Doa Nurbuat Lengkap : Pengertian, Bacaan Dan Keutamaannya

Saniter.co.id | Doa Nurbuat – Berdoa adalah kebiasaan yang umum sebagai pedangnya umat muslim dan dibaca oleh semua penganut agama. Di dalam Islam, doa adalah salah satu tindakan yang sering dilakukan oleh umat Muslim.

Melalui doa, seorang muslim yang beriman terus-menerus menuangkan segala keinginan dan harapannya hanya kepada Allah SWT. Dengan berdoa, tentunya seorang muslim selalu memiliki keyakinan bahwa apa yang diinginkan akan dikabulkan.

Doa tidak hanya terbatas pada waktu menjalankan shalat wajib, umat Muslim juga bisa berdoa kapan saja dan di mana saja. Bahkan, kebiasaan berdoa dapat dilakukan setiap kali memulai atau menyelesaikan suatu pekerjaan.

Informasi Doa Nurbuat

Sekilas Tentang Pengertian Doa Nurbuat

Tujuan utama dari kebiasaan ini adalah untuk menjaga kesadaran kita terhadap Allah dan hanya memohon kepada-NYA. Salah satu doa yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah doa nurbuat. Doa nurbuat, juga dikenal sebagai doa nurbuat, memiliki banyak keutamaan jika diucapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

Doa nurbuat adalah cara bagi umat Muslim untuk memohon perlindungan dari Allah SWT. Selain itu, doa ini juga memberikan berbagai manfaat positif, seperti perlindungan dari permusuhan, gangguan sihir, dan makhluk gaib lainnya.

Doa nurbuat juga dapat menjadi amalan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Selain mendapatkan perlindungan dari Allah, doa ini juga dapat meningkatkan pahala yang berguna dalam kehidupan akhirat.

Banyak umat muslim mengamalkan doa nurbuat tersebut karena merujuk dari sebuah hadis. Dimana doa tersebut merupakan doa yang disampaikan kepada Rasulullah SAW melalui malaikat jibril. Pada waktu itu cucu Rasulullah SAW keduanya sedang sakit.

Sekilas kisahnya dalam hadis tersebut malaikat jibril menghampiri Rasulullah SAW yang sedang sedih. Tanyalah Rasulullah SAW oleh malaikat jibril terkait wajah beliau yang nampak sedih.

Kemudian Rasulullah SAW menjawab bahwa cucu Beliau Hasan dan Husain sedang sakit mata, lanjut malaikat jibril berkata sembuhkan mata hasan dan husain dengan membaca doa nurbuat.

Keutamaan Membaca Doa Nurbuat

Keutamaan Membaca Doa Nurbuat

Segala amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya tentu saja memiliki banyak keutamaan. Termasuk doa Nurbuat yang jika dibaca dan diamalkan tentu saja memiliki keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang hamba tersebut.

Dalam hal ini penulis akan merangkum beberapa keutamaan yang akan didapatkan oleh umat muslim yang mengamalkan Doa Nurbuat. Simak ulasan berikut dibawah ini :

Mendapat Perlindungan Dari Allah SWT

Perlindungan dari Allah SWT adalah anugerah luar biasa bagi setiap muslim yang beriman. Ini merupakan bentuk kasih sayang dan rahmat Allah yang diberikan kepada seorang hamba yang taat.

Allah SWT adalah pelindung sejati yang mampu menjauhkan kita dari berbagai bahaya dan malapetaka dalam kehidupan. Ketika seorang muslim mengamalkan doa nurbuat dan hanya mengandalkan Allah, maka secara tidak langsung akan melindungi dari ancaman badan, kecelakaan, dan bahaya lainnya.

Dengan mengamalkan doa nurbuat dan juga bertaubat serta memohon ampun kepada Allah, seseorang akan memperoleh perlindungan dari perbuatan dosa. Lebih dari itu Allah SWT Maha Pengampun dari dosa-dosa yang merugikan diri kita sendiri.

Selain dari ancaman fisik, Allah juga melindungi seorang muslim dari gangguan gaib seperti sihir, jin, atau kekuatan-kekuatan jahat lainnya. Dengan berpegang teguh kepada iman dan berdoa, insya Allah akan mendapat perlindungan dari pengaruh-pengaruh negatif tersebut.

Dihindarkan Dari Permusuhan

Selain mendapatkan perlindungan dari Allah SWT bagi seorang muslim yang mengamalkan doa Nurbuat insya Allah akan dihindarkan dari permusuhan.

Karena pada dasarnya keinginan manusia yang hidup dibumi ini tidak menyukai permusuhan, yang ada ingin selalu mendapatkan ketenangan, keamanan dan semisalnya.

Dengan mengamalkan doa nurbuat insya Allah akan membawa ketenangan dan kedamaian dalam hati dan pikiran seseorang. Ketika seseorang merasa damai dan tenang, maka akan cenderung lebih mungkin untuk menjaga hubungan yang baik dengan orang lain.

Selain itu doa nurbuat juga membantu memperkuat hubungan antara diri sendiri dengan sesama manusia. Ketika seorang hamba mengamalkan doa nurbuat, insya Allah akan mendapatkan perilaku baik, sabar, dan menghindari tindakan atau kata-kata yang dapat menyebabkan pertengkaran.

Doa Nurbuat mengandung pesan-pesan tentang kasih sayang, pengampunan, dan saling peduli antar sesama. Ini mengingatkan diri pribadi untuk tidak memelihara dendam, tetapi lebih condong untuk memaafkan kesalahan orang lain dan mencari solusi damai dalam pertengkaran.

Dengan membaca doa_nurbuat secara rutin, seorang muslim dapat memperoleh kesadaran ibadah yang membantu untuk menghindari pertentangan yang tidak perlu. Seseorang tersebut dapat memilih untuk menghindari permusuhan dan mencari jalan damai dalam menyelesaikan perbedaan pendapat.

Meningkatkan Pahala Disisi Allah

Membaca Doa Nurbuat secara rutin menunjukkan ketaatan seseorang kepada Allah SWT. Ini adalah bentuk ibadah yang dilakukan dengan niat tulus untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Sebagai hasilnya, Allah akan memberikan pahala kepada orang yang menjalaninya dengan ikhlas.

Setiap kali seseorang membaca Doa Nurbuat, insya Allah seorang hamba akan mendapatkan pahala yang dijanjikan. Ketika ini dilakukan secara rutin sepanjang waktu dengan ikhlas, pahala-pahala ini akan terkumpul dan menjadi tambahan pahala baik didunia maupun di akhirat.

Membaca Doa Nurbuat adalah cara untuk mengingat Allah SWT secara teratur, hal ini membantu seseorang tetap fokus pada perbuatan baik dan ketaatan. Dengan terus-menerus mengingat Allah melalui doa, seseorang cenderung lebih berhati-hati dalam tindakan dan perilaku seseorang, yang dapat menghasilkan pahala tambahan.

Mendapatkan Berkah Dan Keberuntungan

Membaca Doa_Nurbuat secara rutin menciptakan pengaruh ibadah dalam kehidupan seseorang. Ini membantu membuka pintu-pintu berkah dan keberuntungan yang lebih besar dari Allah SWT.

Dalam doa ini, seorang hamba memohon kepada Allah untuk mengaruniai berkah dan keberuntungan. Dengan melakukan ini, akan menunjukkan ketaatan kepada kehendak Allah dan berserah diri kepada-Nya. Yang dapat menghasilkan berkah dan keberuntungan dalam segala hal yang dilakukan.

Selain itu salah satu aspek penting dari berkah adalah peningkatan rezeki yang berkah. Membaca Doa Nurbuat dengan iman dan keyakinan dapat membantu meningkatkan rezeki seseorang melalui pintu-pintu yang tidak terduga.

Berkah dan keberuntungan dalam hidup mencakup berbagai aspek, termasuk kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan. Membaca Doa_Nurbuat secara rutin dapat memberikan manfaat ini dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah Bacaan Doa Nurbuat Yang Dapat Diamalkan

Sekilas bahwa kalimat Nurbuat berasal dari bahasa arab yakni nurun nubuwwah yang memiliki makna cahaya Nabi. Sehingga dari doa nurbuat tersebut memiliki banyak manfaat yang didapatkan bagi seorang hamba yang mengamalkannya.

Terkait manfaat atau keutamaan doa_nurbuat dalam kehidupan sehari-hari seperti yang telah disampaikan pada laman diatas.

Berikut dibawah ini bacaan doa_nurbuat yang dapat diamalkan oleh umat muslim sebagai doa dan amalan sehari-hari.

Doa Nurbuat Tulisan Arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِاَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِوَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِطَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌسُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ

Doa Nurbuat Tulisan Latin

Allahumma dzis-sulthaanil ‘azhim wa dzil-mannil qadimi wa dzil-wajhil-kariim wa waliyyil-kalimati taammati wadda’awaatil mustajaabaati ‘aaqilil hasani wal-husaini min anfusil hakki ‘ainil qudrati wan-nazrina wa ‘ainil jinni wal insi wasy-syayaathin. Wa iy yakaadul ladziina kafaruu layuzliquunaka bi abshaarihim lamma samii’udz-dzikra wa aqualuna innahu lamajnun wa maa huwa illa dzikrul lil-‘aalamiin, wa mustajabil-qur’anil-‘adzim, wa waritsa sulaiman daawuda ‘alaihis salaam, al-waduudu dzul ‘arsyil-majiid. Thawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdhi haajatii wa aktsir amwali wa aulaadii wa habbibnii linnas ajma ‘iina wataba ‘adil ‘ada wata kullahaa mim banii aadama ‘alaihis salamu man kaana hayya wa yahiqqal-qaulu ‘alal kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir. Subhaana rabbika rabbil-‘izzati ‘ammaa yasifun wa salamun ‘alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.

Terjemah Doa Nurbuat

“Ya Allah Yang Mahakuasa, Yang penuh dengan karunia, Yang adalah Dzat yang Maha Mulia, Yang menguasai segala kalimat sempurna dan doa yang mustajab. Yang melindungi Al-Hasan dan Al-Husain dari jiwa yang benar, pandangan yang penuh kuasa, serta pandangan para jin, manusia, dan setan. Orang-orang kafir sesungguhnya mencoba menyesatkan kamu dengan pandangan mereka ketika mereka mendengar Al-Quran, dan mereka mengatakan, ‘Muhammad ini adalah orang yang gila.

Al-Quran hanyalah sebuah peringatan bagi setiap umat. Wahai Yang Maha Memperkenankan melalui Al-Quran yang agung ini. Engkau juga Yang memberikan kebijaksanaan kepada Sulaiman dan Daud, serta Yang Maha Pengasih, Pemilik Arasy yang Mulia. Maka, panjangkanlah umurku, berikanlah kesehatan pada tubuhku, penuhilah segala kebutuhanku, berikanlah kelimpahan harta dan keturunan, dan jadikanlah aku terlindungi dari permusuhan anak-anak Adam yang masih hidup.

Pastikanlah ketetapan atau azab bagi orang-orang yang kafir, karena Engkau adalah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Tuhanmu, Yang memiliki kebesaran yang tidak dapat digambarkan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan melimpah kepada para Rasul, dan segala puji bagi Allah, Yang adalah pemilik segala yang ada.”

Cara Mengamalkan Doa Nurbuat

Setelah mengetahui beberapa manfaat membaca doa nurbuat dan juga bacaan doa tersebut yang bertuliskan arab latin dan terjemah.

Tentu saja rasa ingin mengamalkannya sangat kuat, karena bagi seorang muslim yang beriman dan menginginkan pahala yang banyak di sisi Allah. Tentu saja tidak akan menyia-nyiakan hal ini untuk dijadikan sebagai amalan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi seorang muslim yang belum paham cara mengamalkan doa_nurbuat penjelasan dibawah ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Untuk melakukan amalan Doa Nurbuat, ada serangkaian kalimat dan doa yang perlu diikuti, seperti berikut :

  • Mulailah dengan membaca wasilah, kepada Allah, Rasulullah, Para Ulama dan lainnya.
  • Selanjutnya, bacalah Surat Al-Fatihah satu kali.
  • Bacalah Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sebanyak tiga kali.
  • Sempurnakan amalan dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 12 kali.
  • Terakhir, bacalah Doa Nurbuat.

Dengan mengikuti rangkaian ini, insya Allah dapat menjalankan amalan Doa Nurbuat dengan benar dan sesuai yang diajarkan oleh para ulama’.

Baca Juga :