Doa Untuk Orang Meninggal (Perempuan dan Laki-laki)

Doa Untuk Orang Meninggal adalah sebuah informasi yang harus kita ketahui sebagai seorang individu. Terkhusus bagi kamu yang memeluk agama Islam atau seorang Muslim.

Pada dasarnya berdoa bertujuan sebagai bentuk berserah diri serta pengharapan pada Allah. Doa Untuk Orang MeninggaI ini juga merupakan salah satu bentuk berserah diri pada Yang Maha Kuasa.

Jadi oleh sebab itu untuk kamu yang ingin memperluas edukasi mengenai doa yang harus dipanjatkan ketika mendengar kabar meninggal, silahkan simak di poin pembahasan dari admin saniter.co.id di bawah ya.

Pengertian Doa Untuk Orang Meninggal

Pengertian Doa Untuk Orang Meninggal

Doa Untuk Orang MeninggaI adalah doa yang dipanjatkan ketika mendengarkan kabar berpulangnya keluarga atau kerabat maupun sesama Muslim ke pangkuan Yang Maha Kuasa.

Pembacaan doa ini adalah salah satu dari sekian banyak syariat Islam yang harus kita ikuti. Hal ini dikarenakan dalam hadits telah dijelaskan dengan seksama dan rinci.

Bahwa orang yang telah meninggal sangat membutuhkan dan mengharapkan kiriman doa dari orang-orang yang masih berada di dunia. Dan semua jenis doa yang kita beri tersebut memiliki makna yang sangat besar bagi sang arwah.

Maka dari itu, membacakan Doa Untuk Orang MeninggaI ini sangatlah dianjurkan bagi para umat Muslim karena manfaatnya tidak hanya kepada almarhum atau almarhumah saja melainkan juga untuk diri sendiri.

Baca juga: Teks Asmaul Husna dan Artinya Lengkap 99 (Arab & Latin)

Mengapa Penting Memanjatkan Doa Untuk Orang Meninggal?

Memanjatkan doa bagi orang yang telah berpulang sangatlah penting. Hal ini karena selain untuk mengirimkan doa dan permohonan ampun terkait sang arwah, doa tersebut juga berdampak pada kita.

Di dalam doa itu terdapat amalan amalan baik yang bisa membawa pahala dari Allah SWT, dan jika pahala tersebut diniatkan akan bermanfaat kepada orang yang telah meninggal dunia tersebut.

Selain itu, pentingnya membaca doa untuk orang yang telah berpulang ini juga akan sesuai dengan fitrah manusia yang akan senang jika dapat bermanfaat pada orang lain, termasuk yang telah meninggal dunia.

Tata Cara dan Tips Melangsungkan Doa Untuk Orang Meninggal

Sebelum kita memanjatkan Doa Untuk Orang MeninggaI, alangkah baiknya agar kita memperhatikan tata cara dan tips yang dianjurkan agar doa tersebut sah dan diterima.

  1. Berikut adalah tata cara Doa Untuk Orang Meninggal yang dapat disimak di bawah ini:
  2. Langkah pertama, sebelum mulai berdoa pastikan seluruh pikiran dan isi hati telah dalam keadaan yang tenang. Hal ini berefek pada fokus dan konsentrasi ketika berdoa dan agar doa tersebut diterima.
  3. Sebelum mulai berdoa alangkah baiknya membaca Al-Fatihah terlebih dahulu dan menyebut nama orang yang telah meninggal dunia tersebut
  4. Langkah selanjutnya adalah membaca doa tersebut dengan memperhatikan arah kiblat. Tak hanya itu, berdoa menggunakan bahasa Arab yang benar lebih disunahkan. Namun tidak apa-apa jika hanya menggunakan bahasa Indonesia.
  5. Ketika melangsungkan doa, gunakan suara yang tenang dan tidak merusak fokus. Seperti melantunkan doa dengan nada lembut dan lain sebagainya.
  6. Doa ini disunahkan untuk segera dipanjatkan ketika orang baru saja meninggal. Pembacaan ini sebagai bentuk kepedulian dan hormat kita terhadap almarhum atau almarhumah
  7. Pastikan pemanjatan doa tersebut dilakukan dengan ikhlas dan tulus serta dari hati. Hal ini karena segala hal yang dilakukan dengan hati yang tulus lebih mudah sampai dan diterima oleh Allah SWT

Doa Untuk Orang Meninggal yang Lengkap

Doa Untuk Orang Meninggal yang Lengkap

Dalam poin pembahasan yang satu ini kita akna membahas terkait Doa Untuk Orang Meninggal yang lengkap. Terdapat beberapa doa serta ada perbedaan untuk doa laki-laki dan perempuan.

Berikut adalah Doa Untuk Orang MeninggaI:

1. Doa Saat Mendengar Kabar Duka

Innalillahi wainna ilaihi raji’uun, wainna ilarabbinalamunqalibun, allahummaktubhuindaka fil muhsinin, wajjaal kitabahu fi’illiyyin, wakhlufhu fiahlihi filkhabirin, walaa tahrimnaa ajrahuwalaa taftinnaa ba’dahu

Artinya adalah ‘Sesungguhnya engkau adalah milik Allah SWT dan hanya kepada-Nya lah kamu akan kembali. Dan sesungguhnya kepada Allah SWT kami akan kembali.

Ya Allah tulislah ia di sisi-Mu dalam golongan orang-orang yang baik. Jadikan catatannya di illiyyin. Ganti ia di keluarganya dari orang yang meninggalkan.

Dan janganlah pahalanya bagi kami Engkau haramkan dan jangan Engkau beri fitnah kepada kami setelahnya’

2. Doa Untuk Orang Meninggal Wanita (Perempuan) Muslim

Allahuummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wafuanhaa waakrim nuzulahaa wawassikmadgholaha waghsilha bilmaaiwatstsalji walbaroddi wanaqqihi minal khothoyyaa

kamaa yunnaqqotssaubul abyadlu minnaddanassi waabdilhudaaronkhoirom mindaarihi waahlankhoironminahlihi wazaujan khorionminzaojihi waadkhil huljannata waaidzhu minaadzaabilwobri wafitnatihi waminaadzaabinaar

Artinya adalah ‘Ya Allah ampunilah rahmatilah bebaskan dan lepaskanlah dia. Muliakan tempat tinggal dan luaskanlah ia.

Muliakanlah tempat tinggal, luaskan jalan masuknya, cuci ia dengan air yang jernih dan sejuk, serta bersihkan ia dari seluruh kesalahan layaknya baju putih bersih tanpa kotoran. Dan berilah ganti rumahnya dengan rumah yang lebih baik dari yang ditinggalkannya.

Dan keluarga yang lebih baik dari yang telah ditinggalkannya, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah ia ke dalam syurga, dan lindungilah dirinya dari siksa kubur serta fitnah, dan dari siksa api neraka.’

3. Doa Untuk Orang Meninggal Laki-Laki (Pria) Muslim

Allahuummaghfirlahuu warhamhuu wa’aafihuu wafuanhuu waakrim nuzulahuu, wawassikmadgholahu waghsilhu bilmaaiwatstsalji walbarodd wanaq-qihi minal khothoyyaa

kamaa yunnaqqotssaubul abyadho minnaddanass, waabdilhudaaronkhoirom mindaarihi waahlankhoironminahlihi

wazaujan khorionminzaojihi waadkhil-huljannata waaidzhu minaadzaabilqobri waadzabinaar

Artinya adalah ‘Ya Allah ampunilah dirinya, kasihani, beri kekuatan, maafkan dia, serta tempatkanlah dirinya di tempat yang mulia (surga)

Luaskanlah kuburnya, mandikan ia dengan air jernih nan sejuk, bersihkan ia dari seluruh kesalahan layaknya Engkau membersihkan baju putih bersih tanpa kotoran.

Berilah ganti keluarga atau istrinya di surga dengan yang lebih baik dari keluarga atau istrinya yang ada di dunia, dan masukkanlah ia ke syurga dan jaga ia dari siksa kubur dan api neraka.’

Keutamaan dan Tujuan Membaca Doa Untuk Orang Meninggal

Di agama Islam tentu penting teruntuk kita sebagai makhluk yang masih hidup untuk mendoakan orang yang telah berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa.

Hal ini karena Doa Untuk Orang Meninggal ini memiliki keutamaan dan tujuannya tersendiri yang dapat disimak di bawah ini:

1. Sebagai Bentuk Kepedulian

Memanjatkan doa untuk orang yang telah berpulang adalah salah satu bentuk kita untuk menunjukkan rasa peduli kita terhadap mereka dan keluarga mereka.

Hal ini karena dalam doa ini mencakup rasa hormat, perhatian, serta kasih sayang kita terhadap roh atau arwah mereka yang telah meninggalkan kita di dunia.

2. Sebagai Pahala dan Berkah Bagi Almarhum

Doa yang telah kita sumbangkan tersebut sebenarnya memberikan berkah dan pahala kepada orang yang telah meninggal tersebut.

Sebab di dalam doa tersebut kita meminta dan memohon kepada Allah SWT agar dosa-dosanya diampuni, dan memohon agar mereka ditempatkan di tempat yang paling baik yakni surga.

3. Bentuk Simpati Terhadap Keluarga yang Ditinggalkan

Pembacaan doa ini juga merupakan salah satu bentuk simpati dan pemberian ketenangan kepada keluarga serta orang-orang yang ditinggalkan oleh almarhum atau almarhumah

Dengan membaca doa ini, dapat menjadi dukungan dan penghiburan untuk keluarga serta agar mereka tenang dan sadar bahwa almarhum atau almarhumah adalah sosok yang baik.

4. Refleksi Terhadap Diri Sendiri Terkait Maut dan Akhirat || Doa Untuk Orang Meninggal

Sebagai pembaca doa, ini menjadi pengingat juga bagi kita bahwa maut tidak ada yang tahu dan kematian bisa saja ada di depan mata kita.

Membaca doa ini juga sebagai legitimasi pengingat kesadaran bahwa kehidupan ini fana dan sementara dan akhirat adalah tempat yang abadi bagi kita.

Dengan begitu kita akan selalu mempersiapkan amal saleh dan melakukan perbuatan baik agar siap menghadapi hari kematian yang suatu saat akan datang menjemput kita

5. Sebagai Amal Jariyah Bagi Orang yang Telah Meninggal || Doa Untuk Orang Meninggal

Saat kita membacakan doa bagi orang yang telah meninggal tersebut, maka hal itu akan dihitung sebagai amal jariyah bagi almarhum.

Amal jariyah sendiri merupakan amal yang akan terus memberi manfaat terhadap orang yang melakukannya bahkan selepas mereka berpulang ke pangkuan Sang Khalik.

Dengan memanjatkan doa secara terus menerus, itu akan menjadi sumber pahala bagi almarhum atau almarhumah dan akan terus mengalir juga untuk kita.

Hal yang Diperhatikan dalam Membaca Doa Untuk Orang Meninggal

Dalam melangsungkan pembacaan Doa Untuk Orang MeninggaI, terdapat beberapa hal yang harus kamu pahami dan perhatikan agar tidak salah dan doa kamu dapat diterima oleh Allah SWT.

1. Jangan Lupa Sucikan Diri

Mensucikan dan membersihkan diri sebelum membaca doa adalah hal yang paling utama dan harus dilakukan. Hal ini karena kebersihan adalah hal paling utama sebelum melakukan ibadah.

Silahkan basuh dan bersihkan bagian tubuh yang kurang bersih dengan air bersih sebelum melakukan Doa Untuk Orang Meninggal ini.

2. Membaca Al Fatihah Terlebih Dahulu

Membaca Surat Al Fatihah ini merupakan salah satu anjuran sebelum kamu melanjutkan membacakan Doa Untuk Orang MeninggaI ini.

Al Fatihah sendiri dibaca dengan niat meminta permohonan bagi almarhum atau almarhumah. Dan Al Fatihah ini sendiri tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang masih hidup.

Melainkan juga orang yang telah meninggal dunia. Hal ini karena Surat Al Fatihah adalah surat yang memiliki banyak sekali keutamaan.

3. Menyebut Nama Almarhum atau Almarhumah Untuk Memperjelas

Ketika kamu sedang mengirimkan doa, kamu dapat menyebut nama lengkap dari almarhum atau almarhumah. Hal ini bertujuan agar doa tersebut sampai kepada mereka dan diterima.

Pembacaan nama dengan lengkap ini juga sesuai dengan perkataan Ibnu Sholah yaitu untuk meperjelas tujuan dari doa tersebut.

4. Usahakan Di Tempat yang Tenang

Memanjatkan doa bisa dimana saja, namun alangkah baiknya jika berdoa di tempat yang tenang dan tidak banyak orang yang sekiranya akan mengganggu.

Hal ini dapat doa bisa dipanjatkan dengan tenang dan khusyuk serta konsentrasi tidak terpecah belah ke hal lain.

Waktu Untuk Membaca Doa Untuk Orang Meninggal

Pembacaan doa bagi orang yang telah meninggal dunia ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tetapi terdapat beberapa waktu yang dianjurkan untuk membacakan doa tersebut.

1. Saat Jenazah Sedang Dishalatkan

Ketika jenazah almarhum atau almarhumah telah selesai dimandikan dan ditutup kain kafan, umat Muslim wajib melakukan shalat jenazah.

Dalam shalat jenazah ini akan dibacakan beberapa doa, dan salah satunya adalah doa meminta ampunan teruntuk orang yang telah meninggal.

2. Ketika Pemakaman Berlangsung

Saat pemakaman tengah berlangsung dan jenazah siap untuk dikuburkan, maka disunahkan atau dianjurkan bagi para pelayat untuk berdoa dan memohon ampun bagi almarhum atau almarhumah.

Doa tersebut bisa berupa meminta ampun, memohon rahmat, serta permintaan agar orang yang telah berpulang tersebut ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya.

3. Usai Proses Pemakaman

Selepas rangkaian proses pemakaman rampung, para hadirin atau pelayat dapat membacakan doa untuk orang yang telah meninggal tersebut.

Doa tersebut bisa dilangsungkan di pemakaman tersebut maupun di tempat layak lainnya seperti rumah.

4. Dalam Hari-Hari Tertentu

Dalam agama Islam, ada beberapa hari yang dianjurkan agar kita memanjatkan doa untuk orang yang telah berpulang. Seperti hari Jumat, 1 Muharram, dan 15 Sya’ban.

FAQ

Apa Tujuan Doa Untuk Orang Meninggal?

Tujuan membaca Doa Untuk Orang MeninggaI ini sangat beragam, yakni untuk almarhum dan juga untuk diri sendiri.

Untuk almarhum sebagai bentuk memohon ampun serta meminta agar ditempatkan di tempat yang paling baik, dan untuk diri sendiri berupa pengingat akan maut yang bisa datang kapan saja.

Apa Hukum Membaca Doa Untuk Orang Meninggal?

Dalam hal ini hukum membacakan Doa Untuk Orang MeninggaI adalah sangat dianjurkan terutama ketika melaksanakan shalat jenazah.

Hal ini karena dalam agama Islam pembacaan doa dapat menjadi amal jariyah bagi almarhum atau almarhumah.

Doa Untuk Orang MeninggaI adalah informasi yang mengenai doa Muslim ketika mendengar kabar berpulangnya sesama manusia yang perlu diketahui.

Kamu juga bisa menemukan berbagai macam jenis artikel lainnya terkait dengan topik yang pastinya beraneka ragam dan tidak kalah edukatif dan inspiratif dalam laman situs ini.

Semoga informasi yang telah kami paparkan mengenai Doa Untuk Orang MeninggaI ini dapat memberikan manfaat dan memperluas wawasan bagi para pembaca.