Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia yang Sangat Populer

Saniter.co.id – Ada banyak cerita rakyat Indonesia yang masih populer sampai saat ini. Cerita rakyat selalu menarik untuk dibahas dan diulik lebih jauh. Terlebih di Indonesia yang memiliki banyak sekali cerita rakyat.

Cerita rakyat adalah cerita rekaan yang berkembang di masyarakat. Diturunkan secara turun temurun dan disampaikan secara lisan. Hampir setiap negara di belahan dunia memiliki cerita rakyat yang berkembang di masyarakat negara itu sendiri.

Yakni seperti kisah Momotaro asal Jepang, Hercules asal Romawi dan Yunani, Bukit Loreley asal Jerman dan masih banyak lagi.

Cerita rakyat hanyalah rekaan dan terkadang mengandung unsur yang tidak masuk akal. Namun kisahnya selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Terutama cerita rakyat Indonesia.

Cerita Rakyat Indonesia yang Populer

Tidak ada yang mengetahui secara pasti ada berapa banyak cerita rakyat dari Indonesia yang berkembang di masyarakat. Namun di bawah ini merupakan beberapa cerita rakyat yang populer di Indonesia:

Sangkuriang

sangkuriang

Cerita rakyat Sangkuriang mengisahkan seorang pemuda bernama Sangkuriang. Sangkuriang mencintai ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Pada saat itu Sangkuriang berubah nama menjadi Jaka. Dan tidak mengetahui bahwa perempuan yang ia cinta adalah ibunya sendiri.

Singkat cerita, Sangkuriang tidak mengetahui bahwa ayahnya adalah seekor tumang. Lalu pada suatu waktu ia pergi ke hutan untuk memburu rusa. Karena ia kesulitan memburu rusa maka Sangkuriang pun memutuskan untuk memburu seekor tumang.

Mengetahui hal itu, Sangkuriang diusir dari rumah oleh ibunya sendiri. Setelah berpuluh-puluh tahun berpisan, akhirnya Sangkuriang bertemu ibunya. Sangkuriang tidak mengetahui bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya. Ia langsung jatuh cinta pada Dayang Sumbi dan berniat untuk melamarnya.

Tidak seperti Sangkuriang, Dayang Sumbi mengetahui bahwa lelaki yang akan melamarnya adalah anaknya sendiri. Untuk menghindari lamarannya, Dayang Sumbi mengajukan syarat. Yaitu ia ingin dibuatkan perahu beserta danau dan harus selesai sebelum matahari terbit.

Syarat Dayang Sumbi yang pikirnya dinilai sangat tidak mungkin untuk diwujudkan, ternyata hampir berhasil diwujudkan oleh Sangkuriang. Dayang Sumbi pun gelisah lalu meminta bantuan kepada warga untuk menumbuk padi. Terdengar suara ayam berkokok yang membuat para makhluk halus pergi karena mengira hari sudah fajar.

Setelah mengetahui kenyataannya, Sangkuriang sangat marah. Hingga menjebol bendungan dan menendang perahu yang telah ia buat. Perahu yang terbalik itulah yang kemudian dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Bawang Merah Bawang Putih

bawang merah bawang putih

Hampir semua orang sudah pernah mendengar cerita rakyat berjudul Bawang Merah Bawang Putih. Bahkan kisahnya diangkat menjadi sebuah tontonan yang menarik di televisi hingga saat ini.

Mengisahkan tentang ibu tiri dan saudara tiri yang selalu bersikap buruk kepada seorang anak bernama Bawang Putih. Saudara tirinya yang bernama Bawang Merah sangat tidak menyukai Bawang Putih dan selalu bersikap jahat terhadapnya.

Singkat cerita, Bawang Putih bertemu dengan seorang nenek. Nenek tersebut memberi Bawang Putih sebuah labu siam besar sebagai balasan atas kemurahan hati Bawang Putih.

Ternyata labu siam yang diberikan nenek berisi perhiasan emas yang sangat banyak. Mengetahui hal tersebut, Bawang Merah pun pergi menemui nenek itu. Dan meminta labu siam secara paksa. Namun naas, labu siam yang diperolehnya tidak sama seperti Bawang Putih. Labu tersebut dibuka yang muncul justru binatang buas.

Danau Toba

danau toba

Alkisah hiduplah seorang pemuda bernama Toba yang bekerja menggarap ladang dan memancing ikan. Pada suatu hari ia mendapatkan ikan yang sangat besar. Betapa terkejutnya ia ternyata ikan yang ia pancing adalah jelmaan seorang putri yang cantik. Akhirnya ia pun menikahi gadis itu dengan syarat tidak boleh menceritakan bahwa asal-usul putri dari seekor ikan.

Singkat cerita, karena kenakalan anaknya, Toba membentak anaknya dengan mengatakan, “Dasar anak ikan!”. Setelah mengatakan hal itu, tiba-tiba terjadilah badai yang sangat besar. Putri memerintahkan anaknya untuk berlari ke atas bukit yang sangat tinggi.

Air pun meluap sangat tinggi hingga menenggelamkan Toba. Air yang terus menerus meluas membentuk sebuah telaga hingga membentuk sebuah danau. Danau itu pun akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba.

Roro Jonggrang

roro jonggrng

Dikisahkan setelah Bandung Bondowoso memperoleh kemenangan atas penyerangan ke Kerajaaan Prambanan. Prabu Baka sebagai raja dari Kerajaan Prambanan pun memerintahkan Bondowoso untuk menempati Prambanan.  Dan meminta Roro Jonggrang untuk menjadi istrinya.

Singkat cerita, Roro Jonggrang puN mengajukan tantangan. Berupa 1000 buah candi dan 2 buah sumur yang harus dikerjakan selama semalam. Bandung Bondowoso pun menyetujui permintaan Roro Jonggrang.

Lalu, Roro Jonggrang pun menyusun strategi untuk menggagalkan kinerja Bondowoso. Dengan membakar jerami seolah-olah hari sudah pagi dan langit berwarna merah. Kemudian membunyikan lesung dan menaburkan bunga yang wangi dan ayam pun mulai berkokok.

Roro Jonggrang pun menegaskan bahwa Bandung Bondowoso tidak mampu menyelesaikan tantangan yang diminta olehnya. Bondowoso pun marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung untuk melengkapi candi yang dibuatnya agar berjumlah 1000.

Timun Mas

timun mas

Cerita Rakyat Timun Mas bercerita tentang sepasang suami istri yang belum dikaruniai anak. Suatu waktu, mereka memutuskan untuk mendatangi seorang raksasa. Konon katanya raksasa tersebut dapat memberikan keturunan untuk pasangan suami istri tersebut.

Akhirnya raksasa tersebut memberikan sebuah biji-bijian mentimun. Biji-biji tersebut akan tumbuh seorang anak di dalamnya. Namun raksasa itu mengajukan syarat. Apabila nanti anak tersebut berusia 17 tahun, maka raksasa akan mengambilnya untuk dijadikan santapan lezat.

Anak yang berasal dari biji mentimun tumbuh menjadi gadis yang cantik bernama Timun Mas. Tepat di usia 17 tahun, orang tua Timun Mas mewanti-wanti anaknya untuk lari ketika bertemu dengan raksasa. Mereka memberinya benda ajaib berupa cabai, garam dan biji-bijian mentimun.

Singkat cerita, ketika raksasa mengejar Timun Mas. benda ajaib yang diberikan orang tuanya tersebut berhasil membuat raksasa itu lenyap.  Akhirnya Timun Mas pun dapat kembali ke pelukan ibu dan ayahnya.

Nah, itulah contoh cerita rakyat Indonesiayang sangat populer di masyarakat. Sangat menarik sekali bukan? Selain beberapa cerita rakyat di atas, pastinya masih banyak lagi cerita rakyat lainnya yang berkembang di masyarakat Indonesia.

Meskipun cerita rakyat hanyalah rekaan, namun akan selalu ada hikmah dibalik kisahnya. Semoga kita bisa sama-sama mengambil sisi baik dari segala kisah atau cerita yang kita baca, ya.

Baca Juga: