Apa Saja Manfaat Tabungan Berjangka untuk Masa Depan

Saniter.co.id – Keuangan adalah hal penting yang seharusnya dipersiapkan oleh semua orang untuk masa depan. Perencanaan keuangan yang baik akan memudahkan kamu untuk mencapai tujuan keuangan. Apalagi jika kamu menabung dan tahu manfaat tabungan berjangka.

Tabungan berjangka berbeda dengan tabungan biasa. Ini adalah produk bank yang bertujuan untuk membangun nasabah dalam merencanakan keuangannya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya pada artikel berikut ini

Tabungan Berjangka Adalah

Sesuai dengan penamaannya, tabungan berjangka adalah salah satu jenis tabungan dengan jangka waktu tertentu, yakni mulai dari 6 bulan hingga 20 tahun. Durasi yang sudah disepakati ini membuat tabungan ini tidak dapat ditarik kapan saja. Selain jangka waktu, nominal menabung pun telah disepakati di awal.

tabungan berjangka adalah

Tabungan berjangka sangat cocok bagi kamu yang kurang disiplin dalam menabung. Karena sistem kerja tabungan berjangka akan memaksa kamu menabung. Sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati bersama.

Cara Kerja Tabungan Berjangka

Cara kerja tabungan berjangka berbeda dengan tabugan biasa. Dalam tabungan biasa, nasabah akan menyimpan uang di bank lalu menerima bunga yang dihitung dari jumlah uang yang ada di rekening pada periode tertentu.

cara kerja tabungan berjangka

Selain itu, nasabah juga bisa mengakses uang tabungannya melalui pengambilan langsung di teller ATM atau melalui online banking. Sementara pada tabungan berjangka biasanya diambil  secara otomatis dari rekening terdaftar pada setiap bulannya.

Sehingga tidak ada istilah lupa menabung atau uang terpakai oleh kebutuhan lain. Tabungan berjangka memiliki kesan ‘memaksa’ nasabah untuk menabung sesuai dengan kesepakatan di awal.

Manfaat Tabungan Berjangka

Menabung adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Apalagi menabung dengan sistem berjangka. Tabungan berjangka memiliki manfaat untuk masa depan yang lebih baik. Apa saja manfaat tabungan berjangka yang dapat kamu rasakan? Simak penjelasannya berikut ini:

Ini manfaat tabungan berjangka

Melatih kedisiplinan

Tabungan berjangka menjadi solusi bagi kamu yang memiliki kekhawatiran tidak disiplin dalam menabung. Dengan ketentuan tabungan berjangka yang telah disepakati di awal, kamu dipaksa untuk tetap menabung setiap bulannya.

Sistem kerjanya akan secara otomatis atau auto debet dari rekening kamu setiap bulannya. Hal ini meminimalisir kelupaan kamu dalam menabung. Setiap bulannya kamu bisa dipastikan menabung jika memilih tabungan berjangka.

Dana tabungan aman

Menyimpan uang di bank tentu lebih aman dibandingkan menyimpannya secara fisik di rumah. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot membawa uang dalam jumlah besar ke bank karena uang bisa dengan langsung auto debet dari rekening.

Tabungan kamu yang ada di bank juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga, apabila bank mengalami likuidasi, dana yang kamu simpan akan tetap aman.

Pastikan selalu update dengan berita penipuan agar kamu bisa lebih waspada. Jangan terlalu percaya dengan berita yang tidak jelas sumbernya. Apalagi sampai berkaitan dengan nomor rekening.

Jika kamu mendapatkan telpon atau pesan yang mencurigakan, segera beritahu aparat keamanan setempat. Jangan mudah percaya apalagi sampai melakukan transaksi di atm sesuai intruksi yang tidak jelas.

Tindakan penipuan hal seperti ini yang membuat uang dalam rekening kamu tidak aman. Bahkan mungkin bisa terkuras habis akibat ditipu.

Minimal menabung yang rendah

Meskipun terkesan memaksa nasabah untuk menabung, namun sebenarnya tabungan berjangka justru tidak menyulitkan nasabah. Nominal yang disepakati boleh dimulai dari Rp100 ribu saja setiap bulannya.

Mendapat asuransi

Tabungan berjangka juga menawarkan jasa asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan. Selain itu, memberi jaminan juga untuk meneruskan setoran hingga akhir periode. Hal ini dilakukan jika nasabah tidak dapat melanjutkannya.

Demikianlah informasi mengenai manfaat tabungan berjangka  untuk masa depan. Menabung sejak dini mungkin akan terasa menyiksa. Karena secara langsung pengeluaran diminimalisir dan hanya digunakan untuk kebutuhan saja.

Uang yang ditabungkan bisa saja mengambil bagian pengeluaran untuk keinginan atau hiburan semata. Namun, manfaat menabung baru akan dirasakan pada masa yang akan datang. Oleh sebab itu, untuk memiliki finansial yang teratur dan disiplin, menabung adalah salah satu solusi untuk mewujudkannya.

Baca Juga: