6 Film Korea Paling Sedih Sepanjang Masa yang Bikin Nangis

Saniter.co.id – Film-film Korea memang banyak mengangkat cerita realistis yang dikemas dalam adegan-adegan hangat, termasuk film-film bergenre melodrama yang dijamin bakal bikin kamu menangis saat menontonnya. Beberapa rekomendasi film Korea paling sedih ini bisa kamu tonton di akhir pekan atau di waktu luang.

Beberapa negara yang terkenal dengan industri perfilman paling maju memang kerap memproduksi film-film dengan genre drama atau melodrama yang mengangkat kisah sedih yang tak main-main. Tak hanya bikin menangis, beberapa film Korea paling sedih ini juga akan memberikan kamu sudut pandang baru terhadap suatu keadaan, yang pastinya dijamin bakal bikin pikiranmu lebih terbuka.

Lantas, film Korea paling sedih sepanjang masa apa saja yang memiliki cerita yang sangat menyentuh namun juga memilukan? Berikut simak beberapa ulasan film yang bisa kamu tonton.

Beberapa Film Korea Paling Sedih

Pawn

film pawnfilm pawn

Kamu direkomendasikan untuk nonton film ini minimal satu kali seumur hidup. Film “Pawn” dirilis pada tahun 2020 dan dibintangi oleh Sung Dong Il, Park So Yi, Kim Hee Won, dan Ha Ji Won.

Mengisahkan tentang seorang anak kecil bernama Seung Hee dan ibunya yang menjadi imigran gelap di Korea Selatan. Karena sang ibu tertangkap, ia terpaksa meninggalkan sang anak kepada rentenir yang mengejarnya sebagai jaminan.

Namun, kedua rentenir tersebut mau tak mau harus mengurus Seung Hee sampai ia dijemput sang ibu. Lama berselang, sang ibu pun tidak datang karena suatu alasan. Kedua rentenir akhirnya terpaksa mengurus Seung Hee dan menyekolahkan anak tersebut hingga ia dewasa. Seung Hee bahkan telah menganggap salah satu rentenir terus sebagai ayahnya, dan satu rentenir lagi adalah pamannya.

Sejak bertemu Seung Hee kehidupan dua rentenir tersebut berubah drastis. Mereka pun meninggalkan pekerjaan mereka dan mulai berusaha menjalani hidup yang baik bersama Seung Hee. Hingga ia dewasa, kejadian menyedihkan yang tak terduga pun terjadi.

Seung Hee tiba-tiba kehilangan sang ayah angkat hingga bertahun-tahun, dan terus mencarinya bersama sang paman. Hingga suatu hari mereka pun bertemu di sebuah rumah sakit jiwa. Sang ayah yang sudah sangat tua tak ingat dengan Seung Hee, sementara Seung Hee masih memperlakukannya selayaknya sang ayah yang terakhir kali ia temui.

Kamu dijamin bakal tersentuh dengan cerita Seung Hee bersama dua rentenir. Untuk itu film ini sangat direkomendasikan jika kamu ingin mencari suasana mellow dan sedih.

Miracle in Cell No 7

Film ini dirilis pada tahun 2013 dengan alur cerita mundur. Dibintangi Kal So Won dan Ryu Seung Jun, film ini sukses menjadi film Korea paling sedih sepanjang masa.

Mengisahkan seorang ayah yang difabel yang tinggal berdua saja dengan anaknya yang masih SD. Suatu hari, sang ayah dituduh melakukan pelecehan seksual dan pembunuhan terhadap anak-anak, yang menyebabkan sang ayah dihukum mati.

Sadar dengan ketidakberdayaannya, sang ayah yang saat itu mendapat tekanan dan ancaman dalam sel tahanan mau tidak mau mengakui perbuatan yang tidak dilakukannya sama sekali demi melindungi sang anak.

Yang membuat film ini sedih yakni perjuangan sang anak yang mencoba untuk membawa pulang sang ayah hingga sang anak pun menyelundupkan diri ke dalam sel tahanan dibantu oleh teman-teman satu sel sang ayah.

Bagi yang menonton film ini juga jangan lupa sedia tisu, karena dijamin bakal buat kamu menangis sesenggukan.

Hope

film hope

Film “Hope” merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang korban pedofilia di Korea Selatan. Film ini berkisah tentang anak bernama So Won, yang dalam perjalanan ke sekolahnya bertemu dengan pria paruh baya yang mabuk kemudian melecehkannya secara fisik dan seksual. So Won pun dilarikan ke rumah sakit dan harus menderita kecacatan seumur hidup karena ulah pelaku.

Dirilis pada 2013, film ini akan mengisahkan bagaimana keluarga So Won bertahan melawan musibah keras yang menimpa anaknya, serta trauma So Won pasca dirinya sadar.

Wedding Dress

Wedding Dress” merupakan film lawas yang dirilis pada 2010. Dibintangi Song Yoon Ah dan Kim Hyang Gi, kamu juga bakal dibuat menangis tersedu-sedu saat menonton kisah ibu dan anak ini.

Ko Won merupakan ibu tunggal yang bekerja sebagai desainer gaun pernikahan. Ia memiliki anak bernama So Ra yang masih SD. So Ra merasa Ko Won sangat sibuk sehingga harus mandiri di usianya yang masih kecil. Konflik ibu dan anak kecil ini terlihat cukup relate dengan kehidupan ibu dan anak pada umumnya. Namun, suatu hari So Ra menemukan fakta bahwa sang ibu menyembunyikan penyakit kanker mematikan karena tidak ingin membuatnya khawatir.

So Ra pun hidup dengan lebih mandiri lagi agar sang ibu tidak khawatir padanya. Kepura-puraan So Ra sebagai anak yang kuat dijamin bakal bikin kamu menangis sejadi-jadinya, mengingat bahwa So Ra akan hidup seorang diri di usianya yang masih kecil.

My Annoying Brother

Film Korea yang satu ini dibintangi oleh D.O EXO dan Cho Jung Suk. Mengisahkan tentang kehidupan kakak dan adik yang kembali bertemu setelah sang kakak keluar dari penjara.

Keduanya yang tidak akur terpaksa harus hidup satu rumah lagi. Sang adik yang merupakan atlet judo mengalami kebutaan karena cidera saat bertanding. Atas alasan inilah sang kakak bisa dapat keringanan hukuman dan keluar dari penjara, karena harus merawat sang adik yang cacat dan tidak punya keluarga lagi.

Namun bukannya merawat sang adik, sang kakak justru memanfaatkannya. Hingga suatu hari hubungan keduanya mencapai konflik, dan terkuak fakta baru bahwa si kakak menderita penyakit parah. Sejak itulah sang kakak berusaha untuk menjadi kakak yang baik bagi adiknya.

Be With You

film be with you

Jika kamu suka dengan genre fantasi, film Korea paling sedih ini bisa jadi pilihan. Dibintangi Son Ye Jin dan So Ji Sub, film ini menceritakan tentang kehidupan seorang suami yang ditinggal mati oleh istrinya. Sebelum meninggal, sang istri berjanji akan menemuinya satu tahun kemudian.

Keajaiban pun terjadi terhadap keduanya. Entah bagaimana caranya, sang istri benar-benar kembali pada suaminya, namun tidak mengingat semua kenangan mereka.

Itulah beberapa rekomendasi film Korea paling sedih yang wajib kamu tonton minimal satu kali seumur hidup. Alur kisah yang menarik dan sangat menyentuh dijamin tidak akan membuat kamu bosan.

Baca Juga: