Manfaat Manajemen Waktu yang Baik Untuk Bekerja dan Belajar

Saniter.co.id – Kegiatan dan tugas yang kita lakukan sehari-hari pasti memerlukan rentang waktu tertentu dalam proses penyelesaiannya. Untuk itu, penting bagi kita melakukan manajemen waktu untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Banyak manfaat manajemen waktu yang baik untuk bekerja dan belajar.

Apa yang dimaksud dengan pengertianmanajemen waktu? Bagaimana cara kita melakukan manajemen waktu? Dan apa manfaat manajemen waktu? Simak, ulasan tentang manfaat danalasan wajib melakukan manajemen waktu untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.

Apa Itu Pengertian Manajemen Waktu Dan Bagaimana Cara Melakukannya?

manajemen waktu

Manajemen waktu adalah sebuah proses dalam merencanakan dan mengontrol waktu yang kita miliki untuk bisa digunakan semaksimal mungkin. Dengan adanya manajemen waktu, maka kegiatan kita akan terasa lebih mudah untuk dijalani.

Terdapat 5 hal yang menjadi alasan wajib bagi kita untuk mengerti dan harus memulai untuk melakukan manajemen waktu. Namun sebelum itu, mari kita bahas dulu bagaimana cara untuk melakukan manajemen waktu tersebut.

Manajemen waktu bisa dilakukan dengan cara:

  • Membuat notes atau to do list harian
  • Menentukan kegiatan prioritas dan melakukannya terlebih dahulu
  • Menghindari kegiatan secara bersamaan atau multitasking
  • Usahakan fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan
  • Hindarilah hal-hal yang mampu membuat distraksi, seperti bermain ponsel atau aktivitas yang tidak berhubungan dengan kegiatan inti

Manfaat Manajemen Waktu

manfaat manajemen waktu

Setelah mengetahui pengertian dari manajemen waktu dan bagaimana cara untuk melakukannya, sekarang mari kita bahas alasan-alasan mengapa kita harus mengerti bagaimana melakukan manajemen waktu didalam hidup kita. Dan manfaat dari melakukan manajemen waktu, agar memudahkan segala pekerjaan ataupun kegiatan kita sehari-hari.

1. Dapat menyelesaikan banyak kegiatan dengan tepat waktu

Ketika kita dapat melakukan manajemen waktu, maka dipastikan banyak kegiatan yang bisa diselesaikan secara tepat waktu. Manajemen waktu juga akan mengukur sebarapa susah, lama, panjang, atau banyaknya pekerjaan sehingga kita bisa mengira kapan waktu yang tepat untuk memulai.

Sebagai contoh, Ketika seorang pelajar memiliki jadwal yang padat dan memiliki tugas dimasing-masing mata pelajaran, maka manajemen waktu sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan semua tugas agar dikumpulkan tepat waktu.

Hal ini bisa dimulai dengan membuat list tugas-tugas dengan tenggat waktu paling pendek untuk dikerjakan pertama kali, lalu dilanjut dengan tugas yang memiliki masa waktu pengerjaan yang lebih panjang.

2. Mengurangi stress

Ketika banyak hal yang harus dilakukan dalam satu waktu, tingkat stress yang akan dirasakan tentu saja akan meningkat. Apalagi jika ditambah dengan tenggat waktu yang sudah mepet, pasti menimbulkan perasaan cemas dan resah yang berlebihan.

Oleh karena itu, manajemen waktu sangatlah membantu ketika banyak sekali pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Dengan menyususn jadwal atau to do list dengan memulai memprioritaskan tugas terpenting, maka tingkat stress dan kecemasan tentang waktu pengumpulan akan berkurang.

3. Mengurangi penundaan

Ketika kita memilih untuk menunda dan menumpuk semua pekerjaan, otomatis kita akan kehabisan waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut dengan baik dan benar. Karena waktu yang semakin menipis membuat kita mengerjakan semua nya secara terburu-buru, bahkan kadang kali kita tidak akan mengecek ulang kualitas dari isi pekerjaan kita tersebut. Tentu ini akan merugikan diri kita dimasa yang akan datang.

manfaat manajemen waktu yang baik

Dengan adanya manajemen waktu, penundaan ini bisa diminimalisir dan menjadikan pekerjaan kita akan memiliki hasil yang lebih baik. Memprogram jadwal dengan jam-jam spesifik dapat membimbing kita untuk mengerjakan pekerjaan lainnya secara bertahap tanpa harus menunda. Hasilnya, pekerjaan kita akan selesai sesuai dengan waktu yang sudah diatur dan hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

4. Dapat menambah produktivitas

Membuat jadwal, poin-poin, ataupun checklist mengenai kegiatan kita dalam seharian penuh tentu saja akan membangkitkan produktivitas kita. Bayangkan, dalam sehari kita akan dihadapi dengan banyak kegiatan yang harus dilakukan secara bertahap, sehingga kita akan menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu.

Dengan memanajemen waktu, kita akan menambah produktivitas, karena akan terus mengerjakan tugas seusai rencana dan waktu tertentu tanpa terlewat.

5. Hasil dari kegiatan akan lebih maksimal

Ya, tentu saja hasil yang kita dapatkan Ketika sudah melakukan manajemen waktu akan lebih maksimal dibandingkan dengan melakukannya tanpa rencana apapun. Manajemen waktu akan membantu kita untuk menyisihkan waktu dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini membuat kita bisa mengecek kembali tugas-tugas kita hingga kita yakin dengan hasilnya.

Sebagai ilustrasi, Ketika kita mengerjakan tugas Matematika yang masih akan dikumpulkan 3 hari lagi, kita masih bisa mengecek hasilnya dengan menghitung kembali dan meyakini jika jawaban kita memang benar.

Manajemen waktu yang sangat penting bagi kedisiplinan diri

Berusaha untuk memanajemen waktu disetiap kegiatan kita merupakan bentuk kedisiplinan terhadap diri sendiri. Kita bisa lebih bertanggung jawab dengan setiap tugas ataupun kegiatan yang akan kita lakukan dengan memastikan hasil yang diperoleh adalah yang terbaik.

Melakukan manajemen waktu tidak akan merugikan kita, sebaliknya, dengan pintar menentukan waktu dan menyesuikan jadwal yang kita miliki akan berdampak baik pada diri kita sendiri.

Demikian penjelasan mengenai manfaat manajemen waktu yang baik untuk bekerja dan belajar. Semoga penjelasan di atas dapat membantu, ya.