Oleh-oleh Khas Majalengka Paling Terkenal Wajib Dibawa Pulang

Saniter.co.id – Majalengka adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki beraneka ragam makanan. Tidak heran jika oleh-oleh khas Majalengka begitu diburu oleh para wisatawan. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan pas di kantong.

Tradisi membawa oleh-oleh masih ada hingga saat ini. Apalagi jika kota yang kamu kunjungi memiliki banyak sekali makanan khas yang terkenal. Salah satunya adalah kabupaten Majalengka yang ada di Jawa Barat.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Majalengka

Oleh-oleh dari Majalengka sangat beraneka ragam. Mulai dari rasa asin, manis, pedas, hingga gurih.  Harganya pun ramah di kantong, jadi kamu bisa membeli banyak untuk  keluarga dan teman. Berikut ini rekomendasi makanan khas Majalengka yang bisa kamu pilih:

Oncom Goreng

oleh-oleh khas majalengka oncom goreng

Makanan khas dari Majalengka ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Perpaduan rasa manis, asin dan bumbu-bumbu pilihan lainnya membuat oncom goreng sangat enak. Oncom goreng bisa disantap sebagai lauk nasi atau pun cemilan.

Berbahan dasar oncom yang diiris tipis-tipis, lalu digoreng hingga kering. Setelah itu dibumbui dengan garam, gula, bawang goreng dan bumbu-bumbu lainnya. Harga nya pun terjangkau mulai dari 10 – 30 ribu rupiah saja.

Kamu bisa mendapatkan oncom goreng di toko oleh-oleh Majalengka, pasar, atau alun-alun. Jika kamu melewati jalan Sumedang, kamu juga bisa melihat penjual oncom goreng di pinggir jalan.

Mangga Gedong Gincu

mangga gedong gincu

Buah mangga memang ada hampir di seluruh Indonesia. Namun mangga gedong gincu Majalengka ini memiliki rasa yang khas. Rasanya manis, legit, dan berdaging tebal. Sangat mudah menemukan buah yang satu ini di Majalengka. Karena pohonnya tumbuh subur di pekarangan rumah warga.

Menurut cerita yang beredar, dahulu kalah buah mangga ini merupakan makanan para bangsawan. Hal ini pantas saja karena rasanya yang manis, legit, dan enak. Harga mangga gedong gincu per kilo mulai dari 30 ribuan saja.

Jalakotek Majalengka

jalakotek majalengka

Bukan hanya Bandung yang memiliki banyak olahan aci, Majalengka juga memiliki olahan aci yang khas. Yaitu jalakotek khas Majalengka. Makanan khas dari Majalengka ini terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan tahu.

Bentuknya hampir mirip seperti pastel. Isiannya pun beragam mulai dari tahu, ayam suir, sosis, dan baso. Jalakotek kekinian juga sudah banyak dijual dengan isian cabe yang banyak. Sangat nikmat disantap saat jalakotek masih hangat.

Untuk dijadikan oleh-oleh, kamu bisa membeli jalakotek mentah. Meskipun harganya murah meriah, namun rasanya enak dan gurih. Sebungkus jalakotek isi 5 dijual sekitar 10 ribu rupiah saja. Sudah termasuk bumbu asin dan pedas.

Batik Khas Majalengka

batik khas majalengka

Selain makanan khas, Majalengka juga memiliki batik yang bisa kamu jadikan buah tangan. Jenis batik Majalengka yang bisa kamu beli seperti motif lauk ngibing, mangga gedong gincu, kota angi, nyi rambut kasih, dan simbar kencana.

Oleh-oleh khas Majalengka yang satu ini terlihat sangat cantik dan elegan. Sangat cocok untuk dijadikan buah tangan untuk orang tua,  mertua, atau keluarga lainnya.

Gula Cakar

Gula cara merupakan jenis gula batu yang memiliki bentuk dan rasa yang khas yang berasal dari Majalengka. Berbentuk seperti kubus berukuran kecil. Warnanya pink mencolok dan rasanya sangat manis legit. Gula cakar biasanya dijadikan campuran untuk minum teh atau kopi.

Kecap Asli Majalengka

kecap asli majalengka

Kecap asin khas Majalengka ini sudah mulai diproduksi sejak tahun 1980 hingga saat ini. Salah satu toko oleh-oleh Majalengka yang menjual kecap asin in adalah Maja Menjangan. Berlokasi di jalan Suha, Majalengka Wetan, Kecamatan Majalengka.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Majalengka yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk orang tersayang. Mulai dari makanan khas hingga kain batik khas Majalengka bisa kamu dapatkan di sini.

Selain makanan khas Majalengka yang beraneka ragam, kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan yang cantik di sini. Berwisata ke Majalengka menjadi pilihan yang bagus bagi kamu yang menyukai traveling.

Baca Juga: