Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Sesuai Sunnah

Saniter.co.id | Doa Sebelum Belajar – Belajar atau menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim lelaki atau perempuan, bahkan saking wajibnya diumpamakan untuk terus belajar meskipun sampai ke negeri china.

Dengan menuntut ilmu maka seorang muslim dapat berjihad melawan kebodohan, sehingga tidak tertinggal oleh zaman namun tetap berakhlak.

Bagi para pelajar atau siapapun yang akan belajar baik menuntut ilmu agama maupun ilmu dunia ada baiknya berdoa terlebih dahulu.

Sebagai bukti permohonan kepada Allah atas ilmu yang dipelajari agar mudah dipahami dan dimengerti serta diberikan kekuatan untuk mengamalkannya.

Kewajiban Seorang Muslim Untuk Belajar Dan Menuntut Ilmu

Ilmu adalah milik Allah SWT yang termaktub dalam salah satu sifat Allah yakni “Ilmu”, meskipun demikian sebagai manusia diberikan akal. Untuk menimba ilmunya Allah sebagai alat atau sarana menempuh perjalanan hidup yakni mengabdi kepada Allah.

Terkait kewajiban manusia untuk menuntut ilmu Rasulullah SAW menyampaikan sabda-Nya dalam sebuah hadis yang populer yakni sebagai berikut :

HR Ibnu Majah

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ

Tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin wawadhi’ul ilmi ingda ghoiri ahlihi kamu qollidil khonaa ziiril jauharo wallu’lua wadzahabi.

Artinya :

“Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim, dan barang siapa yang menanamkan ilmu kepada yang tidak layak seperti yang meletakkan kalung permata, mutiara, dan emas di sekitar leher hewan.” (HR Ibnu Majah).

HR Ahmad

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Man arodad dunya fa’alaihi bil ilmi, waman aroodal aakhirota fa’alaihi bil ilmi waman aroodahuma fa’alaihi bil ilmi.

Artinya :

“Siapa saja yang menginginkan dunia, maka tempuhlah dengan ilmu. Dan siapa saja yang menginginkan akhirat maka tempuhlah dengan ilmu, dan siapa saja yang menginginkan keduanya (yakni dunia dan akhirat) maka tempuhlah dengan ilmu.” (HR Ahmad).

HR.Muslim

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فيه عِلْمًا سَهَّلَ الله له بِهِ طَرِيقًا إلى الْجَنَّةِ

Wamang salaka thoriiqon yaltamisu fiihi ilman sahhalallhu lahuu bihii thoriiqon ilal jannah

Artinya :

“Siapa saja yang menempuh satu jalan untuk memperoleh ilmu, maka Allah SWT akan memudahkan baginya jalan untuk menuju surga.” (HR.Muslim)

Dari beberapa hadis yang tertera diatas menunjukkan betapa wajib dan pentingnya menuntut ilmu, sehingga Rasulullah SAW memerintahkan untuk menuntut ilmu. Beliau SAW juga menyampaikan ganjaran yang nantinya didapatkan oleh seseorang yang menuntut ilmu.

Janji Allah SWT Bagi Orang Yang Berilmu

Janji Allah SWT Bagi Orang Yang Berilmu

Allah akan memberikan ganjaran yang besar bagi seorang muslim yang menuntut ilmu, salah satunya adalah yang terdapat didalam AL-Qur’an surat Al-Mujadalah ayat 11.

Al-Mujadillah ayat 11

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Yā ayyuhal-lażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥū fil-majālisi fafsaḥū yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzū fansyuzū yarfa‘illāhul-lażīna āmanū minkum, wal-lażīna ūtul-‘ilma darajāt(in), wallāhu bimā ta‘malūna khabīr(un).

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan didalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Dari ayat tersebut diatas sudah sangat jelas bahwa Allah SWT mewajibkan hambanya untuk terus belajar atau menuntut ilmu. Terutama ilmu akhirat sebagai bekal untuk memberikan jalan terbaik saat berpulang menghadap Allah SWT.

Bahkan dalam sebuah kisah yang merujuk pada hadis Rasulullah SAW, termaktub di dalam kitab Riyadus Sholihin. Ketika ada ahli ibadah sedang sholat ada setan yang berencana mengganggu ahli ibadah terbut.

Akan tetapi ketika setan masuk ada seorang alim yang tidur tidak jauh dari ahli ibadah, tidak lama kemudian setan lari kencang.

Sehingga dalam perjalanan setan bertemu Rasulullah SAW dan setan tersebut ditanya kamu kenapa larinya kebut banget.

Setan menjawab ada orang alim yang sedang tidur khawatir ia bangun dan membenarkan sholatnya oleh ahli ibadah. Alhasil ketika Allah dan Rasulnya sudah memerintahkan untuk belajar atau menuntut ilmu tentu saja perintah tersebut memiliki keutamaan yang cukup besar.

Beberapa Pilihan Bacaan Doa Sebelum Belajar

Beberapa Pilihan Bacaan Doa Sebelum Belajar

Bagi seorang muslim yang akan belajar atau menuntut ilmu agar ilmu tersebut mudah dipahami dan mendapatkan banyak keberkahan saat belajar.

Maka sebaiknya membaca doa terlebih dahulu yakni sebagai sarana untuk meminta pertolongan kepada Allah agar ilmu yang dipelajari mendatangkan keberkahan.

Berikut dibawah ini beberapa pilihan bacaan doa sebelum belajar yang dapat diamalkan atau diterapkan bagi umat muslim.

Doa Sebelum Belajar Islam Secara Umum

Seperti yang telah disampaikan di atas terkait anjuran untuk membaca doa sebelum belajar terutama bagi seorang muslim maka secara umum doa yang dapat dibaca adalah seperti ini.

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ ,رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً ,رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Latin : Rodhitu billahi robbaa, wabil islaamidiina, wabimuhammadin nabiyya warosuulla. Robbii zidnii ilman nafi’a warzuqnii fahmaa.

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berikanlah aku penjelasan ilmu yang baik.

Selain doa di atas ada juga doa sebelum belajar yang umum dibaca oleh umat muslim yakni seperti dibawah ini.

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin :

Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah ‘alainaa bima’rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin.”

Artinya :

“Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karunia Mu bagi kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih”

Kedua doa tersebut diatas sesuai dengan pembahasannya yakni umum yang dapat dibaca sebelum belajar dalam kondisi apapun. Bahkan bisa juga dibaca oleh seorang muslim sebelum ia melakukan aktivitas dalam pekerjaannya.

Doa Sebelum Belajar Di Sekolah

Sekolah merupakan tempat utama pelajar menuntut ilmu sehingga banyak orang tua yang memasukkan anaknya sekolah dengan harapan dapat belajar dengan baik.

Akan tetapi di zaman ini sebagai orang tua harus jeli memilih tempat belajar atau sekolah untuk masa depan anaknya yang lebih baik.

Karena banyak juga sekolah yang terkadang tidak sejalan dengan syariat islam dalam praktik pembelajarannya. Sehingga menghasilkan anak yang menentang kepada orang tua dan semisalnya.

Kembali lagi kepada doa sebelum belajar di sekolah tentunya seorang guru mengajarkan doa kepada siswanya sebelum memulai belajar.

Dengan harapan agar ilmu yang disampaikan oleh seorang guru dapat diserap dengan baik, bahkan dapat diamalkan sebagai jariah ilmu yang berkesinambungan.

Adapun bacaan doa sebelum belajar di sekolah dapat dilihat dibawah ini :

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latin : Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam min lisaani yafqohu qoulii

Artinya :

Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Doa tersebut sebenarnya sudah familiar di telinga para pelajar, bahkan sebenarnya doa diatas menukil dari Al-qur’an surat Thoha ayat 25-28.

Yakni mengisahkan tentang nabi musa yang diberikan pilihan oleh Fir’aun untuk memilih sepotong roti atau bara Api. Namun demi menyelamatkan sang nabi Allah SWT memerintahkan malaikat jibril untuk mengarahkan tangan nabi musa memilih bara api dan dimakan.

Dari hal tersebut Fir’aun tidak jadi membunuh bayi Musa As, dan dari dampak itulah nabi musa lidahnya cedal karena terbakar bara api.

Dalam perjalanan dakwah beliau Nabi Musa As berdoa kepada Allah seperti doa diatas yakni agar ilmu atau wahyu yang Allah sampaikan mudah untuk disampaikan kepada umatnya.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Belajar

Doa sebelum belajar sangat dianjurkan untuk dibaca bahkan tidak luput ketika seorang guru dalam kelas menyampaikan kepada siswanya. Untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum belajar dimulai.

Tentu saja hal ini tidak luput dari keutamaan yang ada didalam doa tersebut, berikut dibawah ini beberapa keutamaan membaca doa sebelum belajar.

Dapat Menumbuhkan Percaya Diri

Keutamaan pertama akan didapatkan oleh seorang muslim yang membaca doa sebelum belajar yakni dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Dalam kondisi belajar percaya diri sangat diutamakan, karena ketika minder dan merasa tidak mampu mempelajari ilmu tersebut akan menimbulkan kesulitan pada diri seorang siswa.

Mendatangkan Kemudahan Dalam Belajar

Setiap orang yang belajar atau menuntut ilmu tentu saja menginginkan kemudahan dalam belajarnya, dengan hal tersebut insya Allah mudah pula memahami ilmu yang disampaikan oleh seorang guru.

Salah satu manfaat membaca doa sebelum belajar yakni dapat mendatangkan kemudahan bagi seseorang yang sedang belajar.

Menajamkan Pikiran Dan Melunakkan Lidah

Ketika ingin memiliki pikiran yang cerdas dan lidah yang tidak kaku ketika berbicara dalam sebuah majelis ilmu atau tempat belajar. Maka salah satu solusinya adalah membaca doa sebelum belajar.

Doa Sesudah Belajar

Berkaitan dengan doa sebelum belajar tentunya tidak terlepas dari doa sesudah belajar, dimana doa ini dibaca sebagai salah satu ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Karena telah diberikan kesempatan untuk menimba ilmu milik Allah, kesempatan tersebut berupa kesehatan, kemampuan dan kecerdasan yang pada dasarnya semua itu milik Allah.

Selain itu doa sesudah belajar dibaca untuk memohon kepada Allah agar ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat baik untuk urusan dunia maupun akhirat.

Adapun bacaan doa sesudah belajar adalah seperti dibawah ini :

Doa Sesudah Belajar Memohon Petunjuk

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Latin :

Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tiba’ahu, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinabahu.”

Artinya :

“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Doa Sesudah Belajar Membaca Al-qur’an

Setelah belajar membaca Al-Qur’an juga sangat dianjurkan untuk membaca doa yang telah diajarkan oleh para ulama, doa tersebut memiliki makna yang sangat luar biasa.

Berikut dibawah ini bacaan doa sesudah belajar membaca Al-Qur’an :

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Latin :

Allahumarhamni bilquraan. Waj’alhu lii imamaw wa nuro wa hudaw wa rohmah. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atro fannahaar waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya :

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.

Baca Juga :