Niat Dan Doa Setelah Sholat Hajat : Keutamaan & Tatacaranya

Doa Setelah Sholat Hajat – Ketika seorang Muslim menghadapi kesulitan dalam hidup dan merasa perlindungan hanya bisa ditemukan di sisi Allah, sholat hajat dapat menjadi pilihan. Dalam situasi ini, sholat hajat direkomendasikan sebagai tindakan sunah untuk memohon pertolongan-Nya.

Sholat hajat juga memiliki tujuan untuk mendapatkan perlindungan Allah dari berbagai ancaman. Keyakinan bahwa sholat hajat mampu mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan hidup membimbing umat Muslim dalam berdoa.

Misalnya, jika seorang Muslim yang berharap berhasil dalam seleksi dalam sebuah kompetisi yang cukup banyak peminatnya dan sudah berusaha dengan sungguh-sungguh. Kemudian menjalankan sholat hajat adalah bentuk rasa harap kepada Allah agar diberikan kemudahan.

Dengan melaksanakan sholat hajat yang tulus, mungkin keinginan seorang hamba tersebut untuk menjadi pemenang dalam kompetisi tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Pengertian Sholat Hajat Lengkap

Sekilas Tentang Pengertian Sholat Hajat

Sholat hajat adalah salah satu amalan sunah yang dapat dijalankan oleh umat Muslim. Ketika seseorang memiliki keinginan atau hajat yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT, maka sholat hajat dapat dilaksanakan. Namun, apakah terdapat doa khusus yang sebaiknya dibaca setelah menunaikan sholat hajat agar dikabulkan?

Selain niat yang tulus, seorang Muslim juga perlu memahami dan menghafalkan doa yang dianjurkan setelah sholat hajat. Doa setelah sholat hajat yang mustajab diucapkan merupakan wadah untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

Tidak hanya sebagai sarana untuk mengungkapkan hajat kepada Allah, sholat hajat juga mencerminkan usaha seseorang dalam mencari keridhaan-Nya. Amalan ini adalah bagian dari upaya agar keinginan terkabul dan agar terhindar dari ancaman dan cobaan.

Kapankah Waktu Yang Tepat Untuk Melaksanakan Sholat Hajat?

Kapankah Waktu Yang Tepat Untuk Melaksanakan Sholat Hajat

Apabila kebutuhan seorang hamba sangat mendesak dan memerlukan pertolongan, Nabi sendiri telah mengajarkan umat-Nya untuk tidak hanya berdoa, melainkan juga melaksanakan sholat sunnah dua rakaat yang dikenal sebagai sholat hajat. Sebagai seorang Muslim, diminta untuk mengutamakan pelaksanaan sholat hajat.

Namun, kapan sebaiknya sholat hajat dilakukan? Pada dasarnya, sholat hajat dapat dilakukan kapan saja. Kecuali pada waktu-waktu tertentu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat. yakni setelah sholat subuh.

Demikian juga, sholat hajat tidak dianjurkan setelah waktu ashar hingga matahari terbenam. Waktu yang paling baik untuk melaksanakan sholat hajat yang mustajab adalah pada malam hari.

Lebih disarankan lagi jika sholat hajat dilakukan pada sepertiga malam terakhir dan juga diiringi dengan membaca doa setelah sholat hajat yang mustajab. Islam mengajarkan bahwa pada waktu ini, Allah turun ke langit terendah untuk melihat hamba-Nya yang sedang beribadah dan rela meninggalkan tidur nyenyak mereka.

Hukum Mengenai Sholat Hajat Bagi Umat Muslim

Hukum Mengenai Sholat Hajat Bagi Umat Muslim

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hukum mengenai sholat hajat adalah sunnah. Beberapa ulama telah memasukkan sholat hajat ke dalam pembahasan fiqih.

Menuqil dari hadis Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad, bahwa Rosulullah SAW bersabda yang artinya :

“Barangsiapa yang melakukan wudhu dengan sempurna, lalu menunaikan sholat dua rakaat (Sholat Hajat) dengan sempurna pula, maka Allah akan memberikan apa yang ia mohon, entah dengan segera atau lambat” (HR. Ahmad)

Jika melihat dari hadis tersebut sudah jelas bahwa hukum melaksanakan sholat hajat adalah sunnah yang diperintahkan oleh Rosulullah SAW.

Sholat sunnah ini minimal dapat dikerjakan dalam 2 rakaat, dengan jumlah maksimal 12 rakaat. Seorang muslim dapat melaksanakan sholat hajat sekali dalam sehari.

Namun, sebaiknya seorang hamba tersebut mengulang bacaan doa setelah sholat hajat jodoh dan rezeki yang mustajab sebanyak 7 kali setiap malam.

Jika memiliki harapan yang ingin dikabulkan oleh Allah, disarankan untuk berdoa setelah sholat hajat jodoh dan rezeki selama 7 malam hingga Allah SWT mengabulkan keinginannya.

Kelebihan Dan Keutamaan Dari Sholat Hajat Yang Dikabulkan

Merupakan salah satu tindakan usaha yang sangat dianjurkan untuk dilakukan, tentu terdapat banyak sekali kelebihan yang bisa diperoleh melalui pelaksanaan sholat hajat ini.

Berikut adalah beberapa keutamaan dari menjalankan sholat hajat :

Permintaan kepada Allah SWT Dikabulkan

Sebagai salah satu jenis ibadah sunah, sholat hajat adalah bentuk sholat yang secara khusus dijalankan untuk berdoa setelah sholat hajat jodoh dan rezeki kepada Allah agar keinginan umat Muslim dapat dipermudah oleh Allah SWT.

Jadi, nilai utama dari melaksanakan sholat hajat pastinya terletak pada fakta bahwa segala macam keperluan, aspirasi, dan kepentingan yang sangat diharapkan untuk dikabulkan oleh Allah SWT akan diijabahi melalui pelaksanaan sholat ini.

Peningkatan Derajat di Mata Allah

Melakukan ibadah sholat sunah hajat tidak hanya memiliki manfaat bagi urusan duniawi, tetapi juga di kehidupan akhirat.

Orang Muslim yang menjalankan sholat hajat dengan penuh ketulusan, Allah akan mengampuni dosa-dosanya serta meningkatkan kedudukannya di hadapan-Nya.

Mendapatkan Kasih Sayang Allah SWT

Tidak hanya ibadah sholat wajib yang memperoleh pahala besar, ibadah sholat sunah pun demikian. Allah SWT telah menjanjikan pahala besar bagi hamba-Nya yang dengan rajin melaksanakan sholat sunah.

Sholat sunah hajat memiliki potensi memberikan manfaat tambahan kepada umat Muslim yang berkomitmen melaksanakannya. Ketika seorang Muslim secara rutin menunaikan ibadah wajib dan melengkapi dengan berbagai sholat sunah, maka dia akan semakin mendekati kasih sayang Allah SWT.

Melakukan sholat hajat adalah bentuk bagaimana seseorang mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta. Ketika menghadapi masalah atau memiliki keinginan besar, cobalah untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada-Nya.

Tawakal adalah tindakan terakhir yang bisa diambil oleh umat Islam. Dengan sholat hajat, seorang Muslim yang merasa kesulitan akan semakin mendekatkan diri kepada Allah dan dianugerahi kasih sayang-Nya.

Pengampunan Atas Dosa-Dosa

Orang Muslim yang tekun menjalankan ibadah wajib dan sunah, Allah telah berjanji untuk menghapus dosa-dosanya. Jadi, ketika seseorang melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan khidmat, Allah tidak hanya akan meningkatkan kedudukannya.

Benar, Allah SWT juga akan mengampuni segala dosa yang pernah diperbuat oleh umat Muslim tersebut. Ketika hamba-Nya konsisten dalam melaksanakan sholat hajat, Allah akan memberikan pengampunan yang tulus dan sepenuh hati.

Mendapatkan Kebahagiaan Dengan Sholat Hajat

Ada banyak manfaat yang luar biasa ketika melaksanakan sholat hajat dengan penuh keyakinan. Umat Muslim yang konsisten dalam menjalankan ibadah sholat sunnah ini akan merasakan berbagai kelebihan yang tak terhingga. Berikut adalah beberapa keutamaan penting dari pelaksanaan sholat hajat:

Membuat Doa Terkabul Lebih Cepat

Tak hanya dosa yang diampuni, ternyata sholat hajat memiliki manfaat lainnya. Umat Muslim yang rajin melaksanakan sholat sunnah ini akan mempercepat doa setelah sholat hajat jodoh dan rezeki yang ia panjatkan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, sebagai hamba yang taat, agar melaksanakan sholat hajat ketika ada keinginan atau kepentingan yang mendesak untuk dipermudah oleh-Nya.

Dengan demikian, segala impian yang dimiliki akan segera dikabulkan oleh Allah. Baik itu berkenaan dengan pendidikan, pasangan hidup, karier, rezeki, atau masalah-masalah lain yang tengah dihadapi.

Perlindungan Dari Ancaman Bahaya

Ketika seseorang dihadapkan pada kesulitan, disarankan untuk melaksanakan sholat hajat mustajab dan terus berdoa. Setelah sholat, bacalah doa yang ditujukan setelah sholat hajat. Salah satu bagian doa setelah sholat hajat yang mustajab tersebut berisi permohonan pertolongan kepada Allah SWT.

Dengan membaca doa setelah sholat hajat mustajab, segala kesusahan dan masalah dapat menjadi lebih mudah dengan bantuan Allah. Allah senantiasa memberikan pertolongan kepada hamba-hamba-Nya yang dengan sungguh-sungguh memohon bantuan-Nya.

Percayalah bahwa Allah tidak hanya melindungi saat dalam kesulitan, tetapi juga senantiasa menjaga dari berbagai ancaman bahaya.

Dengan begitu, sholat hajat tidak hanya bertujuan agar kepentingan seseorang dikabulkan oleh Allah, tetapi juga untuk menyelamatkannya dari kesulitan yang sedang dihadapi.

Bersama Rasulullah Di Surga

Harapan setiap manusia di dunia adalah mendapatkan surga di akhirat. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah melalui pelaksanaan sholat hajat. Salah satu keistimewaan dari menjalankan sholat hajat mustajab adalah anugerah surga dari Allah.

Umat Muslim yang tekun dalam menjalankan sholat hajat akan diberi hadiah surga dan berkesempatan tinggal di sana bersama Rasulullah SAW. Oleh karena itu, sangat baik bagi umat Muslim untuk menjaga pelaksanaan sholat hajat agar kesempatan mendapatkan surga semakin besar.

Mendapatkan Ketenangan Batin

Kelebihan lain dari rajin melaksanakan shalat hajat adalah mampu memberikan ketenangan batin bagi umat Muslim. Allah akan memberikan ketenangan pada hati dan pikiran mereka yang menjalankan ibadah ini.

Meskipun shalat ini bersifat sunnah, namun ia mampu mendatangkan ketenangan. Terutama saat dihadapkan pada berbagai masalah. Hati yang tenang akan membawa kejernihan pikiran. Dengan demikian, masalah dapat diatasi dan perasaan menjadi lebih tenang setelah berserah diri kepada Allah SWT.

Jadi, tidak perlu khawatir terhadap masalah yang dihadapi, karena Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya sendirian.

Memupuk Rasa Ikhlas

Keistimewaan lain dari melaksanakan sholat hajat mustajab adalah mampu memupuk rasa ikhlas dalam diri seorang Muslim.

Rajin melaksanakan ibadah sholat hajat mustajab akan membuat seorang Muslim menjadi ikhlas dalam menerima segala takdir yang Allah tentukan. Saat Allah memberikan ujian dan kesulitan berturut-turut, seorang hamba diingatkan bahwa hanya Allah tempat berharap.

Hanya kepada Allah, bisa menyampaikan segala kesedihan yang dialami. Dari situ, seorang hamba belajar untuk ikhlas dan sabar menghadapi ujian dari Allah. Sholat hajat mustajab juga menjadi cara untuk memupuk rasa ikhlas dalam diri.

Menguatkan Rasa Tawakal

Dengan melaksanakan ibadah sholat sunnah hajat mustajab, keyakinan tumbuh bahwa hanya Allah, satu-satunya yang bisa mengabulkan segala kebutuhan seorang hamba.

Dengan perasaan ini, seorang Muslim akan semakin kuat dalam merasakan rasa tawakal dalam hatinya. Rasa tawakal ini akan semakin menguat seiring waktu, didasari oleh rasa ikhlas yang tumbuh dalam hatinya.

Mengendalikan Kebutuhan Dan Bersyukur

Ketika seorang Muslim melaksanakan sholat hajat, hatinya akan dirasuki oleh ketenangan. Dalam kondisi hati yang tenang, tentunya seorang hamba akan belajar untuk mengendalikan keinginan dan kebutuhannya. Melalui ibadah sholat hajat, ia akan belajar untuk selalu bersyukur atas segala yang telah dimiliki.

Inilah Bacaan Niat Dan Doa Setelah Sholat Hajat Jodoh Dan Rezeki

Setelah mengetahui pengertian dan dan juga keutamaan melaksanakan sholat hajat, maka rasanya tidak komplit jika belum hafal bacaan niat doa sholat hajat.

Dari itu penulis akan merangkum bacaan niat doa setelah sholat hajat jodoh dan rezeki yang dapat dibaca ketika seorang hamba melaksanakan sholat hajat.

Niat Sholat Hajat

Salah satu rukun sholat adalah niat, sehingga ketika seseorang melaksanakan sholat hajat namun tidak ada niat, maka sholat tersebut tidaklah sah.

Adapun bacaan niat sholat hajat seperti dibawah ini :

أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى

Usholli sunnatal hajati rokataini lillahi ta’ala.

Aratinya :

Sengaja aku sholat sunnah hajat dua raka’at karena Allah ta’ala

Doa Setelah Sholat Hajat Jodoh Dan Rezeki

Selain bacaan niat sholat hajat, setelah melaksanakannya sebaiknya membaca doa sesuai dengan apa yang menjadi hajat keinginan seorang hamba.

Untuk lebih mudahnya bacaan doa setelah sholat hajat jodoh dan rezeki dapat dilihat dibawah ini :

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya :

Tiada Tuhan selain Allah, Yang Maha Lembut dan Maha Mulia. Maha Suci Allah, Pemelihara Arsy Yang Agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Aku memohon kepada-Mu petunjuk dalam beramal, dengan rahmat-Mu, pengampunan yang pasti, peluang mencapai kebaikan sebanyak-banyaknya, dan perlindungan dari dosa-dosa. Janganlah engaku biarkan ada satu dosa pun yang tersisa pada diriku, tetapi ampunilah. Jangan pula biarkan aku merasa ragu, maka bebaskanlah. Jangan Kau tinggalkanku, yang tengah berhajat, tanpa memperkenankan sesuai dengan keridhaan-Mu, oleh karena itu, kabulkanlah hajatku. Wahai Tuhan Yang Maha Penyayang.

Tatacara Pelaksanaan Sholat Hajat

Jika seorang Muslim berniat untuk menjalankan ibadah sholat sunnah hajat , maka hendaklah mengikuti tata cara yang telah ditetapkan dalam Islam. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diikuti dalam melaksanakan sholat hajat:

  1. Membaca niat sholat hajat
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca doa iftitah (sunnah)
  4. Membaca Surat Al-Fatihah
  5. Membaca surat apapun yang terdapat dalam Al-Quran
  6. Rukuk
  7. I’tidal (bangkit setelah rukuk)
  8. Sujud pertama
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Bangkit dan melakukan gerakan yang sama dengan rakaat pertama
  12. Akhiri dengan duduk tasyahud akhir
  13. Salam
  14. Kemudian membaca doa setelah sholat hajat yang mustajab

Demikianlah artikel yang dapat disampaikan penulis terkait bacaan doa setelah sholat hajat berikut manfaat serta tatacara mudah untuk melaksanakannya.

Semoga bermanfaat….

Baca Juga :