Cara Mengatasi Ketombe Membandel dan Gatal Secara Alami

Saniter.co.id – Bagaimana cara mengatasi ketombe membandel dan gatal? Ketombe membandel bisa menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu. Selain merusak penampilan, ketombe juga membuat kulit kepala gatal dan tidak nyaman.

Jika sudah terlalu parah, ketombe bahkan bisa membuat kulit kepala iritasi. Jika sudah demikian, cara mengatasi ketombe membandel harus kamu ketahui agar masalah yang satu ini tidak terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi ketombe membandel, baiknya kenali dulu apa penyebab timbulnya ketombe. Biasanya ketombe muncul karena kamu kurang menjaga kebersihan rambut dan jarang keramas. Selain itu, produksi minyak berlebih di kulit kepala juga bisa menumpuk dan mengering menjadi kerak putih.

Tak hanya faktor eksternal, ketombe juga bisa timbul karena adanya penyakit tertentu pada kulit kepala, misalnya psoriasis, dermatitis, jamur, masalah hormon, hingga stres. Untuk itu, sangat penting menjaga kondisi tubuh agar tidak timbul gangguan-gangguan kesehatan yang dapat merusak penampilan.

Hal lainnya yang juga harus kamu perhatikan adalah penggunaan sampo. Ketombe juga bisa timbul karena sisa sampo yang masih menempel di kulit kepala atau helai rambut. Untuk itu, saat keramas pastikan kamu sudah membilas rambut secara menyeluruh dan bersih.

Jika ingin menggunakan cara aman, cara mengatasi ketombe membandel secara alami bisa kamu coba. Selain murah dan mudah, menggunakan bahan alami juga tidak akan memberikan efek samping dan kerusakan rambut atau kulit kepala. Lantas, bagaimana cara mengatasi ketombe membandel dengan cara alami? Berikut simak beberapa cara ini.

Cara Mengatasi Ketombe Membandel Menggunakan Bahan-bahan Alami

cara mengatasi ketombe membandel

Lidah buaya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketombe membandel secara alami yakni dengan menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anti jamur dan anti radang, sehingga baik untuk menghilangkan kotoran dan menyegarkan kulit kepala. Selain itu, kulit kepala yang radang juga bisa diatasi dengan menggunakan lidah buaya.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengupas satu lidah buaya, kemudian haluskan gel lidah buaya dan campurkan dengan satu sendok minyak kelapa. Jika tidak ada minyak kelapa, kamu cukup menggunakan gel lidah buaya saja.

Gel yang sudah tercampur tadi kemudian bisa langsung kamu oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut, lalu tutup rambut dengan handuk hangat dan shower cap. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas sampai bersih. Untuk hasil maksimal, kamu bisa melakukan perawatan ini satu kali seminggu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal sebagai bahan yang sangat baik untuk memperindah rambut. Kandungan minyak kelapa ini bisa membersihkan dan melembabkan rambut, serta membuat rambut semakin subur.

Untuk menghilangkan ketombe dengan menggunakan minyak kelapa, kamu hanya tinggal mengoleskannya pada permukaan kulit kepala dan rambut, lalu pijat ringan kulit kepalamu dan diamkan semalaman lalu pagi harinya bersihkan dengan air. Disarankan melakukannya pada malam hari.

cara mengatasi ketomber

Soda kue

Soda kue juga bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin menghilangkan ketombe membandel. Kandungan dalam soda kue dapat mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal. Selain itu, soda kue juga dikenal sebagai anti jamur, yang tentunya bisa membasmi ketombe yang membandel.

Cara menggunakannya cukup basahi rambut dan kulit kepala kamu dan taburkan soda kue ke permukaan kulit kepala secara merata. Pijat ringan selama kurang lebih dua menit lalu diamkan sebentar, bilas dengan air bersih.

Cuka apel

Cuka apel juga dikenal sebagai bahan alami dengan banyak manfaat untuk kecantikan. Selain ampuh membasmi jerawat, cuka apel juga ternyata bisa mengatasi ketombe membandel karena kandungan asamnya yang dikenal bisa mencegah pertumbuhan jamur di kulit.

Cara menggunakan cuka apel harus sedikit hati-hati. Pastikan untuk melarutkan setengah gelas cuka apel dengan satu gelas air, lalu oleskan pelan-pelan ke permukaan kulit kepala dan diamkan sekitar dua menit, kemudian bilas sampai bersih. Jangan menggunakan cuka apel tanpa campuran air putih karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Air lemon

cara mengatasi ketombe pakai lemon

Lemon diketahui memiliki kandungan anti jamur, yang ternyata bisa dijadikan obat alami untuk membasmi ketombe membandel. Cara menggunakannya yakni dengan mengoleskan dua sendok makan air lemon ke kulit kepala secara merata dan diamkan selama kurang lebih lima sampai sepuluh menit.

Bilas kepala dengan air sampai bersih. Jangan sampai meninggalkan bekas air lemon karena jika mengering justru akan menjadi pemicu ketombe.

Itulah cara mengatasi ketombe membandel dengan bahan alami yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Lakukan perawatan secara rutin agar ketombe cepat hilang.

Jika ketombe sudah hilang, baiknya kamu juga mencegah ketombe tumbuh kembali dengan cara menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, mengelola stres, perbanyak makan makanan yang mengandung probiotik, dan keramas secara rutin dengan menggunakan sampo anti ketombe.

Baca Juga: