjut tak melulu kulit akan menjadi keriput. Terkadang, ada beberapa orang yang sudah memasuki usia lanjut namun memiliki kulit yang sehat dan kencang.

Selain menjaga kulit kencang, mengonsumsi sayuran yang bikin awet muda juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan, karena cara ini merupakan salah satu cara menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Dengan menerapkan pola hidup sehat ini lah nutrisi tubuh termasuk kulit akan terpenuhi.

Perawatan luar untuk menjaga kulit agar tetap kencang dan awet muda biasanya melalui treatment dan kebiasaan menggunakan sunscreen secara rutin. Namun, perawatan dari dalam juga tak kalah penting karena jika asupan nutrisi dalam tubuh kurang, perawatan dari luar tidak bisa bekerja secara efektif.

Lantas, apa saja sayuran yang bikin awet muda dan kulit kencang? Berikut simak beberapa rekomendasi sayuran yang bisa kamu konsumsi setiap hari untuk menjaga keremajaan kulit.

Beberapa Sayuran yang Bikin Awet Muda, Glowing, dan Kulit Kencang

sayuran yang bikin awet muda

Selada air

Selada air juga bisa rutin kamu konsumsi jika ingin memiliki kulit yang sehat dan awet muda. Selada air memiliki kandungan nutrisi yang dapat berperan sebagai antiseptik kulit dari dalam serta meningkatkan sirkulasi dan penyebaran mineral dalam tubuh. Hal ini nantinya akan meningkatkan kadar oksigen dalam kulit.

Selain itu, selada air juga mengandung antioksidan dan vitamin A serta C yang dapat menangkal radikal bebas, dan membantu menghilangkan kerutan dan garis halus pada kulit wajah. Dengan rutin mengonsumsi selada air, kulit kamu akan terasa lebih kencang.

Bayam

Kandungan vitamin C pada bayam juga dikenal sebagai zat yang dapat membantu meningkatkan kolagen di kulit. Dengan mengonsumsi bayam, kulit akan lebih kencang dan ternutrisi. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang baik untuk mengoksidasi kulit.

Tak hanya membuat kulitmu awet muda, mengonsumsi bayam secara rutin juga bisa membuat rambut kuat dan berkilau karena kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya.

Brokoli

brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang bisa membuat awet muda. Kandungan antioksidan, anti inflamasi, folat, serat, dan vitamin C dalam brokoli dapat membantu meningkatkan kolagen dan menutrisi kulit agar tetap sehat dan kenyal.

Keunggulan dari brokoli yakni kandungan proteinnya yang berperan utama pada kulit agar menambah kekuatan serta elastisitas kulit.

Kubis

Kubis biasanya jadi sayur yang dicampurkan pada mie instan atau olahan mie lainnya. Kubis juga jadi salah satu sayuran yang bisa membuat kulit tampak awet muda karena kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa mencegah kerusakan kulit serta melindungi dari sinar ultraviolet.

Baiknya mengonsumsi kubis dalam keadaan mentah. Bisa dibuat jus dan dicampur sayuran lainnya, atau juga direbus saja sekitar satu menit agar kandungan nutrisinya tidak berkurang.

Paprika merah

paprika merah

Paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang mampu meningkatkan produk kolagen dalam kulit. Selain itu paprika merah juga memiliki kandungan sejenis antioksidan bernama karotenoid, yang dapat memberi manfaat antara lain sebagai anti inflamasi dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV, racun, dan polusi.

Timun

Timun kerap dijadikan masker untuk meremajakan kulit. Kandungan flavonoid dan tanin dalam timun ternyata bisa menghalangi radikal bebas yang masuk ke dalam pori-pori kulit, sehingga kulit pun akan sehat dan terlindungi.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam timun juga dapat meminimalisir stres oksidatif sehingga kulit pun ternutrisi dengan sempurna.

Wortel

Selain bagus untuk kesehatan mata, wortel juga ternyata sangat bagus untuk membuat kulit awet muda. Kandungan beta karoten, vitamin C, dan antioksidan dalam wortel dapat mencegah kerusakan kulit dan memproduksi kolagen. Rutin mengonsumsi wortel akan membuat kulit semakin kuat dan kencang.

Itulah beberapa sayuran yang bisa bikin awet muda jika dikonsumsi secara rutin. Menutrisi kulit dari dalam merupakan hal penting yang bisa kamu terapkan jika tak ingin mengalami penuaan dini. Rutin mengonsumsi sayuran ini juga bisa membuat kulitmu kencang saat memasuki usia tua sehingga kamu akan selalu terlihat awet muda.

Baca Juga: