Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Efektif

Saniter.co.id – Penyakit asam urat bisa mengganggu aktivitas jika sudah menyerang persendian, terutama di bagian kaki. Bagi penderita asam urat pastinya akan menderita sakit tak tertahankan jika penyakit ini sudah kambuh. Untuk itu, bagi kamu yang menderita asam urat bisa mencoba cara mengobati asam urat ini agar tidak mengganggu keseharianmu.

Berbagai cara mengobati asam urat bisa dilakukan, mulai dari perawatan yang dilakukan dokter hingga perawatan secara alami. Namun, jika ingin menggunakan teknik yang aman, baiknya menerapkan cara mengobati asam urat secara alami dan rutin untuk mengurangi nyeri jika penyakit itu sudah kambuh.

Sebagai informasi, asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya pemecahan purine dari makanan yang kita makan. Purine sendiri merupakan suatu zat yang dapat menyerang bagian tubuh dan persendian, yang terkandung di beberapa makanan seperti kerang, alkohol, kepiting, ikan makarel, jeroan, sarden, asparagus, dan makanan yang diawetkan.

Zat purine yang telah menumpuk dalam tubuh ini yang kemudian akan menumpuk dan menjadi kristal yang kemudian akan mengganggu persendian serta bagian tubuh lainnya.

Tak hanya dipicu dari makanan, asam urat juga bisa terjadi karena adanya gangguan kesehatan tertentu, seperti diabetes, penyakit ginjal, psoriasis, kanker, dan hipotiroidisme.

Kadar asam urat normal untuk laki-laki biasanya berada di bawah 7 mg/dL, sementara untuk perempuan di bawah 6 mg/dL. Dalam angka itu, kadar asam urat dikatakan masih normal dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan.

Karena penderita asam urat biasanya orang-orang dengan usia 30 tahun ke atas, pengobatan medis dirasa tidak terlalu aman, karena bisa mengganggu pengobatan penyakit lain jika orang tersebut menderita komplikasi. Namun, untuk saat ini pencerita asam urat juga bisa mencoba cara mengobati asam urat secara alami yang bisa diterapkan sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

cara mengobati asam urat secara alami

Mengonsumsi lebih banyak air putih

Mengonsumsi banyak air putih bisa mengurangi pembengkakan serta peradangan pada area tubuh yang terkena asam urat. Dengan meminum air putih dalam jumlah yang banyak, ginjal akan mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh, yang dapat meredakan peradangan dan pembengkakan di bagian tubuh tertentu.

Tak hanya air putih, penderita asam urat juga bisa memperbanyak konsumsi cairan lainnya seperti cairan herbal maupun kaldu.

Namun jika penderita asam urat juga memiliki masalah kesehatan lain seperti penyakit ginjal atau jantung, baiknya konsultasikan dulu ke dokter karena peningkatan asupan cairan bagi penderita dua penyakit ini bisa membahayakan.

Kurangi stres

Stres juga bisa memperparah kadar asam urat seseorang, sehingga rasa sakit pun akan lebih parah. Usahakan untuk mengontrol stres dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan (jika kaki atau bagian tubuh lainnya tidak terasa sakit), bermeditasi, istirahat yang cukup, mendengar musik, atau melakukan hobi lain yang bisa mengalihkan stres.

Kompres dingin ke bagian tubuh yang sakit

cara mengobati asam urat

Mengompres bagian tubuh yang sakit karena asam urat juga bisa jadi alternatif. Penderita asam urat bisa memberikan kompresan es yang dibungkus kain tipis ke bagian yang sakit, untuk mengurangi peradangan.

Karena suhunya yang dingin, es dikenal sebagai bahan yang bisa meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Mengangkat sendi atau bagian tubuh yang sakit

Mengangkat bagian tubuh dan sendi yang terkena asam urat juga bisa meredakan rasa sakitnya. Dengan mengangkat bagian tubuh yang terkena asam urat akan mendorong cairan dan darah dari area yang sakit serta memicunya untuk kembali menuju jantung.

Minum kopi

Sebuah penelitian pada 2016 mengungkap bahwa rutin minum kopi dapat menghindarkan seseorang dari penyakit asam urat. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang menyatakan bahwa kandungan dalam kopi dapat meredakan asam urat secara alami.

Saat sakit asam urat menyerang, kamu bisa mencoba mengonsumsi kopi hitam setiap pagi. Usahakan tidak memberi gula.

Minum air lemon

Pada 2015, sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi air lemon bisa menurunkan kadar asam urat. Hal ini dikarenakan lemon memiliki kandungan yang dapat menetralkan asam urat, sehingga secara alami dapat menurunkan kadarnya.

Penderita asam urat hanya perlu mencampurkan dua buah lemon ke dalam dua liter air dan minum setiap hari.

Batasi makanan yang memicu asam urat

batasi makanan yang memicu asam urat

Sebagaimana telah dijelaskan, beberapa makanan yang mengandung zat purine dapat memicu asam urat. Untuk itu, penderita asam urat juga harus memperhatikan asupan makanan dan jangan mengonsumsi makanan yang dapat memicu asam urat semakin parah, terutama alkohol.

Usahakan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, karena kandungan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Makan pisang, alpukat, dan sayuran berdaun gelap

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan potasium. Potasium ini dapat membantu organ serta jaringan dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Namun konsumsi pisang juga harus dibatasi, karena pisang mengandung glukosa dan fruktosa yang dapat memicu asam urat.

Baiknya jika mengonsumsi pisang, jangan lupa untuk mengonsumsi alpukat dan sayuran berdaun gelap lainnya untuk menetralkan kandungan pemicu asam urat dalam pisang.

Makan apel secara rutin

Mengonsumsi apel secara rutin juga disebut dapat mengobati asam urat secara alami. Melansir dari Health Line, apel mengandung asam malat, yang merupakan zat yang dapat menurunkan kadar asam urat. Namun sama seperti pisang, apel juga memiliki kandungan fruktosa dan glukosa yang dapat memicu asam urat. Untuk itu, baiknya cukup konsumsi satu buah apel setiap harinya.

Itulah beberapa cara mengobati asam urat secara alami yang bisa diterapkan penderita asam urat di rumah. Namun jika cara itu tidak memberikan efek, baiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: