Review Samsung Galaxy Tab S8 2023

Review Samsung Galaxy Tab S8 – Kini Samsung merilis 3 varian dari tablet kasta paling tinggi dari mereka yakni seri Galaxy Tab S8. Ada Galaxy Tablet S8, ada S8+ dan yang paling tinggi adalah Galaxy Tab S8 Ultra 5G. Kali ini kami memiliki kesempatan untuk mencoba secara intens semua perangkat ini dan akan menghadirkan Review Samsung Galaxy Tab pengalaman penggunaan pada artikel kali ini. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Kami akan memulai Review Samsung Galaxy Tab kali ini dari pengalaman pertama kali melihat perangkat ini, alias dari kotaknya. Kesan awal yang paling kami rasakan adalah tentang ukurannya. Ukurannya cukup besar dalam artian lebar layar namun tipis dari sisi ketebalan. 

Galaxy Tab S8 Ultra memang mempunyai ukuran paling besar dibanding varian lain yakni 14,6 inci (berbanding 12,4 inci untuk S8+ dan 11 inci untuk S8). Sedangkan dari sisi kotaknya, perangkat ini memang lumayan tipis dan dalam kotak tak disertakan kepala charger, jadi hanya perangkat, kabel data yang lumayan panjang, dan juga kelengkapan buku panduan. 

Layout penempatan tablet di dalam kotaknya juga terbilang cukup rapih dan mudah untuk dikeluarkan serta langsung bisa digunakan. Ini merupakan salah satu UX atau desain yang berhubungan dengan pengalaman yang memang seharusnya dimiliki oleh perangkat high-end mana pun. 

Unit yang kami review ini telah dilengkapi dengan bookcover keyboard. Ini adalah aksesoris remi yang memiliki fungsi untuk meng-cover bagian belakang perangkat, dan sudah dilengkapi juga dengan detachable keyboard  untuk pengalaman mengetik seperti menggunakan laptop. 

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G

Review Samsung Galaxy Tab S8

Kalau dalam pembuka artikel di atas tadi kami beberapa kali menyebutkan bahwa perangkat ini sangat powerful untuk berbagai macam kegiatan, maka mari kita coba bedah dari sisi spesifikasi apa saja yang ditanam di dalam perangkat ini. 

Kita mulai dari prosesornya. Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G ini memiliki prosesor paling tinggi untuk ukuran perangkat mobile saat ini, yakni prosesor Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm, yang memakai fabrikasi 4nm serta mendukung konektivitas 5G. Memori RAM-nya 12GB serta internal storage 256GB. Tersedia slot kartu SD dengan dukungan storage hingga dengan 1TB.

Layarnya selebar 14,6 inci dengan resolusi 2960 x 1848 (WQXGA+) yang dilengkapi dengan teknologi Super AMOLED. Membawa kedalaman warna 16M. Untuk refresh rate pun yang sudah paling tinggi yakni 120 Hz.  

Dengan spesifikasi layar seperti ini pemakaian perangkat untuk hiburan tentu bisa sangat menyenangkan. Ukuran layar yang lebar, kualitas yang baik dan juga dukungan sound yang juga sangat baik dari AKG dan Dolby Atmos

Baterai berukuran sebesar 11.200 mAh yang dapat menemani aktivitas kalian seharian dan juga didukung dengan teknologi super-fast charging 45W. 

Untuk spesifikasi kameranya sendiri, tablet ini memiliki dua kamera belakang 13 MP dan 6 MP dan juga dua kamera depan berukuran 12 MP dan 12 MP. Kamera belakang dapat merekam UHD 4K (3849 x 2160) @30 fps. 

Desain

Review Samsung Galaxy Tab S8

Desain bodinya ini berbentuk kotak, back cover flat, layar flat, dengan sudut-sudut yang membulat. Desain klasik yang sudah ada sejak Tab S6 series dan belum banyak perubahan dari sisi Desain. Sisi back cover serta frame jadi satu, dan materialnya ini terbuat dari bahan metal. 

Opsi Warna: Graphite, atau bisa dibilang Dark Grey.

  • Dimensi: 165.3 x 253.8 x 6.3mm
  • Berat: 507g, ini memang varian yang paling tebal akan tetapi dari segi berat, ini yang paling ringan dan juga lebih compact dibandingkan dengan varian di atasnya. Jika kalian tidak suka dengan tablet yang berukuran terlalu besar, kalian akan cocok dengan varian yang satu ini.

Bodi

  • Sisi Kanan: Slot MicroSD up to 1TB, mengingat tablet ini adalah versi Wifi, jadi tidak akan ada slot SIM-nya. Di sisi ini pun akan ada magnet untuk dudukan S-Pen. Kemudian ada microphone, tombol Volume, serta fingerprint sensor yang menjadi satu dengan tombol Power. Posisi fingerprintnya ini sangat ideal untuk pemakaian landscape, dan kemampuannya sangat konsisten serta cepat.
  • Sisi Atas: 2 Grill Speaker stereo pada bagian atas, 1 Mic, sebenarnya Samsung mengatakan jika Mic nya ada 3, mungkin mic 1 lagi jadi 1 dengan grill speaker.
  • Sisi Kiri: Pin yang berguna untuk menghubungkan ke keyboard case
  • Sisi Bawah: port USB-C 3.2 Gen 1, dan ada 2 grill speaker stereo pada bagian bawah

Bicara mengenai speaker, total speaker pada tablet ini ada 4 buah, serta dituning oleh AKG.

Buat kalian yang menginginkan efek surround, di dalam settings pun ada fitur Dolby Atmos.

  • Sisi Belakang: ada logo Samsung, dan ada garis hitam tempat dudukan si S-Pen. Sebab magnetic, jika didekatkan maka akan otomatis menempel, dan juga saat menempel, S-Pen ini akan otomatis charging baterainya juga. Kemudian di sebelahnya akan ada dua kamera dan LED Flash disini.

Untuk spesifikasi kameranya:

  • Kamera Utama 12MP, f/2.0, AF
    • Perekaman video: up to 4k 30 FPS, sayangnya semua varian Tab S8 series tidak mendukung perekaman kualitas 60 FPS.
  • Kamera Ultra Wide 6MP, f/2.2, Fixed Focus
    • Perekaman video: up to 1080p 30 FPS
  • Sisi Layar: Kamera depan 12 MP Ultra Wide 120°, Fixed Focus

Untuk perekaman video bisa sampai 1080p 30 FPS. Sedikit berbeda dengan versi Ultranya dimana kualitasnya bisa sampai 4k 30 FPS. Dan karena ini ultra wide, sudut pandangnya jadi terlihat sangat luas. Posisi kamera selfienya adalah posisi paling ideal untuk sebuah tablet yang ditujukan untuk pemakaian landscape. Jadinya ketika kalian melakukan video call, tatapan mata kalian akan pas ke tengah.

Tablet ini tidak mempunyai LED Notification, namun dapat diakali dengan memakai fitur Edge Lighting di sini sebagai alternatif.

S-Pen dan Keyboard

Sebuah perangkat tablet itu memang idealnya dipadukan dengan Stylus serta Keyboard, sebab perpaduan mereka ini yang akan membuat pengalaman menggunakan tablet jadi spesial. S-Pen yang ada di sini pun sudah ditingkatkan lagi latency-nya dari 9ms di S7+ saat ini jadi 2.8ms.

Sehingga, pengalaman menulis di layarnya ini memang telah lebih nyaman, responsif serta presisi. Menariknya lagi, S-Pen ini tidak ada perbedaan jika dibanding varian S8 lainnya, S-Pennya sama apa pun varian yang kalian beli.

Perangkat Tab S8 ini pun memiliki Book Cover Keyboard, di mana terdiri dari 2 model, yakni book cover atau model Slim. Bedanya jika yang slim tidak memiliki trackpad. Selama masa pre-order book covernya yang versi slim telah termasuk pembelian.

Ketika menggunakan keyboardnya ini beratnya naik jadi sekitar 900 gram. Terhitung masih ringan apalagi jika kalian bandingkan dengan laptop laptop tipis sekalipun.

Penutup

Galaxy Tab S8 merupakan sebuah perangkat yang sangat powerful. Dapat diandalkan untuk banyak kegiatan dalam hal komputasi mulai dari bekerja, hiburan, kreativitas dan juga bermain game. 

Perangkat ini mungkin tidak diciptakan untuk semua kalangan, terutama kalau dilihat dari harga dan ukuran layar yang dapat dikatakan sangat luas untuk ukuran perangkat mobile. Namun Samsung menyediakan opsi tipe lain yakni Galaxy Tab S8 dengan layar 11 inci dan Tab S8+ dengan layar 12,4 inci.

Akan tetapi, kalau kalian ingin merasakan pengalaman perangkat Android dengan spesifikasi mentok atas alias spesifikasi yang paling tinggi, dari prosesor, kualitas layar, speaker hingga dengan RAM, perangkat ini merupakan salah satu yang dapat masuk ke dalam daftar pilihan utama untuk tablet Android, ditambah lagi dengan adanya dukungan ekosistem Samsung Galaxy yang sangat lengkap.