Resep Seblak Rafael Tan Asli Bandung yang Viral di Tiktok

Saniter.co.id – Seblak adalah makanan yang berasal dari Jawa Barat. Rasanya yang pedas, gurih, dan enak ini membuat seblak begitu disukai oleh banyak orang. Bahkan saat ini sedang viral seblak Rafael. Banyak orang berbondong-bondong mencari tahu resep seblak Rafael asli yang viral di TikTok.

Jika dulu Rafael Tan dikenal sebagai anggota boyband SM*SH. Kini Rafael viral sebagai pelopor seblak coet. Hal ini bermula saat Rafael mengunggah video mukbang seblak di Tiktok. Banyak viewers yang tertarik dan ingin mencoba resep seblak ala Rafael tersebut.

Macam-macam Seblak

Macam macam seblak

Rasa seblak yang gurih dan pedas membuat semua orang begitu menyukainya. Saat ini ada banyak sekali macam-macam seblak yang bisa kamu coba. Yang terbaru ada seblak Rafael yang sedang viral saat ini.

Seblak Kerupuk Basah

Jenis seblak yang satu ini berisi kerupuk bawang dan makaroni yang dimasak bersama bumbu seblak. Biasanya penjual juga menambahkan telur, ayam, baso dan sosis ke dalamnya. Rasanya gurih dan pedas.

Seblak Mie

Sedikit berbeda dengan seblak kerupuk basah, seblak yang satu ini diberi tambahan mie. Seblak mie juga bisa ditambahkan baso dan sosis yang diiris tipis. Rasanya gurih, pedas, dan mengenyangkan sekali.

Seblak Kuah Ceker

Jika kamu menyukai ceker, kamu juga bisa menambahkannya ke dalam seblak. Perpaduan rasanya sangat cocok dan nikmat sekali. Apalagi di dalamnya ada tambahan baso dan sosis. Satu porsi seblak ceker cukup untuk mengganjal perut di siang hari.

Seblak Sosis

Seblak sosis ini cocok untuk anak-ana karena porsinya yang tidak terlalu banyak. Selain itu anak-anak juga sangat menyukai sosis. Kamu bisa memesan seblak sosis yang tidak pedas untuk adik atau keponakaan mu.

Perbedaan Seblak Biasa dan Seblak ala Rafael

resep seblak rafael

Jika biasanya seblak menggunaka kerupuk berwarna oren. Lain halnya dengan seblak Rafael yang menggunakan kerupuk mawar berwarna putih. Perbedaan lainnya juga dilihat dari proses pembuatannya. Seblak Rafael lebih simpel dibandingkan seblak biasa.

Biasanya seblak dimasak di wajan, lalu semua bahan dimasukkan satu persatu dan diberi bumbu. Sedangkan seblak Rafael hanya menggunakan coet untukmenggerus bumbu-bumbunya. Lalu siram dengan air panas secukupnya. Kemudian siram ke kerupuk mawar yang sudah direbus sebelumnya.

Meskipun cara membuat seblak Rafael simpel dan mudah, namun rasanya tidak kalah enaknya. Setelah Rafael mempublikasikan video mukbangnya, banyak orang yang membuat ulang resep seblak Rafael tersebut.

Resep Seblak Rafael yang Mudah dan Enak

cara masak seblak rafael

Popularitas seblak semakin meningkat setelah Rafael mempublish video mukbangnya di Tiktok. Kini masyarakat bisa membuat seblak coet ala Rafael yang mudah dan enak. Bahan-bahannya pun mudah didapat.

Berikut ini cara membuat seblak Rafael untuk 3 porsi. Cocok dihidangkan untuk santapan bersama keluarga atau teman di malam hari.

Bahan-bahan seblak Rafael:

  • 200 gram kerupuk mawar putih mentah
  • 4 sdm minyak
  • 20 buah cabai rawit hijau yang sudah dicuci bersih
  • 5 buah cabai rawit merah yang sudah dicuci bersih
  • 4 siung bawang putih
  • 5 cm kencur
  • 1 batang daun bawang, lalu iris
  • 1 sdt penyedap/garam dan mecin
  • Air untuk merebus

Cara memasak seblak Rafael:

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah merebus air hingga mendidih. Lalu masukkan kerupuk dan biarkan hingga matang. Setelah matang, lalu angkat dan aduk bersama 1 sdm minyak. Lalu sisihkan.
  • Selanjutnya haluskan cabai, kencur, bawang putih, dan penyedap. Lalu tambahkan daun bawang yang sudah diiris sebelumnya. Lalu sisihkan.
  • Kemudian panaskan minyak dan siram ke atas sambal ulek lalu aduk rata.
  • Setelah itu, masukkan kerupuk yang sudah ditiriskan dan aduk rata.
  • Seblak ala Rafael sudah siap dihidangkan.

Itulah resep seblak Rafael yang sedang viral di Tiktok saat ini. Kamu juga bisa membeli seblak ala Rafael  ini karena saat ini sudah banyak yang menjualnya. Namun jika kamu ingin berkreasi sendiri, tidak ada salahnya untuk menggunakan resep seblak di atas.

Sesuaikan pedas dengan seleramu. Terlalu pedas juga akan membuat kamu kurang bisa menikmati seblak yang kamu buat. Selamat memasak.

Baca Juga: