Doa Qunut Versi Pendek dan Panjang Terlengkap Arab dan Latin

Doa Qunut sendiri memiliki arti atau makna ketaatan yang diiringi dengan kerendahan hati. Contohnya ketika Allah berfirman kepada hadrat Maryam Allah mengatakan: Hai Maryam tadilah Tuhanmu dengan taat dan sempurna.

Ketika melaksanakan salat biasanya Qunut adalah sebuah doa yang kita bacakan pada saat masuk rakaat kedua setiap shalat. Maka pada artikel ini akan dibahas mengenai doa qunut yang dibacakan dalam sholat.

Tentunya bagi seorang muslim sudah tidak asing lagi dan tahu bahwa doa qunut ini tidak kalah esensial karena dapat membantu memohon petunjuk perlindungan kepada Allah SWT. Maka langsung saja pada Saniter.co.id hari ini akan dijelaskan mengenai doa qunut.

Penjelasan Lengkap Mengenai Doa Qunut

Penjelasan Lengkap Mengenai Doa Qunut

Lagunya adalah suatu doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umatnya. Biasanya doa ini dibaca saat menjalankan ibadah salat subuh. tepatnya ketika masuk rakaat kedua setelah membaca al-fatihah dan surat pendek.

Doa qunut ini terdiri dari beberapa kalimat yang isinya berupa pujian kepada Allah SWT, permohonan ampun memohon perlindungan serta pertolongan dari Allah SWT. Doa ini biasanya dibacakan pada rakaat kedua salat subuh.

Dimana shalat subuh merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilaksanakan seorang muslim. Shalat subuh ini memiliki keistimewaan sendiri dikarenakan dilakukan pada saat fajar. tentunya ketika fajar ini masih banyak sekali orang yang tidur.

Oleh karena itulah salat ini menjadi salah satu waktu yang tepat untuk memohon perlindungan serta pertolongan dan juga keberkahan dari Allah SWT. Doa qunut ini menjadi bagian penting ketika melaksanakan salat subuh.

Dikarenakan doa ini seorang muslim dapat menyampaikan betapa rasa syukur kepasrahan. Serta mohon perlindungan dan juga mohon pertolongan kepada Allah SWT untuk menjalani berbagai tantangan dalam kehidupan.

Bukan hanya itu saja ketika seorang muslim mengamalkan doa ini secara rutin pada salat subuh. Maka akan memberikan banyak sekali manfaat yang signifikan secara spiritual maupun psikologis dari seorang muslim.

Oleh karena itu penting sekali bagi seorang muslim untuk mengamalkan doa qunut ini dalam setiap shalat subuh yang ia laksanakan sehari-harinya.

Bacaan Doa Qunut Arab, Latin, Dan Beserta Artinya

Bacaan Doa Qunut Arab, Latin, Dan Beserta Artinya

Salah satu ciri khas hamba yang rendah hati ketika ia sedang beribadah Ia adalah seseorang yang senantiasa meminta petunjuk dari Tuhannya. Ketika seorang Muslim berdoa untuk mengungkapkan rasa syukur serta rasa terima kasih kepada Tuhannya.

Maka kewajiban utama dari seorang muslim adalah untuk memohon kebaikan serta ampunan dari Allah SWT dalam waktu baik maupun dalam keadaan buruk. Allah SWT pernah menyebutkan dalam ayat Al Quran yang berbunyi :

Kenapa Bila seorang hambaku bertanya kepadamu wahai Muhammad tentang aku, maka sesungguhnya aku sangatlah dekat. Aku akan mengabulkan semua permohonan hambaku apabila ia berdoa kepadaku. Maka hendaklah mereka harus memenuhi seruanku dan hendaklah mereka beriman kepadaku agar mereka mendapatkan petunjuk yang lurus.”
(Surah Al-Baqarah Ayat 2:186)

Doa qunut adalah suatu doa yang dilantunkan ketika salat subuh yang dalam bahasa Arab memiliki arti Qunoot, Makna dari ini ialah berdiri. Sebagaimana pada istilah fiqih yang berartinya doa atau pujian kepada Allah SWT.

Yang doa ini dibacakan pada rukun salat tertentu saat berada dalam posisi i’tidal atau sedang berdiri. Doa Ini pertama kali dikenalkan Wali Rasulullah SAW ketika ia sedang menghadapi berbagai kesulitan selama masa awal kenabiannya di Mekkah .

Ketika seorang muslim memahami makna dan hikmah dibalik doa ini. maka ia akan menghargai pentingnya doa ini dan akan selalu mempraktikkannya pada setiap shalatnya. Dengan mengikuti tata cara serta bacaan Alquran yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Maka dengan mengamalkan ini seorang muslim akan memperdalam keimanan serta ketaatannya sebagai salah satu umat muslim. dengan melaksanakan doa qunut pada setiap shalat subuh akan meningkatkan manifestasi dari ketaatan dan kerendahan hati.

Ketika seorang muslim menyampaikan permohonan serta harapannya kepada Allah SWT. Serta permohonan ampun dan perlindungan serta petunjuknya dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada di dunia.

Bacaan Doa Qunut Subuh Panjang

Bacaan Doa Qunut Subuh Panjang

Berikut dibawah ini merupakan doa shalat subuh yang panjang dalam tulisan Arab atau bahasa Arab adalah sebagai berikut ini.

Selanjutnya bagi kalian yang masih belum bisa lancar membaca tulisan Arab, maka tulisan Latin doa qunut tulisan panjang sebagai berikut ini.

‘’Allahummahdini fiiman haadaiit. wa’ aafinii fi man aafaiit. wa tawallani fiiman tawalaiit. wa baarik lii fii ma a’thaiit. Wa qinni birahmatika syarramaa qadhaiit. Fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaiik. Wa’innahu la yazillu man walait. Wa la yaizzu man’ adait. Tabarakta robbana wa ta’alait, Falakal hamdu a’la ma qadhait. Astghfiruka wa atubu ilaik, Wa shallahu ‘ala sayyidina muhammadin Nabiyyil ummiyyi Wa’ala alihi wa shahbihi Wa sallam.’’

Artinya :

‘’Ya Allah Berilah kepadaku petunjuk di antara orang-orang yang engkau beri petu, serta, dan Tolonglah diriku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikan, dan aku karena Sesungguhnya engkau yang berhak memutuskan dan diputuskan atasmu, dan ke Maha Suci engkau Wahai tuhanku yang lagi Maha Tinggi”

3 Macam Doa Qunut

Pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai jenis doa qunut dan menjelaskannya secara lengkap. Jadi doa qunut merupakan suatu doa yang dibaca ketika shalat khususnya pada shalat subuh atau dan juga witir.

Terdapat tiga macam dokumen yang dikenal secara umum seperti doa qunut nazilah, doa Qunut witir, dan doa qunut subuh. Selanjutnya langsung saja akan dibahas mengenai tiga macam doa qunut ini simak penjelasannya sebagai berikut ini.

1. Doa Qunut Nazilah

Doa Nazila ini biasanya dibacakan oleh seorang muslim ketika menghadapi situasi yang darurat atau bencana ketika terjadinya perang bencana alam ataupun kondisi krisis lainnya. Kemudian nazilah membantu untuk perlindungan serta pertolongan kepada Allah SWT.

Dan juga memohon keberkahan dari Allah SWT ketika sedang menghadapi situasi berbahaya tersebut. Isi dari doa ini seorang muslim memohon agar ia diberikan kemudahan serta kekuatan untuk mengatasi berbagai cobaan yang sedang dihadapi.

2. Doa Qunut Witir

Selanjutnya ada doa qunut Witir dimana doa ini dibacakan pada rakaat ketiga ketika melaksanakan shalat witir. Yang dimana shalat Witir ini merupakan suatu salat sunah yang dilakukan setelah shalat Isya berlangsung.

Salat Witir ini dikerjakan dengan jumlah rakaat yang ganjil dengan minimal rakaat satu rakaat serta maksimalnya 11 rakaat. Pembacaan doa qunut pada Witir dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT serta memohon perlindungan dari godaan setan.

3. Doa Qunut Subuh

Yang terakhir adalah doa qunut Subu. gimana doa ini dibacakan pada rakaat kedua ketika melaksanakan salat subuh. Dimana shalat subuh ini merupakan shalat wajib dilakukan pada setiap Fajar tiba.

Salat subuh dapat membantu untuk memohon diberikannya keberkahan Hidayah serta perlindungan dari Allah SWT selama sepanjang hari berlangsung. Dan juga dalam Doa ini kita memohon agar diberikan kesempatan untuk beribadah dan menjalankan amal yang sholeh.

Sebenarnya ada Qunut ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memohon kebaikan serta perlindungan dan juga petunjuk dari Allah SWT. Akan tetapi setiap jenis kulit memiliki konteks penggunaan pada waktu yang berbeda atau tertentu ketika pelaksanaannya.

Dalil Doa Qunut

Doa yang satu ini merupakan salah satu bagian dari shalat yang telah dianjurkan untuk dibaca ketika shalat subuh Dan juga witir. Meskipun sering dibacakan pada salat-salat tertentu Tapi doa ini juga sering dibacakan pada salat salat sunah la lainnya.

Seperti pada saat-saat tertentu ketika melaksanakan shalat Istisqa atau salat ghaib. Dimana doa qunut ini dibacakan ketika melaksanakan shalat tersebut. Pertama-tama Orang muslim harus memahami bahwa dokumen ini memiliki versi yang berbeda-beda.

Gimana penggunaannya tergantung WhatsApp yang diikuti. Akan tetapi pada umumnya semua versi akun ini berasal dari hadis yang telah diriwayatkan oleh para sahabat Rasulullah SAW. Berikut ini merupakan hadis-hadis mengenai doa qunut.

1. Hadis Dari An-Nu’man Bin Bashir

Hadits dari anuman bin Basir ini merupakan salah satu dalil yang menjadi suatu landasan hukum dari doa qunut tersendiri yang diriwayatkan oleh Abu Dawud Ibnu Majah dan juga Ahmad. Rasulullah SAW bersabda:.

’Witir adalah hak atau wajib hukumnya, maka barang Barang siapa saja yang tidak melaksanakan salat Witir maka dia bukanlah termasuk golongan kita’’

2. Hadis Dari Ubay Bin Ka’ab

Dalil selanjutnya yang menjadi dasar dari doa qunut adalah hadis yang diriwayatkan oleh Ubay Bin ka’ab. Dimana pada hadis ini Rasulullah mengajarkan bagaimana cara membaca doa qunut yang baik dan benar diriwayatkan oleh Abu Dawud Tirmidzi sebagai berikut ini.

‘’Dari Ubay bin ka’ab dari Muhammad SAW bahwasanya Rasulullah membaca doa qunut dalam shalat Witir ketika sebelum ruku’’.

Dilandaskan dari kedua dalil di atas maka dapat disimpulkan bahwasanya adalah Qunut ini merupakan bagian penting ketika melaksanakan shalat Witir. Yang dimana sangat dianjurkan untuk dibaca bagi seorang umat muslim.

Akan tetapi masih banyak versi-versi doa qunut dari berbagai hadits akan tetapi memiliki tujuan serta arti yang sama. Yaitu bertujuan untuk Meminta perlindungan serta petunjuk dan juga kebaikan dari Allah SWT.

Keutaman Doa Qunut

Banyak sekali keutamaan ketika seorang muslim mengamalkan doa qunut ini pada shalatWitir maupun shalat subuh yang ia lakukan. Karena dengan doa ini seorang hamba meminta pertolongan permohonan ampun Setelah dijauhkan dari hal-hal buruk.

Maka pada artikel ini akan dijelaskan keutamaan apa saja yang didapatkan oleh seorang muslim ketika mengamalkan doa qunut ini.

1. Memohon Perlindungan Dari Keburukan

Isi dari doa kunut ini kita meminta agar kita memperoleh perlindungan dari berbagai keburukan baik keburukan yang terlihat maupun tidak terlihat. Ketika kita mengamalkan doa ini kita berharap bahwa kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Tentunya perlindungan diharapkan adalah perlindungan dari berbagai marabahaya dan juga bencana yang akan mungkin menghampiri diri kita. Sebagai seorang muslim maka kita harus meyakini bahwasanya Allah dapat melindungi kita dari berbagai macam bahaya yang ada.

Oleh karena itu doa kunut ingin menjadi salah satu cara bagi seorang muslim untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT agar terlindungi dari berbagai masalah. Baik itu masalah dalam kehidupan pribadi pekerjaan serta keluarga dan juga lingkungan sosial.

Di dalam doa ini juga akan dapat membantu kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Sehingga nantinya kita akan dapat menjalani kehidupan dengan lebih tenang dan aman.

2. Dapat Meningkatkan Kualitas Sholat Seorang Muslim Dari Doa Qunut

Kota mana selanjutnya di akun ini sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas salat bagi seorang muslim. Dimana ketika seorang muslim mengucapkan doa ini jadi ancak untuk lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah salat.

maka dengan demikian doa kunut dapat membantu seorang muslim tersebut untuk menjalani berbagai gerakan sholat. Dengan khusyuk serta menciptakan koneksi yang erat kepada Tuhannya Allah SWT.

Bukan hanya itu saja Da aku ingat ini juga dapat mengajarkan bahwasanya penting sekali rasa syukur dan juga kebutuhan serta perlindungan dari Allah SWT. ketika seorang muslim menyampaikan permohonan dalam shalatnya.

Maka ia menyadari Betapa pentingnya dan bergantung dirinya kepada Allah SWT dalam menghadapi berbagai masalah atau situasi dalam kehidupan di dunia. Dengan doa kunut maka seorang muslim diajak agar selalu mengingat Allah serta merenungi kebesaran Allah SWT.

Yang pada akhirnya akan membuat seorang muslim senantiasa menjaga kualitas sholatnya dan akan menghasilkan shalat yang lebih baik dan juga bermakna. Dan akan membuat mental seorang muslim dan juga spiritualnya semakin baik lagi di dalam kehidupannya.

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT Dari Doa Qunut

Dengan mengucapkan doa kunut maka seorang muslim akan merasakan peningkatan keimanan serta kedekatan lebih erat dengan sang penciptanya Allah SWT. Hal ini dikarenakan di dalam doa tersebut banyak sekali permohonan ampunan dan juga pertolongan.

Sehingga sebagai umat muslim tentu ingin selalu berkomunikasi dengan Allah SWT untuk dapat mendapatkan rahmatnya serta lindungan ketika menjalani kehidupan di dunia. Ini menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada maha kuasa dan memperkuat iman.

4. Memohon Kebaikan Baik Dunia Dan Akhirat Dari Doa Qunut

Udah aku lihat ini juga mencakup permohonan agar seorang muslim dapat diberkahi dengan berbagai kebaikan dunia maupun akhirat. Saat ia mengucapkan doa ini maka ia berharap agar dapat meraih kesuksesan di dunia dan juga mencapai kebahagiaan yang kekal di akhirat.

Dengan membaca doa ini maka seorang muslim mengajukan permohonan kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari berbagai kesulitan. Serta keburukan dan godaan yang mampu menghalangi tujuan dalam meraih berbagai kesuksesan atau tujuan hidup.

Oleh karena itulah doa qunut ini merupakan suatu doa yang sangat efektif untuk memohon kebaikan baik itu di dunia maupun di akhirat bagi seorang muslim.

Demikianlah penjelasan mengenai doa qunut, Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran yang bermanfaat dari pembahasan kali ini sampai jumpa pada pembahasan berikutnya dan terima kasih.

Simak juga artikel yang tidak kalah menariknya untuk kamu di bawah ini :