Hobi Mendaki? Kenali Beberapa Gunung Angker di Indonesia

Saniter.co.id – Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah perairan dan pegunungan yang tersebar di hampir semua provinsi. Kekayaan alam berupa pegunungan ini dimanfaatkan masyarakat untuk dinikmati keindahannya dengan melakukan hiking atau memanjat gunung. Gunung-gunung di Indonesia memang terkenal unik dan memiliki keindahan tersendiri. Namun, ternyata ada juga beberapa gunung angker di Indonesia yang harus kamu ketahui.

Sebelum merencanakan untuk memanjat gunung atau hiking, kamu baiknya mencari tahu dulu gunung apa yang ingin kamu kunjungi. Beberapa gunung angker di Indonesia menyimpan ceritanya masing-masing, termasuk cerita misteri dan mistis yang harus kamu ketahui agar tidak salah dalam berperilaku selama mengunjungi gunung tersebut.

Selain persiapan barang-barang bawaan yang matang, kesiapan mental juga harus kamu perhatikan sebelum memanjat gunung. Pasalnya, banyak cerita dari pendaki yang kerap menemui hal aneh saat berada di atas gunung. Kamu juga harus siap akan kondisi seperti itu, agar tahu apa yang perlu kamu lakukan.

Mitos dari masa lalu memang masih sangat melekat dengan gunung-gunung yang masih berdiri kokoh di Indonesia. Selain menyimpan keindahan yang luar biasa, namun jika salah dalam bersikap, tak jarang para pendaki akan menemui hal-hal aneh yang bisa menghantui mereka hingga mereka meninggalkan gunung.

Lantas, apa saja gunung angker yang ada di Indonesia? Berikut simak beberapa gunung yang menyimpan cerita mistis hingga dianggap paling menyeramkan.

Beberapa Gunung Angker yang Ada di Indonesia, Pendaki Harus Tahu

gunung angker di Indonesia

Gunung Salak

Gunung Salak merupakan gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Selain Gunung Semeru, Gunung Salak juga disebut-sebut sebagai gunung paling angker yang ada di Indonesia.

Para pendaki Gunung Salak sering menceritakan kejadian aneh seperti melihat sesosok makhluk halus, hingga adanya korban jiwa. Selain itu, di Gunung Salak juga tercatat sudah ada tujuh kecelakaan pesawat.

Lokasi paling angker yang ada di Gunung Salak yakni makam Mbah Gunung Salak yang berada di Kawah Ratu di puncak Gunung Salak.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani juga jadi salah satu gunung angker yang paling banyak menyimpan kisah mistis. Banyak kejadian membahayakan di gunung ini, termasuk kisah para pendaki yang mandi di mata air bernama Mata Air Aik Kalak yang disebut-sebut mistis dan menyeramkan.

gunung rinjani

Mata Air Aik Kalak disebut terasa seperti menarik para pendaki tersebut ke bagian dalam. Hal inilah yang membuat para pendaki berspekulasi bahwa mata air tersebut menyimpan cerita mistis.

Gunung Kelud

Gunung Kelud jadi salah satu gunung angker di Indonesia karena menurut cerita masyarakat setempat, ada buaya putih yang terkadang muncul di kawah gunung dan disaksikan sendiri oleh para pendaki. Namun, sosok buaya putih itu juga disebut tidak nyata, dan merupakan jelmaan dari penjaga Gunung Kelud.

Gunung Lawu

Jika pernah mendengar tentang kisah ‘pasar gaib’, maka di sinilah tempat kisah itu berasal. Gunung Lawu terletak di Jawa Tengah, dan disebut-sebut sebagai salah satu gunung paling angker di Indonesia.

Banyak pendaki yang mengalami kisah mistis seperti menemui suatu pasar yang ramai di atas gunung, namun nyatanya saat kembali pasar tersebut hanyalah pepohonan rindang. Ada juga pendaki yang seperti mendengar suara segerombolan orang sedang perang di lokasi yang saat ini diberi nama Bulak Peperangan. Untuk menyiasati keadaan tersebut, para pendaki diminta untuk tetap fokus jalan ke depan dan mengabaikan apa yang mereka dengar atau pun lihat. Jika tidak, pendaki justru akan tersesat dan tidak bisa kembali lagi ke dunia.

Gunung Semeru

gunung semeru

Bagi yang pernah menonton film “5 Cm” pasti sudah tak asing lagi dengan Gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung yang terletak di provinsi Jawa Timur dan dianggap paling angker karena menyimpan banyak cerita mistis. Selain itu, gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Namun siapa sangka bahwa Gunung Semeru jadi gunung yang dianggap paling angker. Salah satu tempat paling angker yang dipercaya masyarakat sekitar yakni Ranu Kumbolo, yang merupakan hamparan danau yang berada di kaki Gunung Semeru. Menurut cerita dari masyarakat yang beredar, penampakan seram sering muncul di Ranu Kumbolo.

Pendaki yang berkemah disekitar area sering melihat Arcopodo dan terkadang juga ada pocong. Selain itu, di sana juga dikatakan terdapat dua arca yang terkadang hilang namun tiba-tiba datang kembali.

Gunung Gede

Gunung Gede memiliki wilayah bernama Telaga Biru yang disebut-sebut angker oleh para pendaki. Menurut mereka, di Telaga Biru nampak ada sekumpulan anak-anak kecil yang berlarian mencari temannya yang hilang di area tersebut. Namun penampakan anak-anak itu pun disebut makhluk dari alam lain.

Biasanya, pendaki yang akan mengalami hal seperti ini sudah berada di jalur setelah pendakian Cibodas.

Gunung Merapi

Gunung Merapi terkenal angker dikarenakan terdapat kerajaan gaib yang dikenal dengan nama “Keraton Merapi”. Yang membahayakan dari keraton ini adalah, manusia bisa terjebak di dalamnya dan sulit untuk kembali lagi ke dunia nyata. Jika ingin kembali, manusia yang terjebak di dalamnya harus berlaku sopan dan tidak boleh memakan apa pun yang ada atau yang diberikan orang-orang di desa tersebut.

Itulah beberapa gunung angker di Indonesia yang banyak menyimpan cerita mistis. Jika ingin mendaki gunung, baiknya kamu juga harus melakukan survey terkait sejarah dan cerita apa saja yang sering terjadi di gunung yang kamu tuju. Namun, pada dasarnya di mana pun kita berada, kita harus bersikap sopan, tidak membuang sampah sembarangan atau membuat gaduh, dan membaca doa serta meminta perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

Baca Juga: