Doa Sholat Hajat Terlengkap Beserta Tata Cara Shalat Hajat

Doa Sholat Hajat, Sholat hajat adalah suatu Ibadah sunnah yang dapat dilakukan oleh seorang muslim. Apabila seorang muslim tersebut memiliki suatu hajat atau keinginan yang tentunya dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Ketika melakukan sholat hajat ini hendaknya seorang umat muslim harus harus berdoa setelah melaksanakan sholat. Doa apa sajakah yang Mustajab yang akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Maka oleh karena itulah admin Saniter.co.id artikel ini akan dibahas mengenai doa-doa setelah salat hajat yang dapat dipanjatkan oleh umat muslim yang merupakan salah satu wasilah atau sarana kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala..

Apa itu Sholat Hajat ?

Apa itu Sholat Hajat

Bukan hanya memanjatkan doa dan juga keinginan untuk didengar oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Ternyata mengabulkan yang dimiliki oleh umat muslim. bukan itu saja salat ini juga dilakukan agar umat muslim terhindar dari balak dan bahaya.

Apabila seorang muslim mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupannya Maka Ia membutuhkan Allah SWT untuk tempat berlindungnya. Maka dengan melaksanakan salat hajat ini merupakan salah satu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Karena dengan melaksanakan salat ini merupakan salah satu sarana yang tepat bagi seorang muslim agar dapat mendapatkan suatu keinginannya. Dan insya Allah doa-doa yang mereka panjatkan akan dijabah oleh Allah SWT.

Salat ini juga diperuntukkan apabila seorang muslim membutuhkan suatu pertolongan dari Allah SWT untuk mengatasi dari berbagai macam bahaya. Salat ini juga dipercaya dapat memenuhi Mustajab seorang hambanya dan juga memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contohnya apabila ada seorang muslim ingin sekali lolos dalam suatu pekerjaan untuk menjadi salah satu pegawai dari perusahaan ternama. Maka salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan salat hajat.

Insya Allah apabila seorang muslim melaksanakan salat hajat dengan Ikhtiar sungguh-sungguh kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka insya Allah keinginan dari seorang muslim tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Waktu Yang Tepat Untuk Sholat Hajat

Waktu Yang Tepat Untuk Sholat Hajat

Apabila seorang muslim membutuhkan suatu pertolongan yang besar maka Rasulullah telah menganjurkan bahwa kepada hambaNya. Untuk tidak sekedar hanya berdoa tetapi juga melakukan salat Sunnah atau salat hajat.

Salah pencet ini dilakukan dengan dua rakaat di mana salat ini bertujuan agar dapat meminta bantuan atau keinginan dari hajat seseorang agar dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Lalu kapan waktu yang tepat bagi seorang muslim untuk melaksanakan Sholat sunnah ini.

Pada umumnya Sholat Sunnah hajat ini dapat dilakukan kapanpun oleh seorang muslim. akan tetapi terdapat larangan untuk melakukan salat ini pada waktu setelah Sholatsubuh sampai dengan matahari terbit.

Bukan itu saja seorang muslim juga tidak boleh menjalankan salat ini ketika waktu Ashar sampai dengan matahari tenggelam. Adapun waktu yang baik bagi seorang muslim untuk melaksanakan salat hajat Mustajab adalah ketika malam hari.

Lebih bagus lagi apabila ia mendirikannya di sepertiga malam di bagian akhir. Agama Islam mengajarkan bahwa seperti Allah merupakan waktu di mana Allah SWT turun dari langit terendah untuk menyaksikan para hambanya yang sedang beribadah.

Dikenakan Allah SWT sangat senang apabila melihat hamba yang beribadah dan rela meninggalkan Tidurnya yang nyenyak demi meminta pertolongan kepada dirinya. Niscaya semua keinginan dari seorang hamba tersebut akan dikabulkannya.

Hukum Sholat Hajat

Hukum Sholat Hajat

Sama saja dengan penjelasan di atas bahwa Sholat hajat sendiri memiliki Hukum Sunnah. Bagaimana telah disebutkan dalam kitab fiqih bahwasanya para ulama telah menyatakan bahwa shalat hajat sebagai bagian dari pembahasannya.

Doa Sholat Hajat, Sholat hajat adalah suatu Ibadah sunnah yang dapat dilakukan oleh seorang muslim. Apabila seorang muslim tersebut memiliki suatu hajat atau keinginan yang tentunya dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Ketika melakukan sholat hajat ini hendaknya seorang umat muslim harus harus berdoa setelah melaksanakan sholat. Doa apa sajakah yang Mustajab yang akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Sayyid Sabiq dalam kitab fiqih sunnah Lalu ada juga Syekh Mustofa Al Bukhari di kitabnya yang berjudul fiqih manji Ia menjelaskan. Bahwa shalat hajat ini memiliki hukum sunnah. Shalat Sunnah ini dapat dilakukan seorang muslim dengan melaksanakan minimal dua Rakaat.

Dan juga terdapat jumlah maksimal dari pelaksanaan salat ini sebanyak 12 rakaat. umat muslim dapat melaksanakan salat ini hanya satu kali dalam satu hari. Namun dalam Islam disarankan untuk membaca doa setelah melaksanakan sholat hajat sebaiknya dilakukan sebanyak 7 Kali.

Apabila seorang muslim memiliki keinginan untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Maka ia disarankan untuk memanjatkan doa setelah melaksanakan sholat hajat selama 7 malam sampai keinginan yang ia inginkan tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.

Keutamaan Sholat Hajat

Keutamaan Sholat Hajat

Sholat hajat ini sendiri menjadi salah satu bentuk dari ikhtiar seorang muslim yang disarankan oleh Rasulullah untuk dilakukan terutama untuk mendapatkan pertolongan serta mengabulkan keinginan dari seorang muslim.

Oleh karena itu salat ini banyak sekali memiliki keutamaan di dalamnya. maka Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai keutamaan apa saja yang dimiliki oleh shalat hajat ini.

1. Keinginannya Akan Allah SWT Kabulkan

Keutamaan yang pertama dari salat ini adalah menjadi salah satu dari banyaknya Ibadah sunnah. gimana salat ini merupakan salat dikhususkan untuk meminta permohonan untuk dikabulkan Allah SWT dengan cepat dan mudah.

Jadi Shalat 5 menit lagi keutamaan dari melaksanakan shalat hajat ini Tentunya apapun keinginan atau hajat dari keperluan seorang muslim yang ingin sekali diijabah doanya oleh Allah SWT Maka insya Allah akan terkabulkan melalui salat ini.

2. Allah Akan Meninggikan Derajatnya

Dengan mengerjakan shalat hajat ini bukan hanya bagus bagi seorang muslim tetapi juga sangat bagus untuk urusan yang ada di dunia dan juga di akhirat.

Bagi seorang muslim yang menunaikan atau melaksanakan ibadah salat ini dengan bersungguh-sungguh. Niscaya Allah akan mengampuni dosanya serta akan meninggikan derajat hambanya tersebut.

3. Dicintai Allah SWT

Keutamaan shalat yang dimiliki oleh salat ini adalah akan dicintai oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Bukan hanya melakukan ibadah shalat wajib saja apabila seorang muslim melaksanakan salat ini akan mendapatkan banyak sekali pahala.

Allah SWT telah menjanjikan pada seluruh hambanya bahwasanya pahala hambanya yang rajin melaksanakan ibadah salat sunah kan berlipat ganda. Sholatsunah hajat ini juga banyak sekali Memberikan manfaat tambahan bagi seorang muslim yang melaksanakannya.

Apabila seorang muslim tersebut mendirikan salat wajib secara rutin dan juga ditambah dengan berbagai macam shalat sunnah. Niscaya bahwa ia akan semakin dicintai oleh Tuhannya yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan menjalankan ibadah salat hajat itu merupakan salah satu bentuk dari seorang muslim untuk mendekatkan dirinya kepada Allah SWT. Saat seorang muslim memiliki suatu masalah atau keinginan yang besar.

Maka ia dapat mencoba untuk Berserah diri kepada Allah atau tawakal. Dimana tawakal merupakan suatu ikhtiar terakhir yang dapat dilakukan seorang muslim. Dengan melaksanakan shalat hajat ini seorang muslim berharap bahwa kesulitannya akan dihindari.

4. Diampuni Dosanya || Doa Sholat Hajat

Apabila seorang muslim memperbanyak Ibadah sunnah maupun wajib maka Allah menjanjikan akan menghapuskan dosa-dosa dari seorang umatnya tersebut.

jadi apabila seorang muslim mencoba untuk menjalankan ibadah dengan baik dan benar dan khusyuk maka Allah akan meninggikan derajatnya.Dikarenakan Allah selalu akan mengampuni semua dosa-dosa dari umatnya yang telah dilakukan.

Dengan syarat apabila hambanya dengan khusyuk mau rutin untuk melaksanakan salat wajib setelah salat Sunnah seperti salat hajat. Maka Allah akan memberikan pengampunan yang begitu besar dan tulus kepada hambaNya tersebut.

5. Mempercepat Doa Terkabul || Doa Sholat Hajat

Bukan hanya dosanya akan diampuni oleh Allah SWT ternyata dengan melaksanakan salat hajat ini juga memiliki keutamaan yang lebih besar. Dimana apabila seorang muslim rutin melaksanakan ibadah salat Sunnah ini niscaya Allah akan mempercepat terkabul doanya.

Oleh karena itulah seorang muslim yang taat dianjurkan untuk menunaikan ibadah salat ini apabila ia mempunyai keinginan. Ataupun kepentingan yang dimana ia merasa itu sangat mendesak untuk dapat dikabulkan keinginannya oleh Allah SWT.

Dengan melakukan salat ini maka segala macam hajat atau keinginan dimiliki seorang muslim tersebut insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT. Baik itu persoalan mengenai pendidikan karir jodoh maupun rezeki dan segala macam hal yang umat muslim membutuhkan.

6. Dapat Terhindar Dari Bahaya || Doa Sholat Hajat

Apabila seorang muslim mengalami kesulitan dalam hidupnya. Maka Rasulullah telah menganjurkan untuk pengikutnya untuk melaksanakan salat hajat secara rutin dan melakukan doa setelahnya.

Untuk doa itu sendiri salah satunya adalah meminta pertolongan untuk terhindar dari bahaya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dimana dengan berharap bahwa dengan membaca doa tersebut Allah akan mengangkat segala macam kesulitan dan mempermudah segala urusan.

Allah selalu memberikan pertolongan untuk hambanya yang selalu meminta pertolongan padanya. Dan menggantungkan dirinya serta harapannya kepada Allah SWT secara bersungguh-sungguh.

Yakinlah Bahwasanya Allah SWT tidak hanya melindungi hambanya ketika hamba tersebut sedang mengalami kesulitan. Akan tetapi Allah SWT selalu menjaga para hambanya dari berbagai macam marabahaya yang akan menimpanya.

Jadi keutamaan dari salat hajat ini banyak sekali manfaatnya bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri yang akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tetapi Juga dapat mengangkat semua kesulitan yang dihadapi dalam kehidupan.

7. Bisa Bersama dengan Rasulullah Ketika Di Surga || Doa Sholat Hajat

Tentunya Siapa saja orang yang hidup di dunia ini ketika meninggal dunia akan mengharapkan untuk masuk surga. Dengan melaksanakan shalat hajat ini juga merupakan salah satu cara untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Gimana bagi setiap orang muslim yang melaksanakan salat hajat ini Niscaya akan dimasukkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’Ala Ke dalam surganya. Dimana Iya kelak akan tinggal bersama-sama dengan Rasulullah SAW.

Jadi disarankan bagi seorang muslim untuk melaksanakan salat hajat ini dengan rutin setiap malamnya. Dimana ia berdoa untuk ditempatkan di surga kelak bersama Rasulullah SAW.

8. Mendapatkan Perasaan Yang Tenang || Doa Sholat Hajat

Keutamaan ketika melaksanakan salat ini ialah akan memberikan perasaan tentang bagi seorang muslim apabila melaksanakannya. Dimana ia akan diberikan perasaan tenang oleh Allah SWT pada hati serta pikirannya untuk menjalankan ibadah ini.

Walaupun ini hanya melaksanakan ibadah salat Sunnah akan tetapi seorang muslim tersebut dapat Ditenangkan hatinya. Terlebih lagi apabila seorang muslim tersebut sedang banyak sekali ditimpa oleh masalah.

Dengan melaksanakan salat ini Allah akan memberinya rasa tenang dan menjernihkan pikirannya. Serta masalah yang akan di alami oleh hambanya tersebut akan diringankan oleh Allah SWT ketika mengadu kepada dirinya.

Jadi bagi seorang muslim tidak Perlu khawatir apabila terdapat banyak masalah dalam kehidupannya. Karena Allah SWT tidak pernah meninggalkan hambanya dan selalu akan menolong hambanya .

9. Menumbuhkan Rasa Ikhlas || Doa Sholat Hajat

Apabila seorang muslim melaksanakan shalat hajat ini maka ia akan mampu menumbuhkan rasa ikhlas dalam diri seorang muslim. Apalagi jika seorang muslim tersebut rutin menjalankan ibadah salat hajat ini.

Maka salat ini akan membuat hati seseorang merasa Ikhlas untuk menerima apapun yang nantinya merupakan takdir yang diberikan oleh Allah SWT. Walaupun ketika ia menerima cobaan yang bertubi-tubi.

Dengan melaksanakan salat ini maka umat seorang muslim akan sadar bahwa hanya Allah tempatnya. Dengan melaksanakan salat ini maka seorang muslim akan sadar bahwa hanya Allah tempatnya untuk meminta Pertolongan.

Dan ia pun akan sadar bahwa Hanya Allah lah tempatnya mencurahkan semua kesedihan yang dialami semasa di dunia. Maka dari salat inilah umat Islam akan belajar lebih Ikhlas untuk mendapatkan berbagai cobaan diberikan oleh Allah SWT.

Oleh karena itulah apabila seorang muslim rutin melaksanakan salat hajat ini, maka Ia akan selalu merasa ikhlas ketika diberikan cobaan oleh Allah SWT dalam kehidupannya di dunia.

Doa Setelah Sholat Hajat Huruf Arab

Di bawah ini merupakan doa setelah seorang muslim melaksanakan sholat hajat yang insya Allah akan dijabah oleh Allah SWT. Doa yang akan disampaikan pada kali ini merupakan doa yang ditulis dalam tulisan Arab dapat dilihat sebagai berikut.

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Huruf latin

Doa Setelah Sholat Hajat Huruf Arab

La ilaha illallahul halimul kari. Subhanallahi rabbil ‘arsyil karimil azhim. Alhamdulillahi rabbil alamin. As Aluka mujibati rahmatik, wa ‘aza’ima maghfiroti, waghanimati min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada’i dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la qadhaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya :

‘’Kejatuhan selain Allah yang Maha lembut dan juga Maha mu. Masya Allah yang selalu menjaga aksi yang agung. segala puji bagi Allah Tuhan alam semesta. aku mohon kepadamu ya Allah bimbinglah amal sesuai rahmatmu mencetak ketetapan ampunanmu untuk meraih kesempatan sebanyak kebaikan perlindungan dari segala macam dosa. Jangan engkau berikan kepadaku dosa yang tersisa padaku dan tapi ampunilah. jangan juga kau tinggalkanku dalam keadaan yang bimbang, dan bebaskanlah aku. dan jangan juga engkau Terangkan aku yang sedang memiliki keinginan sesuai ridhomu karena itu penuhilah keinginanku wahai tuhan yang maha pengasih.’’

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai doa sholat hajat, di mana salat hajat ini dapat oleh seorang umat muslim apabila sedang memiliki keinginan atau hajat yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT. Sampai jumpa pada pembahasan yang bermanfaat berikutnya.

Simak artikel lainnya agar kamu makin mengerti soal agama :