Rahasia dan Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Ditiru

Saniter.co.id – Meraih kesuksesan tak harus melihat dari tingkat umur, saat ini anak muda bisa mencapai kesuksesannya lebih dulu daripada generasi sebelumnya. Apa rahasia orang sukses? Umumnya mereka memiliki kebiasaan orang sukses yang bisa ditiru dan dipraktikan secara rutin tiap harinya.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari kiat orang sukses, termasuk kebiasaan yang dilakukannya hingga berpengaruh pada pencapaiannya. Di era digital saat ini, pembahasan mengenai tips menjadi orang sukses banyak dibahas oleh pebisnis, influencer, dan lainnya.

Namun, yang perlu diperhatikan pertamakali sebelum memahami lebih jauh tentang metode yang digunakan untuk menjadi sukses adalah perihal kebiasaan hidup. Terkesan simple, tetapi kebiasan hidup lah yang membuat kualitas diri semakin terasah.

Apa Rahasia Jadi Orang Sukses? Ini Kebiasan Orang Sukses yang Bisa Ditiru

kebiasaan yang membuat orang sukses

Kebiasaan hidup bukanlah satu-satunya cara yang dilakukan untuk membuat diri menjadi orang sukses. Namun, kebiasaan hidup merupakan gerbang pembuka atau langkah awal menuju kesuksesan.

Dilansir dari fimela.com dalam hacksprit (12/8), kebiasaan hidup akan membawa kesuksesan secara singkat jika dilakukan dengan rutin. Berikut adalah rincian dari kebiasaan yang membuat sukses.

Fokus pada Satu Tujuan

Multitasking atau melakukan berbagai macam aktivitas dalam satu waktu merupakan kemampuan yang cukup menguntungkan. Kelemahan dari multitasking terletak pada rendahnya waktu yang dimiliki untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan mampu terselesaikan dengan baik.

Dengan menghindari multitasking, otak akan lebih fokus menyelesaikan pekerjaan dengan tingkat produktivitas yang tinggi serta meminimalisir kesalahan. Selain itu, membuat skala prioritas juga akan mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan dengan tingkat urgensi yang tinggi.

Jangan lupa untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri sebagai apresiasi ketika berhasil menjalankan kebiasaan tersebut, tetapi jangan berlebihan.

Manajemen Waktu

manajemen waktu jadi kebiasaan orang untuk sukses

Menentukan tingkat kepentingan dalam kebiasaan ini memiliki peran yang cukup penting. Pasalnya, cara tersebut mampu mengelola tugas dengan baik dan lebih terorganisir.

Hal pertama yang bisa dilakukan unuk manajemen waktu adalah membuat jadwal dan skala prioritas pekerjaan. Dengan menggunakan kalender, daftar tugas, hingga aplikasi produktivitas yang digunakan sebagai pengatur jadwal, dapat membuat kita mampu mengalokasikan waktu dengan baik.

Pembuatan jadwal tersebut termasuk kedalam aktivitas perencanaan dan pengorganisasian. Lakukanlah aktivitas tersebut dengan membuat rencana harian, mingguan, hingga bulanan agar tugas dapat terselesaikan secara efektif. Hindari aktivitas yang membuang banyak waktu seperti bermain hp untuk games atau media sosial.

Miliki Kemauan Belajar

Meningkatkan kualitas diri bisa dilakukan dengan memiliki pola pikir yang selalu tanggap mengambil setiap peluang untuk terus belajar. Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa adanya batasan.

Dengan membaca buku di rumah, mengikuti kursus di lembaga, ikut serta dalam lokakarya, dan aktif mengikuti perkembangan bidang yang sedang ditekuni merupakan proses dari kegiatan belajar.

Rasa keinginan untuk belajar mampu memberikan informasi atau pengetahuan baru bagi setiap individu yang melakukannya. Sehingga mereka akan memahami situasi yang akan dihadapi kedepannya berdasarkan pengetahuan tersebu

Melakukan Penjurnalan

lakukan kebiasaan ini agar sukses

Kesulitan dalam menentukan arah, memiliki rasa cemas, hingga khawatir tentang pencapaian kedepannya bisa teratasi dengan membuat jurnal. Aktivitas tersebut mampu membuat pikiran menjadi lebih sehat dan rileks.

Kalian dapat mengisi jurnal tersebut dengan menuliskan pengalaman, emosi dan refleksi diri. Cara tersebut ampuh untuk melepas emosi yang tersimpan dalam diri. Jika kegiatan membuat jurnal ini dilakukan secara rutin menjelang tidur, tak akan ada lagi rasa khawatir tentang hari esok.

Otak akan merasa lebih siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi di depan. Hal ini karena jurnal yang dibuat berisikan rencana yang akan dilakukan hari esok, sehingga otak akan memproses segala kemungkinan yang terjadi dan menciptakan solusinya.

Menentukan Goals

Dalam menetapkan tujuan atau goals, metode SMART ini bisa dilakukan sebagai kebiasaan yang membuat sukses. Dalam hal ini, SMART berarti spesifik, terukur, bisa tercapai, relevan dan terikat oleh waktu.

Contoh dari aplikasi metode SMART ini seperti seorang pebisnis yang memiliki tujuan utama pada suksesnya usaha yang dibangun akan lebih sulit meraih kesuksesan, daripada mereka yang berbisnis demi tujuan menafkahi keluarga dan menjadi orang yang lebih baik.

Demikian pembahasan mengenai kebiasaan yang membuat sukses secara singkat jika mampu diaplikasikan secara rutin dan konsisten tiap harinya.

Baca Juga: