Opera Mini APK Latest Version Sudah Terpasang VPN Gratis

Saniter.co.id | Opera Mini APK merupakan sebuah aplikasi web browser yang menawarkan kecepatan dalam mengakses berbagai situs di internet. Sebagai salah satu web browser yang cukup populer, Opera Mini banyak diandalkan pengguna untuk menjelajahi situs web secara mudah.

Selain itu, fitur yang disediakan aplikasi peramban ini juga sangat lengkap sehingga tidak heran jika semakin banyak yang tertarik menggunakan Opera Mini. Untuk mengenal Opera Mini secara lengkap, langsung saja ikuti pembahasannya di bawah ini.

Info Singkat Seputar Opera Mini APK Android

Info Singkat Seputar Opera Mini APK Android

Pada dasarnya Opera Mini merupakan sebuah aplikasi peramban atau browser yang dirancang secara khusus untuk perangkat Android. Sesuai dengan namanya, Opera Mini merupakan versi lite dari Opera Browser yang ditawarkan dalam ukuran lebih ringan.

Jika dilihat dari sejarahnya, Opera pertama kali dirilis oleh Telenor pada tahun 1995 di Norwegia. Namun seiring dengan perkembangan browser tersebut yang semakin maju, akhirnya Opera Mini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mencari versi ringannya.

Perlu diketahui bahwa versi resmi Opera Mini tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis. Aplikasi buatan Opera ini sering diandalkan untuk melakukan aktivitas browsing, tidak heran jika jumlah unduhannya mencapai 500 juta lebih pengguna.

Perbedaan Opera dan Opera Mini APK

Perbedaan Opera dan Opera Mini APK

Meskipun sama-sama menggunakan nama Opera, namun tentu saja ada beberapa perbedaan yang terlihat dari kedua browser tersebut. Untuk mengetahui apa saja perbedaannya, silakan simak tabel perbandingannya berikut ini.

OperaOpera Mini
Membutuhkan lebih banyak data atau kuota internet untuk aktivitas browsingKuota internet yang dibutuhkan untuk aktivitas browsing jauh lebih sedikit
Ruang penyimpanan yang dibutuhkan cukup besar bahkan sampai 100 MBHanya membutuhkan ruang penyimpanan kurang dari 50 MB
User interface jauh lebih lengkap dan menyediakan berbagai macam fitur menarikUser interface terlihat lebih sederhana dengan ketersediaan fitur yang lebih sedikit
Fitur kompres data pada Opera harus diaktifkan di menu pengaturan secara manualPada saat browsing, fitur kompres akan langsung diaktifkan secara otomatis
Bisa membuka halaman yang lebih banyak sekaligus secara cepatJumlah halaman atau tab yang dibuka lebih sedikit dibandingkan Opera
Menyediakan tingkat keamanan yang lebih terjamin dibandingkan Opera MiniTingkat keamanan yang disediakan jauh lebih rendah dari Opera
Menyediakan fitur dompet crypto yang bisa diakses melalui pengaturanTidak menyediakan fitur dompet crypto

Jika dilihat dari beberapa perbedaan tersebut, dapat diketahui bahwa dari segi kualitas dan kinerjanya browser Opera jauh lebih unggul. Karena menawarkan fitur yang lebih lengkap dengan tingkat keamanan yang terjamin. Namun tentunya penggunaan browser bisa disesuaikan kebutuhan.

Bagi yang membutuhkan aplikasi browser dengan kuota internet dan ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar, maka Opera Mini bisa dijadikan pilihan tepat. Namun bagi yang membutuhkan informasi cepat dengan akses ke banyak halaman dan jaminan keamanan, maka Opera lebih cocok.

Keuntungan Menggunakan Opera Mini APK Terbaru

Secara garis besar, Opera Mini ditujukan bagi pengguna perangkat HP sehingga lebih mudah dalam menjelajahi internet. Bahkan sebelum kemunculan perangkat smartphone yang masif saat ini, Opera menjadi salah satu browser yang banyak diandalkan.

Mengapa banyak pengguna yang tertarik mengakses Opera Mini untuk kebutuhan browsing di internet? Tentunya tidak terlepas dari beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pengguna. Selain lebih menghemat kuota internet, Opera Mini juga menawarkan pengalaman browsing yang cepat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan Opera Mini versi terbaru untuk aktivitas browsing di internet:

1. Lebih Menghemat Kuota Internet

Pada bagian sebelumnya sudah dijelaskan bahwa penggunaan browser Opera dan Opera Mini berbeda dalam hal kebutuhan internet. Cara ini cukup efektif untuk membantu dalam memaksimalkan paket kuota internet di perangkat ponsel.

Bahkan penggunaan browser Opera Mini APK bisa menurunkan penggunaan kuota internet sehingga mampu menghemat data sampai 90%. Meskipun koneksi internet sedang tidak stabil, Opera Mini tetap mampu memuat halaman yang dituju.

2. Efektif untuk Mendapatkan Informasi Terkini

Saat ini Opera Mini sudah menyediakan akses integrasi berita dan informasi di beranda browser. Sehingga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi terkini kapan saja. Dimanapun pengguna berada, update informasi di Opera Mini akan selalu tersedia.

3. Blokir Iklan dengan Mudah

Keuntungan lainnya yang didapatkan jika menggunakan Opera Mini browser APK adalah memungkinkan untuk memblokir iklan dengan mudah. Karena aplikasi peramban ini sudah dilengkapi dengan fitur blokir iklan atau Ad Blocker yang sangat efektif.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna juga bisa lebih cepat dalam mengakses situs web yang dituju. Apalagi di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan fitur kompres data yang secara khusus sudah disesuaikan dengan browsernya.

4. Mengakses Banyak Situs Sosmed Sekaligus

Kebiasaan membuka sejumlah aplikasi secara bersamaan akan menimbulkan crash sehingga menghambat aktivitas browsing di internet. Namun pengguna tidak perlu khawatir, karena hal itu tidak akan terjadi lagi.

Karena browser tersebut sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi sosial media populer. Dengan begitu maka memungkinkan untuk membuka lebih dari satu akun sosial media dan melihat pesan di dalamnya. Tidak akan terjadi error atau penurunan kinerja yang mengganggu.

Fitur Terbaik Opera Mini APK Latest Version

Sebagai informasi, saat ini Opera Mini bisa diakses melalui perangkat Android, iPhone, iPad, Mac OS, Windows, Windows Phone dan Linux. Tanpa perlu khawatir dengan kemunculan iklan pop up yang mengganggu, pengguna bisa lebih nyaman saat menjelajahi internet menggunakan Opera Mini.

Selain menikmati berbagai macam keuntungan yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan Opera Mini juga semakin menarik dengan beragam fitur yang telah disematkan di dalamnya. Fitur tersebut diantaranya adalah:

1. Akses Cepat Meskipun Koneksi Internet Kurang Stabil

Opera Mini fast web browser APK dilengkapi dengan fitur unggulan yang memungkinkan untuk mengakses berbagai macam situs web secara mudah dan cepat. Dalam hal ini teknologi browser mampu melakukan akselerasi secara efektif pada saat proses download dilakukan.

Sehingga ketika koneksi internet yang didapatkan menurun atau kurang stabil, maka aplikasi peramban tersebut tetap bisa membuka situs web yang diinginkan. Fitur ini tentu sangat berguna karena aktivitas browsing bisa tetap lancar di tengah koneksi internet yang menurun.

2. Browser Private dengan Mode Incognito

Bagi pengguna Opera Mini APK no ads yang menginginkan akses ke situs web secara private, maka fitur yang satu ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Karena memungkinkan untuk mengakses situs secara aman tanpa perlu khawatir data pribadinya tersimpan atau terlacak.

Untuk keperluan tersebut, pengguna hanya perlu mengaktifkan mode incognito yang sudah tersedia. Dengan mode tersebut, maka seluruh aktivitas dan riwayat penjelajahan di Opera Mini tidak akan tersimpan. Karena data riwayat browsing dan cache akan langsung terhapus.

3. Membaca secara Offline

Bagi pengguna setia Opera Mini pasti sudah sangat familiar dengan fitur yang satu ini. Karena memungkinkan untuk mengakses situs web yang diinginkan secara offline. Jadi pengguna bisa langsung menyimpan halaman situs yang diinginkan tanpa perlu mendownload halaman situs.

Cara ini tentu jauh lebih praktis dan tidak akan menguras banyak kuota internet. Dengan mode offline, maka pengguna bisa membuka halaman situs yang telah disimpan kapan saja sesuai keinginan. Bahkan tanpa perlu koneksi internet.

4. Pemutar dan Pengunduhan Video

Ketika mengakses sosial media, tentunya sering menemukan berbagai macam video yang menarik dan lucu untuk diunduh. Namun sayangnya tidak memungkinkan untuk diunduh di perangkat secara langsung. Sebagai solusinya pengguna bisa mengakses Opera Mini APK.

Karena browser ini bisa digunakan untuk mengunduh video yang diinginkan secara mudah dan cepat. Cara kerjanya adalah dengan melakukan pemindaian terhadap situs yang videonya bisa langsung diunduh secara otomatis. Sehingga video bisa langsung dinikmati kapan saja.

5. Pemindai Kode QR

Fitur unggulan lainnya yang disediakan Opera Mini web browser APK adalah pemindai kode QR yang secara efektif bisa digunakan secara langsung tanpa memerlukan aplikasi pemindai tambahan. Cara ini tentu jauh lebih praktis dan efisien.

Bagi yang belum tahu, caranya adalah dengan masuk ke halaman utama Opera Mini dan di sebelah address bar bisa klik ikon kode QR yang tersedia. Selanjutnya lakukan pemindaian pada kode QR yang diinginkan sehingga bisa diakses dengan mudah.

6. Mode Malam

Fitur berikutnya yang membuat browser ini semakin menarik adalah mode malam. Fitur tersebut akan menampilkan halaman web dalam mode gelap, terutama ketika digunakan di ruang minim cahaya atau di malam hari. Sehingga akan membuat kinerja mata tetap maksimal.

Kelebihan Opera Mini APK 2023

Bukan hanya menawarkan keuntungan serta fitur unggulan yang menarik saja, Opera Mini juga memiliki sejumlah kelebihan yang membuat browser ini semakin disukai banyak orang. Adapun kelebihannya antara lain adalah:

1. Memiliki Ukuran yang Ringan

Opera Mini disediakan dalam ukuran yang cukup ringan sehingga akan memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas browsing di internet. Dengan ukuran yang ringan, maka perangkat dengan spesifikasi menengah cukup kompatibel untuk mengakses Opera Mini.

2. Fitur Keamanan Lumayan Lengkap

Meskipun ukurannya cukup ringan, namun aplikasi browser ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang lumayan lengkap, sehingga pengguna tidak perlu khawatir. Jadi untuk perangkat yang tidak memakai anti virus, Opera Mini APK tetap aman digunakan.

3. Kecepatan dalam Download dan Buka Situs Web

Meskipun untuk mendapatkan kecepatan akses ke situs web dan download paling ideal menggunakan jaringan 5G atau Android dengan OS yang terbaru. Namun pengguna tidak perlu khawatir, karena dengan jaringan dan OS rendah pun masih bisa mengakses browser tersebut.

4. Pemulihan Website yang Efektif

Tidak dipungkiri jika kebiasaan membuka terlalu banyak halaman atau tab akan membuat aplikasi browser mengalami crash atau menutup secara otomatis. Namun dengan Opera Mini, situs web yang dibuka sebelumnya bisa langsung dipulihkan tanpa harus mengulang lagi.

Kekurangan Opera Mini APK

Jika dilihat dari keuntungan, fitur serta kelebihan Opera Mini, dapat dikatakan jika aplikasi browser tersebut termasuk aplikasi terbaik yang bisa diandalkan untuk kebutuhan browsing pengguna. Meski begitu, Opera Mini juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut:

1. Kualitas Grafis Kurang Memuaskan

Salah satu kekurangan yang terlihat dari aplikasi browser ini adalah kualitas grafisnya yang masih kurang memuaskan. Kondisi ini bisa terjadi karena pengaruh sistem kompres di aplikasi. Selain itu, gambar animasi bergerak dan slide show tidak bisa ditampilkan di aplikasi.

2. Tampilan Website Masih Belum Sempurna

Meskipun sebagian situs web ditampilkan dengan bagus dan sempurna di peramban tertentu, namun rupanya hal itu belum tentu terlihat di Opera Mini. Tidak jarang situs web ditampilkan dalam tata letak yang kurang sempurna seperti pada menu komentar, dropdown dan lain-lain.

3. Adanya Biaya Tambahan untuk Fitur Tertentu

Meskipun aplikasi browser ini bisa diakses secara gratis, namun rupanya beberapa provider memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan. Yaitu dengan menetapkan biaya tambahan bagi pengguna yang ingin menikmati fitur khusus di Opera Mini seperti layanan VPN.

4. Gangguan Server yang Menghambat Aktivitas Browsing

Aktivitas padat yang terjadi di server Opera Mini APK seringkali menimbulkan permasalahan browsing yang cukup mengganggu. Salah satunya menyebabkan situs web yang diakses error dan memunculkan informasi Internal Server Error di perangkat.

Selain error, masalah yang paling umum terjadi ketika mengakses situs web menggunakan Opera Mini adalah lambatnya aplikasi dalam memuat halaman situs yang dituju. Sebenarnya kondisi ini sangat wajar terjadi, terutama ketika koneksi internet pengguna tidak stabil.

5. Semua Aktivitas Pengguna Direkam Server

Meskipun dari segi keamanan data pengguna saat melakukan aktivitas browsing cukup aman dan sulit terlacak. Namun nyatanya server Opera Mini telah merekam seluruh aktivitas online pengguna saat menjelajahi internet melalui browser tersebut.

6. Kinerja Aplikasi Lambat Ketika Membuka Banyak Tab

Ada baiknya penggunaan aplikasi Opera Mini APK dikhususkan untuk membuka situs web yang dianggap penting dan hindari untuk membuka banyak web sekaligus. Karena hal itu akan membuat kinerja aplikasi lebih lambat, mengalami lag dan bahkan error.

7. Tidak Bisa Mengubah Shortcut Key

Kekurangan berikutnya adalah ketidakmampuan aplikasi browsing dalam mengubah shortcut key. Sebagai informasi, shortcut key memungkinkan untuk mempercepat proses membuka aplikasi dari sebelumnya sehingga lebih menghemat waktu.

8. Memerlukan Update Secara Rutin

Sebenarnya kinerja aplikasi yang menurun hingga menyebabkan sering terjadi error atau crash adalah karena ketidakmampuan aplikasi dalam memuat situs web secara berlebihan. Kondisi ini masih bisa diatasi dengan sering melakukan update secara rutin agar kinerjanya optimal.

Link Download Opera Mini APK ApkPure

Untuk menikmati berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan Opera Mini, pengguna harus mengunduh aplikasi tersebut dan memasangnya di perangkat masing-masing. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah informasi tentang aplikasi dan link unduhannya.

Nama AplikasiOpera Mini
PengembangOpera
Ukuran16,28
OS MinimalAndroid 5.0+
Versi72.0.2254.67831
Last Update28 Agustus 2023
Link DownloadKLIK DISINI

Berbeda dari aplikasi Opera Mini yang tersedia di Google Play Store, untuk versi APK pengguna perlu mengunduhnya melalui link Opera Mini download Apkpure yang telah disediakan pihak ketiga. Agar proses download berjalan lancar, pastikan koneksi internet yang digunakan bagus dan stabil.

Selanjutnya bisa langsung melakukan pemasangan file aplikasi tersebut dengan cara mengaktifkan izin pemasangan aplikasi yang berasal dari sumber tidak dikenal. Jika sudah berhasil terpasang maka bisa langsung digunakan untuk aktivitas browsing.

Opera Mini APK merupakan aplikasi browser versi lite yang dikembangkan oleh Opera. Sebagai salah satu aplikasi browser terbaik saat ini, Opera Mini menawarkan beragam keunggulan. Salah satunya memiliki ukuran yang ringan sehingga kompatibel untuk perangkat HP dengan spesifikasi menengah.

Baca Juga: