Doa Keluar Masuk Rumah Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Saniter.co.id | Doa Keluar Masuk Rumah – Terkadang hal yang terlihat sepele pada dasarnya memiliki keutamaan jika dikerjakan dengan penuh keikhlasan. Salah satu contohnya adalah membaca doa ketika keluar dan masuk rumah.

Mungkin dizaman saat ini banyak muslim yang tidak mengamalkan sunnah tersebut saat keluar rumah. Mungkin bisa dikatakan hal yang wajar, karena sangat tabu didengar oleh halayak ramai.

Akan tetapi sebagai ummat muslim tentunya mengikuti sunnah Rosulullah SAW dengan cara mengamalkan doa keluar masuk rumah.

Dalil Tentang Doa Keluar Masuk Rumah Sesuai Sunnah

Dalil Tentang Doa  Keluar Masuk Rumah

Sebagai ummat muslim yang kritis tentu saja jika akan mengamalakan ibadah, agar yakin maka yang dicari terlebih dahulu adalah dalil. Tentu saja dalil tersebut dijadikan sebagai penguat dalam melaksanakan amalan.

Terkadang dalil juga menjadikan sebuah motivasi untuk tetap selalu melaksanakan amalan dengan terus menerus. Selain itu tentunya dalil menjadi sumber penguat akan amalan yang dikerjakan dari sebuah keraguan.

Berikut dibwah ini dalil yang kuat terkait doa masuk rumah dan dapat dijadikan sebagai pedoman :

Q.S. Nur Ayat 61

فَاِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ ࣖ

Arab Latin :

Fa iżā dakhaltum buyūtan fa sallimū ‘alā anfusikum taḥiyyatam min ‘indillāhi mubārakatan ṭayyibah(tan), każālika yubayyinullāhu lakumul-āyāti la‘allakum ta‘qilūn(a).

Artinya :

Apabila kamu memasuki rumah-rumah itu, hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat(-Nya) kepadamu agar kamu mengerti.

HR. Muslim

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَسَلَّمَ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ (رواه مسلم)

Artinya :

Apabila seseorang masuk ke rumahnya lalu ia mengucapkan salam, maka setan berkata: Tidak ada tempat tinggal bagi kita di sini” (HR. Muslim).

Kedua dalil tersebut baik dari Al-Qur’an dan juga hadis Rosulullah SAW menjadi sumber kekuatan bagi seseorang yang menanyakan tentang anjuran membaca doa ketika keluar dan masuk rumah.

Doa Keluar Masuk Rumah Arab, Latin Dan Artinya

Doa Keluar Masuk Rumah Tulisan Arab, Latin Dan Artinya

Jika melihat dari kedua dalil diatas tersebut, membaca doa kelur masuk rumah merupakan anjuran dari Allah dan Rosulullah SAW. Tentunya ketika sebuah amalan yang dianjurkan kemudian dikerjakan oleh seorang muslim dengan tulus ikhlas. Insya Allah akan mendatangkan keutamaan yang cukup luar biasa.

Adapun doa keluar masuk rumah secara umumnya adalah seperti dibwah ini :

Doa Keluar Rumah Latin

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Latin :

Bismillahi tawakkaltu alallahi, lahaula wala quwwata illa billah

Artinya :

“Dengan menyebut asma Allah, aku berserah diri kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali hanya dengan pertolongan Allah.”

Doa Masuk Rumah Dalam Bahasa Arab

Selain doa keluar rumah ada juga sunnah membaca doa ketika masuk rumah, doa ini sangat penting karena untuk menghindari hal-hal yang negatif agar tidak ikut masuk kedalam rumah.

berikut dibawah ini bacaan doanya :

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Latin :

Allohumma Innii As-Aluka Khoirol Mauliji Wa Khoirol Makhroji Bismillaahi Wa Lajnaa Wa Bismillaahi Khorojnaa Wa ‘Alallohi Robbinaa Tawakkalnaa

Artinya :

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.

Doa Masuk Rumah Yang kosong

Jika seorang muslim akan masuk kedalam rumah yang kosong, maka adabnya adalah membaca doa. Karena rumah kosong yang ditinggalkan tersebut tentu saja ada makhluk yang tidak kasat mata.

Hal ini sangat penting untuk menjaga hal yang tidak diinginkan terjadi, berikut dibawah ini bacaan doa masuk rumah yang kosong.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Latin :

Assalaamu’alainaa Wa ‘Alaa ‘Ibaadillaahish Shoolihiina,

Artinya :

Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang saleh.

Adab Seorang Muslim Ketika Keluar Dan Masuk Rumah

Adab Seorang Muslim Ketika Keluar Dan Masuk Rumah

Sebagai seorang muslim tentu saja sangat mengedepankan adab atau etika atau akhlak, karena Rosulullah SWT memberikan contoh kepada ummany tentang akhlak.

Sebagaimana dalam hadis disebutkan bahwa “Rosulullah diutus kedunia ini adalah untuk menyempurnakan akhlak”.

Maka dari itu ketika keluar dan masuk rumah juga ada adab atau akhlak yang harus dipakai untuk menjaga sunnah yang diajarkan oleh Rosulullah SAW.

Dengan adab yang baik kepada siapapun, pasti orang lain tidak akan menanyakan apa agama yang dianut, akan tetapi akan memberikan pujian terhadap agama yang dianutnya.

Berikut dibawah ini beberapa adab seorang muslim ketika keluar dan masuk rumah :

Adab Ketika Keluar Rumah

Terkait adab keluar rumah untuk lebih jelasnya dapat dilihat dibawah ini sebagai berikut :

Meminta Izin Kepada Keua Orang Tua

Bagi seorang anak ketika akan keluar rumah maka adab utama yang harus dilakukan adalah meminta izin kepada kedua orang tua. Apabila diizinkan maka keluar, namun apabila tidak diizinkan maka tetap dirumah saja.

Jangan membantah apa yang diputuskan oleh orang tua, karena dlam Al-Qur’an sudah jelas berkata “AH” saja kepada kedua rang tua tidak boleh. Dengan meminta izin kepada kedya orang tua, tentu saja tidak menjadikan rasa kekhawatiran ketika anak keluar rumah.

Izin Dengan Suami

Adab berikutnya yakni untuk para istri, ketika akan keluar rumah maka sebaiknya izin terlebih dahulu kepada suaminya, agar tidak timbul fitnah.

Akan tetapi sebaiknya bukan hanya izin, ketika istri keluar rumah tentu saja lebih baik dengan suaminya. Karena akan menambah keharmonisan dalam rumah tangga dan tentu saj akan mendapatkan pahala disisi Allah SWT.

Beri Kabar Istri

Berbeda dengan seorang suami ketika hendak keluar rumah adabnya memang memberitahukan kepada istrinya. Akan tetapi hal tersebut tidaklah wajib.

Dengan memberikan kabar kepada istri tentu saja, sang istri yang menanti dirumah tidak khawatir dan berfikiran negatif.

Ada Tujuan Yang Bermanfaat

ADab selanjutnya yang perlu ditekankan bagi seorang muslim ketika akan keuar rumah adalah memiliki tujuan yang bermanfaat. Ketika keluar rumah tidak memiliki tujuan yang bermanfaat maka sangat disia-siakan. Apalagi keluar rumahnya karena akan melakukan maksiat tentu saja jauh dari adab keluar rumah.

Menyampaikan Salam

Berikutnya yang perlu dilakukan orang muslim ketika akan keluar rumah dan menjadi adab yang baik adalah mengucapkan salam. Kepada siapa saja yang ada didalam rumah tersebut, sebaliknya ketika keluar rumah tidak mengucapkan salam. Maka seseorang tersebut meninggalkan adab.

Membaca Doa Keluar Rumah

Selain mengucapkan salam kepada orang yang ada didalam rumah tersebut sebelum keluar, maka berdoalah yakni membaca doa keluar rumah. Tentu saja dengan tujuan agar perjalanan keuar rumah tersebut dirdhoi oleh Allah SWT.

Terus Ingat (Zikir) Ketika Diperjalanan

Adab yang juga sangat ditekankan ketika keluar rumah adalah terus membaca zikir atau ingat kepada Allah, kapanpun dan dimanapun berada.

Karena dengan adanya ingat kepada Allah seseorang tersebut akan dijaga dari perbuatan yang menimbulkan dosa.

Adab Ketika Masuk Rumah

Bukan hanya adap ketika akan keluar rumah saja, melainkan ketika akan masuk rumah juga seorang muslim diharuskan untuk melestarikan adab.

Berikut dibawah ini beberapa adab ketika masuk rumah :

Mengucapkan Salam

Hal paling utama ketika akan masuk rumah adalah mengucapkan salam terlebih dahulu dan ini termasuk adab seorang muslim. Tunggu sampai pemilik rumah membukakan pintu.

Mengetuk Pintu

Setelah mengucapkan salam hingga tiga kali namun tidak ada yang menyahut salam tersebut, maka adab berikutnya mengetuk pintu rumah.

Ketukan tersebut juga tidak berlebihan, maksimal tiga kali yang diselingi dengan mengucapkan salam, Akan tetapi jika itu adalah ruamah sendiri maka ketuk sekali dan langsung masuk.

Membaca Doa

Adab yang sangat penting bagi seorang muslim ketika masuk rumah adalah membaca doa. Dengan membaca doa maka insya Allah akan menjadikan seseorang tersebut terhindar dari hal hal yang negatif.

Karena ketika seseorang berada diluar rumah khawatir banyak makhluk astral jahat yang mengikutinya, sehingga dengan doa yang dibaca tersebut makhluk astral tidak ikut hingga masuk rumah.

Dahulukan Langkah Kaki Kanan Ketika Akan Masuk

Dalam islam adab memang sangat diutamakan, meskipun beberapa hal diatas telah dibaca sebelum masuk rumah. Akan tetapi ada adab lain yang penting juga di lakukan, yakni melangkahkan kaki kanan ketika masuk rumah.

Harus Ada Izin Dari Pemilik Rumah

Semua adab yang telah disebutkan diatas misalnya sudah dilakukan sebelum masuk rumah, akan tetapi pemilik rumah tidak mengizinkan. Maka jangan sekali kali memaksa untuk masuk rumah tersebut, karena haal ini merupakan adab yang baik.

Hikmah Membaca Doa Keluar Masuk Rumah

Semua amalan yang diperintahkan oleh Allah dan Rosulullah SAW untuk diamalkan ummatnya. Tentu saja memiliki banyak keutamaan atau hikmah ketika diamalkan dengan baik dan ikhlas karena Allah semata.

Penulis akan merangkum beberapa hikmah tersebut dibawah ini :

Dilindungi Allah Dari Gangguan Setan

Ketika seseorang keluar dan masuk rumah tentu saja tidak aman dari gangguan setan, maka dari itu dengan membaca doa keluar dan masuk rumah. Insya Allah akan dilindungi dari banyaknya gangguan setan yang menyesatkan.

Dijauhkan Dari Mara Bahaya

Selain dari gangguan setan seseorang yang sudah keluar rumah tentu saja tidak mengetahui hal apa saja yang akan terjadi beberapa waktu kedepan.

Kebaikan kah atau malah bahaya yang mengancam, maka dari itu dengan membaca doa keluar masuk rumah insya Allah akan dihindarkan dari mara bahaya.

Mendapat Berkah

Banyak umat muslim yang mencari berkah dalam mengarungi kehidupan, karena dengan keberkahan lah hidup akan tenang tentram dan damai.

Salah satu cara mendapatkan keberkahan dari Allah adalah membaca doa ketika akan keluar dan masuk rumah.

Rejekinya Dilancarkan

Selain mendapatkan keberkahan seseorang yang keluar dan masuk rumah membaca doa dengan ikhlas. Akan Allah berikan kelancaran dalam merai rejeki yang halal, baik dan berkah.

Beberapa hikmah diatas bisa didapatkan oleh setiap muslim yang ketika keluar masuk rumah kerapkali mengamalkan bacaan doa. Dan tentunya disertai dengan adab atau etika yang baik ketika akan masuk dan keluar rumah. Semoga bermanfaat, wallahu a’lam….

Baca Juga :