Resep Es Kulkul Pisang Coklat Ala Rumahan Untuk Jualan

Saniter.co.id – Pecinta kuliner pasti sudah familiar dengan camilan dingin bernama es kulkul. Es kulkul merupakan jajanan yang biasa ditemukan di pinggir jalan yang terbuat dari bahan dasar buah pisang. Lalu resep es kulkul pisang coklat ini hanya dengan menyelupkan pisang ke dalam coklat cair, kemudian didiamkan sampai keras dan dibekukan di freezer atau kulkas.

Es kulkul biasanya dijual di gerobak dorong dan banyak terdapat di sekitar sekolah. Es yang satu ini merupakan jajanan favorit anak-anak SD karena rasanya yang segar dan manis. Namun sekarang es kulkul sudah banyak dijual di kios-kios makanan sebagai dessert atau makanan pencuci mulut.

Bahkan banyak pula yang sudah menjual es kulkul secara online karena rasa es satu ini yang menggugah selera dan mudah dibuat serta dikreasikan. Alih-alih membeli di luar, resep es kulkul pisang coklat ternyata tidak sesulit yang di bayangkan, lho.

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan sangat mudah dan terkadang hanya membutuhkan sedikit kreativitas sehingga bisa menciptakan camilan dingin yang lezat dan juga bergizi.

es kulkul pisang coklat enak

Secara umum es kulkul adalah pisang yang dibelah dua dan ditusuk dengan menggunakan stik es krim, kemudian tinggal dilapisi dengan coklat cair dan langsung dimasukkan ke dalam freezer agar beku. Selain buah pisang, es kulkul pun bisa kamu buat dari buah-buahan yang lain, seperti buah  anggur, melon, pepaya, ubi ungu, nanas, buah naga dan buah lainnya yang memiliki tekstur padat.

Popularitas es kulkul pernah naik pada tahun 2020 silam. Es yang mengingatkan kamu dengan masa kecil ini banyak dikreasikan dengan berbagai varian topping menarik dan juga bentuk yang beraneka ragam.

Selain murah, hal yang paling penting dari larisnya es kulkul ini karena rasanya yang segar dan juga menyehatkan, karena dibuat dari buah asli yang hanya dilapisi coklat cair. Kamu akan menemukan rasa asam, manis, dan segar dalam satu gigitan saat makan es yang satu ini.

Resep kali ini akan menunjukkan bahan-bahan dan resep membuat es kulkul pisang coklat ala rumahan yang bisa kamu kreasikan bahannya sesuka hati agar tambah lezat. Bahkan, kamu juga bisa membuka usaha rumahan dengan menjual es yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut ini.

Resep Membuat Es Kulkul Pisang Coklat

resep es kulkul  pisang coklat

Bahan es kulkul

  • Lima buah pisang mas yang sudah matang, atau boleh pisang jenis lainnya
  • Lima batang stik es krim
  • Setengah coklat batang, kemudian diiris halus
  • Dua sendok makan coklat bubuk
  • Dua sendok makan minyak goreng
  • Keju yang sudah diserut atau meses (opsional)
  • Susu bubuk full cream (opsional)

Langkah-langkah membuat es kulkul pisang coklat

es kulkul pisang coklat
  • Kupas pisang mas dan tusuk dengan stik es yang sudah disiapkan. Ukuran pisang sesuaikan dengan selera, jika ingin es dengan ukuran lebih kecil, kamu bisa memotong pisang menjadi dua bagian.
  • Siapkan wajan, cairkan coklat batang di atas kompor menyala, masak dengan api sedang sampai meleleh, masukan coklat coklat bubuk dan susu bubuk full cream lalu tambahkan minyak goreng, aduk-aduk hingga bahan tercampur rata.
  • Tuang coklat yang sudah di masak ke dalam gelas atau wadah yang sekiranya sedikit tinggi agar memudahkan saat mencelupkan pisang yang sudah diberi stik es krim sebelumnya.
  • Tambahkan topping seperti meses atau keju yang sudah di serut.
  • Letakkan es kulkul pisang coklat di atas kertas baking hingga mengeras dan pindahkan ke wadah yang sudah di siapkan dan simpan ke dalam freezer agar es kulkul bisa membeku.
  • Tunggu hingga es kulkul dingin. Jika sudah dingin es kulkul bisa langsung dinikmati.

Itulah cara membuat es kulkul pisang coklat ala rumahan yang mudah dan praktis dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Cara di atas juga berlaku untuk buah lain jika kamu tidak ingin menggunakan pisang sebagai bahan dasar.

Jika ingin membuat es kulkul dengan kreasi lain, kamu bisa coba mengganti coklat cair dengan vanilla, matcha, atau red velvet agar es kulkul buatanmu semakin kekinian. Selamat mencoba!

Baca Juga: