Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan Jika Diminum Secara Rutin

Saniter.co.id – Kopi merupakan salah satu minuman favorit yang banyak digemari kalangan anak muda hingga orang dewasa saat ini. Saat ini sudah banyak yang membuat brand sendiri dengan menggunakan kopi hitam sebagai menu utamanya. Namun tak hanya rasanya yang enak, manfaat kopi hitam juga bisa kamu dapatkan jika meminumnya secara rutin.

Sebagian orang yang menderita maag dan asam lambung memang tidak dianjurkan untuk meminum kopi karena dikhawatirkan akan memicu kadar asam lambung yang bisa menyebabkan perut jadi kembung dan perih. Namun bagi kamu pecinta kopi, baiknya kenali beberapa manfaat kopi hitam yang bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi tanpa gula dan dalam takaran yang benar.

Selain bisa menghilangkan rasa kantuk karena mengandung kafein yang tinggi, kopi juga berfungsi sebagai minuman penambah energi. Berbagai jenis kopi hitam yang bisa kamu minum bisa dari jenis kopi robusta atau juga arabica. Dua jenis kopi ini merupakan jenis yang paling banyak tumbuh di dataran tinggi di Indonesia.

Lantas apa saja manfaat kopi hitam bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui? Selengkapnya siimak penjelasan di bawah ini.

7 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan

manfaat kopi hitam untuk kesehatan

Mencegah penurunan fungsi otak

Rutin mengonsumsi kopi hitam ternyata bisa menjaga kualitas serta fungsi otak. Kandungan dalam kopi diyakini bisa mencegah dan menurunkan risiko terkena penyakit demensia atau Alzheimer.

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Alzheimer’s Disease, kopi hitam bisa menurunkan risiko demensia jika dikonsumsi sebanyak tiga sampai cangkir dan harus tapa gula. Manfaat ini khususnya bisa dirasakan saat kamu menginjak usia tua nanti.

Menurunkan risiko diabetes

Tahukah kamu kalau manfaat kopi hitam untuk kesehatan juga ternyata bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2? Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi hitam dapat meningkatkan tingkat sensitivitas tubuh terhadap produksi insulin. Insulin inilah yang merupakan kandungan yang harus dijaga khususnya bagi penderita diabetes.

Mencegah stres dan depresi

manfaat dari kopi hitam

Selain mengandung kafein yang tinggi, kopi hitam juga ternyata mengandung zat antidepresan yang dapat menurunkan risiko stres dan depresi. Dengan rutin mengonsumsi kopi hitam, kamu bisa merasa lebih rileks.

Dalam salah satu penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients, kelompok orang yang rutin minum kopi hitam hingga empat cangkir dalam sehari memiliki angka stres dan depresi jika dibandingkan dengan mereka yang hanya minum satu cangkir dalam sehari.

Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang menjalankan program diet, rutin minum kopi hitam juga bisa jadi pilihan untuk membantu menurunkan berat badan.

Kandungan kafein dalam kopi hitam ternyata bisa mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme. Oleh karena itu, sembari diiringi olahraga dan menjaga pola makan, berat badan juga akan jadi lebih cepat turun.

Menurunkan risiko penyakit jantung

manfaat kopi hitam

Siapa sangka jika kopi hitam juga memiliki kandungan yang bisa menurunkan risiko timbulnya penyakit jantung? Salah satu peneliti yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menjelaskan tentang keterkaitan kandungan kopi hitam dengan penyakit jantung, yang ternyata bisa menurunkan risiko penyakit mematikan ini hingga 15 persen.

Mencegah inflamasi atau radang dalam tubuh

Tak hanya mengandung kafein, kopi hitam juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Radikal bebas ini akan memicu inflamasi atau peradangan pada sel-sel tubuh.

Saat rutin mengonsumsi kopi hitam, hal ini tentu akan mencegah tubuh dari timbulnya peradangan.

Menjaga fungsi liver

Orang-orang yang rutin minum kopi hitam ternyata memiliki risiko lebih rendah mengalami kematian akibat kerusakan liver. Hal ini terdapat dalam salah satu penelitian yang dimuat di World Journal Pathology.

Minum kopi hitam hingga empat cangkir dalam sehari dapat menurunkan risiko kerusakan liver hingga lebih dari 70 persen.

Itulah beberapa manfaat kopi hitam bagi kesehatan yang harus kamu ketahui apalagi jika kamu adalah seorang pencinta kopi. Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi kopi hitam juga harus ada batasnya, dan usahakan mengonsumsinya tanpa gula untuk menghindari masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: