Doa Agar Cepat Melahirkan Sesuai Sunnah Agar Lancar & Normal

Doa Agar Cepat Melahirkan – Tidak sedikit seorang ibu wanita yang sedang mengandung ingin cepat-cepat datangnya waktu atau hari melahirkan. Karena menunggu 9 bulan 10 hari merupakan hal yang tidak cepat banyak ujian yang harus ditempuh. Rasa sakit lemah lesu dan masih banyak lagi hal yang membuat seorang wanita tersebut menanggungnya.

Rasa cemas, kekhawatiran, dan ketegangan pasti akan menghampiri ibu hamil menjelang saat melahirkan. Perasaan tersebut akan semakin kuat seiring dengan mendekati hari persalinan.

Seperti yang diketahui, proses melahirkan adalah langkah yang tak terhindarkan bagi seorang ibu untuk membawa kehidupan baru ke dunia ini. Melahirkan juga merupakan awal dari perjalanan baru dalam kehidupan seorang ibu.

Beberapa Bacaan Doa Agar Cepat Melahirkan

Beberapa Bacaan Doa Agar Cepat Melahirkan

Ada ibu yang harus menunggu lama sebelum mencapai pembukaan lengkap, bahkan ada yang menunggu hingga satu minggu. Hal ini tentu saja membuat momen persalinan menjadi sangat mendebarkan, bukan?

Yang paling penting selama proses persalinan adalah melahirkan dengan selamat dan dapat bertemu dengan bayi tanpa ada masalah. Selain itu, kita berharap bahwa ibu yang melahirkan dapat pulih dengan cepat setelah proses persalinan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan rajin berdoa agar persalinan berjalan lancar!”

Doa Agar Cepat Melahirkan Nu Online

Doa untuk mempercepat kontraksi merupakan langkah penting selain dari upaya-upaya induksi alami yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Keberadaan doa memiliki peran besar dalam membantu proses kelahiran Si Kecil menjadi lebih lancar.

Doa agar cepat melahirkan agar kontraksi berlangsung dengan cepat dapat memberikan dampak positif yang sigap dalam menjaga pikiran ibu hamil tetap semangat. Sebagaimana yang disarankan Doa agar cepat melahirkan Nu Online. Untuk memastikan persalinan berjalan dengan lancar dan terhindar dari segala resiko, disarankan kepada ibu hamil untuk membaca beberapa ayat berikut :

  • Ayat Kursi
  • Surat Al-A’raf ayat 54
  • Surat Al-Falaq
  • Surat An-Nas

Semua surat tersebut dapat dibaca secara rutin minimal ketika sudah masuk HPL atau bisa juga dijadikan sebagai amalan setelah sholat fardhu.

Selain itu, bagi ayah dan keluarga yang hadir dalam proses kelahiran, disarankan untuk ikut berdoa agar kontraksi berlangsung lebih cepat. Bisa membaca bacaan yang sama seperti di atas, ditambah dengan doa agar persalinan berjalan dengan lancar seperti dibawah ini :

“La ilaha illallahul ‘adszimul halim. Laa ilaha illallahu Rabbul ‘arsyil ‘adzim. La ilaha illallahu Rabbus samawati wal ardu wa Robbul ‘arsyil ‘adzim.”

Artinya :

Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung dan Maha Bijaksana. Tiada Tuhan selain Allah, pemilik ‘Arsy yang Agung. Tidak ada Tuhan selain Allah, pemilik langit, bumi, dan ‘Arsy yang Agung.

Doa Agar Cepat Melahirkan Normal Dan Lancar

Selain doa terkait agar cepat melahirkan menurut Nu Online, juga disebutkan bahwa Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi. Dalam al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâ. Memberikan beberapa doa untuk mempercepat proses kelahiran. Suami dapat membantu dengan membaca doa-doa berikut ketika saat-saat persalinan telah tiba:

  • Ayat Kursi sekali
  • Surat Al-A’raf ayat 54
  • Surat Al-Falaq sekali
  • Surat An-Nâs sekali

Selain itu, seorang suami juga dianjurkan untuk membaca doa yang sama dengan lebih sering dan keluarga yang mendukung ibu hamil selama proses kelahiran.

Ada berbagai cara yang dapat diambil untuk mewujudkan persalinan yang mudah, lancar, cepat, dan selamat. Selain faktor-faktor lain seperti gaya hidup sehat selama kehamilan dan aktivitas fisik yang teratur saat hamil tua. Doa agar cepat melahirkan normal dan lancar juga memiliki peran penting dalam proses tersebut.

Dalam ajaran Islam, manusia diajarkan untuk berusaha dan berdoa ketika menginginkan sesuatu, tentunya Ini menyatakan bahwa usaha tanpa doa atau doa tanpa usaha tidak mencukupi.

Oleh karena itu, ada amalan dan doa tertentu yang dapat dijalani selama kehamilan untuk meminta kelancaran dan keselamatan dalam proses melahirkan.

Doa Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL

Dianjurkan untuk selalu berdoa selama masa kehamilan hingga menjelang HPL. Seorang ibu hamil dapat berdoa untuk memohon agar anak yang akan lahir kelak menjadi anak yang baik, soleh, dan berbakti.

Jangan lupa juga untuk memohon agar proses persalinan berlangsung dengan cepat namun tetap dalam keadaan selamat. Hal ini karena, dalam keyakinan Islam, Allah SWT sangat memperhatikan prasangka dan doa hamba-Nya.

Doa ini tidak hanya menjadi kewajiban ibu, tetapi juga disarankan bagi ayah untuk membaca doa agar sang istri dapat menjalani proses melahirkan dengan cepat dan selamat.

Adapun bacaan doanya dapat dilihat dibawah ini :

Latin : Wallahu akhrojakum min butuni ummahaatikum laa ta’lamuna syaiaw wa ja’ala lakumus sam’a walabsooro wal afidata la’allakum tasykuruun.

Artinya :

Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu kalian dalam keadaan yang tidak mengetahui sesuatu apapun. Dan Dia (Allah) memberi kalian pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kalian bersyukur.

Selain berdoa, membaca surat Al-Fatihah dan surat-surat lainnya juga dapat menjadi amalan yang baik selama kehamilan.

Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat dan memiliki nilai keutamaan, serta mengandung ayat yang mengingatkan bahwa hanya Allah yang disembah dan hanya kepada-Nya kita meminta pertolongan.

Selain itu, surat Maryam juga dianggap memiliki keutamaan saat hamil, sebagaimana kisah bunda Maryam yang mengandung tanpa memiliki suami. Serta menjalani masa sulit diisolasi dari masyarakat merupakan contoh yang sangat menjadi panutan.

Bunda Maryam melakukan doa agar melahirkan dengan kemudahan dan melahirkan anak yang saleh atau salehah. Semua amalan dan doa ini dapat membawa kedamaian, ketenangan, dan harapan dalam perjalanan kehamilan serta persiapan untuk persalinan.

Doa Agar Cepat Kontraksi Asli Dan Pembukaan

Dalam buku yang berjudul “Indahnya Doa Rasulullah Bagiku” karya Masriyah Amva, terdapat contoh rangkaian doa yang pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW dan tertulis dalam hadis.

Saat menjelang persalinan putrinya, Fatimah R.A, Rasulullah SAW memerintahkan Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin R.A untuk mendampingi Fathimah R.A.

Nabi Muhammad SAW juga meminta izin untuk membaca beberapa surat di dekat Sayidatina Fathimah RA sebagai doa untuk memohon kelancaran proses persalinan, di antaranya:

  • Ayat Kursi (Al-Baqarah: 225)
  • Al-A’raf ayat 54
  • Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas

Doa Setelah Melahirkan

Sebagai seorang muslim selain membaca doa agar cepat melahirkan, dianjurkan juga setelah selesai melahirkan untuk membaca doa.

Hal tersebut dilakukan sebagai rasa syukur seorang hamba karena telah diberikan kemudahan untuk melahirkan seorang anak. Terlebih jika anak tersebut sehat dan tidak ada cacat sedikitpun kondisi tubuhnya.

Adapun bacaan doa setelah melahirkan yang dapat diamalkan baik untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan atau ayah dan keluarganya adalah seperti dibawah ini.

أُعِيْذُهُ بِالوَاحِدِ الصَّمَدِ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى حَسَدٍ

Latin : U’iidzuhuu bil waahidi shomadi ming syarri kulli dzii hasad

Artinya :

Saya berlindung darinya dengan pertolongan Allah SWT, yang ditumpukan semua kehendak kepada-Nya, dari semua yang mempunyai dengki.

Beberapa Amalan Lainnya Agar Proses Melahirkan Lancar Dan Selamat

Beberapa Amalan Lainnya Agar Proses Melahirkan Lancar Dan Selamat

Selain beberapa amalan diatas ada beberapa amalan lain yang perlu dilakukan ketika seorang istri sedang hamil dengan harapan agar saat proses melahirkan lancar dan selamat.

Karena merupakan impian seorang ibu yang sedang hamil adalah melahirkan dengan normal, mudah cepat aman dan sehat tanpa ada cacat. Dan menginginkan kelak anak yang dilahirkan menjadi anak sholih, sholihah dapat berbakti kepada kedua orang tua, berguna bagi agama dan negara.

Maka dari itu beberapa amalan lainnya seperti berikut dibawah ini sangat cocok dipraktikkan :

Perbanyak Istighfar

Istighfar adalah bentuk permohonan ampun kepada Allah SWT. Ada banyak keutamaan dalam beristighfar yang dapat memberikan manfaat bagi mereka yang melakukannya.

Bagi ibu yang sedang menghadapi proses persalinan, memperbanyak istighfar dapat membantu dalam mempermudahnya. Ini karena salah satu keutamaan beristighfar adalah membuka jalan keluar dari setiap kesulitan, memberikan kebahagiaan dalam setiap kesedihan, dan memberikan rezeki dari arah yang tidak terduga.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

Barang siapa yang terbiasa beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dalam setiap kesusahan, dan akan memberikan rezeki dari arah yang tidak terduga.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Berpikiran Positif, Berzikir Saat Merasakan Sakit, dan Tidak Mudah Mengeluh

Selalu memiliki pikiran yang positif dapat membantu ibu hamil menjauhkan diri dari stres yang berlebihan. Saat melahirkan dan merasakan sakit, sering berzikir dapat memberikan ketenangan, karena mengeluh hanya akan menambah beban yang tidak diperlukan.

Selain berdoa, cara lain untuk mempercepat proses persalinan adalah dengan berzikir dan tidak mengeluh. Hal tersebut juga memiliki peran penting dalam mengingatkan seorang ibu saat persalinan akan dimulai.

Wajib Berbakti kepada Kedua Orang Tua Yang Pernah Melahirkan Dirinya

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak, Proses melahirkan adalah langkah awal menuju peran sebagai orang tua.

Maka dari itu, berbakti kepada kedua orang tua adalah hal yang sangat dianjurkan. Meminta doa dari mereka agar proses persalinan berjalan lancar adalah tindakan yang bijaksana.

Dengan berbuat baik kepada orang tua, mereka akan mendoakan yang terbaik, dan Allah juga akan memberikan kemudahan. Semua amalan dan doa ini diharapkan dapat memberikan kelancaran, ketenangan, dan keselamatan dalam perjalanan melahirkan.

Beberapa bentuk pengabdian kepada orang tua yakni seperti berikut ini :

  • Merawat keduanya, memastikan kesejahteraan dan kenyamanan orang tua dengan merawat mereka dengan baik.
  • Menghilangkan kesulitan keduanya, membantu mengatasi masalah atau kesulitan yang mungkin dihadapi oleh orang tua.
  • Tidak bertindak kasar terhadap keduanya, menunjukkan penghormatan dan kesopanan dalam berinteraksi dengan orang tua.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah, dia bertanya kepada Nabi SAW, :

Perbuatan apa yang paling dicintai oleh Allah SWT?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Shalat pada waktunya.’ Kemudian dia bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ Beliau menjawab, ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Kemudian Abdullah bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Jihad fi sabilillah.’

Berbuat Baik kepada Sesama

Selama masa kehamilan, perlu berbuat baik kepada sesama, termasuk hewan. Misalnya, jika melihat kucing hamil, maka tidak boleh menyakiti atau menyusahkan hewan tersebut. Sebaliknya, sangat dianjurkan untuk memberi makan dan minum kepada hewan yang kelaparan atau haus.

Umat Muslim dianjurkan untuk memelihara hewan dan memberi mereka perawatan yang baik, terutama ketika mereka dalam kondisi lapar dan haus. Melakukan kejahatan terhadap hewan dapat dianggap sebagai dosa.

Kemungkinan hal tersebut bisa dikatakan mitos yang hingga saat ini dijadikan bahan perbincangan oleh banyak orang. Akan tetapi banyak terbukti terjadi keanehan pada bayi ketika kedua orang tuanya semasa ibu sedang hamil menyiksa hewan dan semisalnya.

Baca Juga :