Jajanan Bandung Viral Favorit yang Enak Terkenal Selain Seblak

Saniter.co.id – Sedang viral di platform Tiktok tentang seblak Bandung buatan Rafael Tan seorang anggota boyband dari SMASH. Seblak termasuk jajanan khas dari Kota Bandung, namun masih banyak jajanan Bandung viral favorit yang enak dan terkenal untuk bisa kita jumpai loh!

Seblak sendiri adalah salah satu makanan berkuah yang pedas dengan rasa khas dan wangi kencur di dalamnya. Isian seblak bisa beragam, namun yang paling banyak dijumpai adalah kerupuk basah yang dimakan bersamaan dengan kuah pedas.

Seblak dengan berbagai macam isian seperti mie kuning, kwetiau, bakso-baksoan, ceker hingga telur orak arik yang disatukan dengan kuah membuat tampilan seblak yang pedas dengan warna merah menyala makin membuat kita ingin menikmatinya.

Namun tahukah kalian bahwa banyak lagi jajanan khas Bandung viral favorit lainnya selain seblak yang menjadi kesukaan banyak orang serta mudah ditemui di manapun. Pasalnya, harga seblak yang murah dan sudah pasti rasanya enak.

Daftar Jajanan Khas Bandung Viral Paling Favorit Selain Seblak

jajanan bandung viral

Berikut di bawah ini adalah jajanan khas bandung viral paling favorit:

Bakso Tahu Goreng (Batagor)

Batagor merupakan kepanjangan dari Bakso Tahu Goreng. Batagor ini merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang data dengan mudah kita jumpai di manapun.

Batagor disajikan serta dimakan dengan saus kacang yang khas. Apabila batagor belum digoreng maka penampilannya akan terlihat seperti siomay karena bahan bahan yang digunakan memang mirip seperti bahan dasar pembuatan siomay.

batagor

Pembuatan yang cukup simple, cukup dengan adonan dari ikan tenggiri yang dibentuk serta dimasukan ke dalam kulit pangsit lalu langsung digoreng. Kulit pangsit yang digoreng menjadi krispi serta adonan ikan di dalamnya sangat lembut menjadikan batagor makanan dengan kombinasi yang pas.

Serabi

Serabi termasuk salah satu jajanan khas Bandung yang masuk juga ke dalam jenis jajanan pasar yang paling banyak dan sering kita jumpai sehari-hari. Serabi sendiri terbuat dari campuran adonan tepung beras yang diadon bersama gula pasir serta santan kental.

Serabi juga rasanya manis seperti kue pada umumnya, namun yang menarik adalah kita juga bisa menambahkan pemanis yang dijadikan kuah untuk makan serabi, yaitu kuah yang terbuat dari gula merah yang dicairkan.

serabi

Serabi terdiri dari berbagai macam rasa serta tambahan topping seperti keju, cokelat bahkan buah-buahan seperti durian dan pisang. Ada pula serabi asin yang berisi topping sosis.

Tidak jarang surabi banyak dijadikan buah tangan bagi para pendatang yang sedang berlibur ke Bandung karena rasanya yang unik serta harga cenderung murah.

Cireng

Siapa yang tidak mengetahui jajanan khas Bandung yang satu ini. Cireng atau yang ternyata berarti aci digoreng ini juga salah satu yang menjadi kesukaan banyak orang.

cireng

Cireng merupakan adonan aci yang digoreng garing dan kering serta bisa dimakan dengan menggunakan bumbu rujak yang pedas manis. Ada berbagai macam jenis cireng yang sudah dikombinasikan menjadi lebih unik.

Ada jenis cireng salju yang di mana merupakan adonan aci yang langsung digoreng sehingga tidak ada isinya namun sangat garing, biasanya dimakan dengan kuah bumbu rujak.

Ada juga cireng isi yang biasanya berisi ayam, ati ampela, bakso dan sosis, biasanya rasanya pedas dan asin. Namun adapula cireng dengan isian keju dan paling baru dan sedang terkenal saat ini adalah cireng dengan isian tumisan jando!

Cilok

jajanan cilokjajanan cilok

Selanjutnya masih jajanan dengan berbahan dasar aci yaitu cilok. Cilok sendiri berarti aci dicolok. Cilok sangat banyak kita jumpai di jajanan yang ada di sekolah sekolah.

Cilok merupakan adonan yang terbuat dari aci serta bahan pelengkap lainnya yang dimasak dengan cara direbus. Biasanya cilok dimakan dengan bumbu kacang serta dengan cara dicolok menggunakan tusuk lidi.

Bakso Aci

bakso aci

Yang terakhir ada bakso aci. Bakso aci sama populernya dengan seblak karena dimakan dengan kuah pedas yang segar dengan tambahan perasan jeruk nipis membuatnya makin enak.

Bakso aci juga terbuat dari aci yang dibulatkan serupa dengan bakso dengan banyak pelengkap seperti cuanki, lidah, ceker, serta pilus.

Itulah beberapa jajanan khas Bandung yang paling banyak kita jumpai. Kalau kalian paling suka yang mana nih?

Baca Juga: