Cara Cek Bantuan UMKM BRI Lewat HP, Cair Hingga 2,4 Juta

Salah satu program bantuan yang disalurkan oleh pemerintah dalam rangka membantu para pelaku usaha UMKM adalah adanya BLT atau Bantuan Langsung Tunai. Bagi siapa saja yang merasa pernah mendaftarkan dirinya untuk menjadi salah satu penerima program tersebut. Maka berikut ini adalah Cara Cek Bantuan UMKM Lewat HP sebentar lagi akan cair.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disalurkan oleh pemerintah kepada para pelaku usaha UMKM merupakan salah satu bentuk penanggulangan pasca wabah covid-19 yang benar-benar merugikan. . Oleh sebab itu, disini pemerintah menyalurkan bantuan kepada pemilik UMKM yang memang benar-benar membutuhkan. Ini dia syarat mendaftar BLT UMKM beserta cara cek bantuan UMKM hingga tahap pencairan hanya di Saniter.co.id.

Jenis Bantuan UMKM Yang Disalurkan Oleh Pemerintah

Jenis Bantuan UMKM Yang Disalurkan Oleh Pemerintah

Dunia baru saja bangkit dari wabah penyakit yang benar-benar berdampak tidak baik bagi segala hal, yaitu covid-19. Seperti yang kita rasakan saat ini bahwa begitu banyak perubahan yang terjadi akibat adanya pandemi Covid-19. Indonesia termasuk negara yang berhasil survive dari pandemi tersebut sehingga saat ini bisa dalam kondisi yang lebih baik.

Dampak dari pandemi benar-benar terasa di berbagai sektor industri dan hampir semuanya mengalami penurunan. Mungkin masyarakat kelas menengah ke bawah lah yang paling merasakan dampak buruk dari adanya wabah tersebut. Termasuk para pelaku usaha UMKM yang benar-benar bekerja keras agar bisa mempertahankan usahanya.

Untuk mengatasi masalah yang dialami oleh para pelaku UMKM, pemerintah Indonesia mengeluarkan program bantuan UMKM yang dilakukan oleh dua jenis Kementerian, yaitu Kemensos dan juga Kemenkop UKM.

Adanya bantuan ini merupakan angin segar bagi para pelaku usaha UMKM karena setidaknya mereka punya pegangan modal untuk melanjutkan usaha. Banyak juga UMKM yang harus menutup usahanya karena tidak bisa meneruskan lagi bisnis tersebut.

Mengingat daya beli masyarakat yang saat itu juga sedang menurun serta keluarnya beberapa peraturan pembatasan kerumunan dari pemerintah. Semakin menekan usaha pelaku UMKM hingga akhirnya tidak bisa diteruskan lagi.

Pemerintah akhirnya mengadakan program bantuan untuk pelaku usaha UMKM yang memenuhi syarat. Tujuan dari bantuan ini juga adalah sebagai salah satu cara agar peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah tetap terjaga. Mengingat adanya UMKM bisa membantu perekonomian negara dilihat dari kontribusinya terdapat Pendapatan Domestik Bruto negara Indonesia.

Itulah mengapa adanya bantuan UMKM ini sangat disambut baik oleh masyarakat dan semoga saja bisa menstabilkan kembali usaha mereka yang sempat padam. Pemerintah menyalurkan bantuan UMKM ini berdasarkan dua jenis, yaitu sebagai berikut.

  • BLT UMKM
  • BLT KPM PKH

Ketentuan Pendaftar Bantuan UMKM Yang Harus Dipenuhi

Ketentuan Pendaftar Bantuan UMKM Yang Harus Dipenuhi

Program bantuan UMKM yang diadakan oleh pemerintah itu hanya dibagikan kepada mereka yang telah memenuhi syarat saja. Tidak semua pelaku usaha tersebut mendapatkan bantuannya karena memang pemerintah benar-benar harus menjaring mereka yang membutuhkan.

Kalau kamu masih merasa mampu untuk menjalankan usaha tersebut, maka berikanlah peluang kepada saudara yang lain agar penyaluran bantuan ini tidak dilakukan secara asal. Untuk membatasi pendaftar agar sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Ada beberapa syarat dan juga ketentuan yang perlu dilengkapi dulu oleh semua pelaku UMKM yang ingin mendapatkan bantuan tersebut.

Di Indonesia sendiri memang ada ribuan pelaku usaha UMKM karena memang jenis usaha tersebut dikategorikan berdasarkan jumlah keuntungan yang didapat. Bukan berarti semua pelaku UMKM adalah orang yang kurang mampu dari segi finansial.

Banyak juga anak-anak muda yang merintis bisnis dari kategori usahanya masuk termasuk ke dalam UMKM. Itulah sebabnya penting bagi pemerintah menerapkan standar siapa saja pelaku usaha yang berhak menerima program bantuan tersebut.

Bila pembaca artikel Saniter.co.id hari ini merasa memenuhi ketentuan yang ada di bawah ini. Maka jangan ragu untuk daftar bantuan tersebut dan sapa tahu saja berhasil mendapatkan bantuan langsung tunai dari programnya.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh semua calon pendaftar bantuan UMKM 2023.

  • Calon pendaftar merupakan warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP
  • Bukan termasuk anggota ASN, POLRI, BUMN, TNI, dan sebagainya
  • Mempunyai usaha yang tergolong dalam kategori UMKM ditunjukkan dengan adanya surat usulan calon penerima BPUM berikut lampirannnya.
  • Usaha yang dijalankan tidak sedang atau akan menerima pembiayaan dari bank (KUR)

Kurang lebih itulah ketentuan utama yang benar-benar harus dilengkapi oleh calon pendaftar bantuan UMKM supaya prosesnya berjalan lancar.

Poin Penting Program Bantuan UMKM 2023

Poin Penting Terkait Dengan Program BLT UMKM 2023

Mungkin beberapa pembaca Saniter.co.id masih ada yang belum tahu mengenai program bantuan yang disalurkan oleh pemerintah kepada para pelaku UMKM. Bantuan yang dibagikan ini berupa sejumlah uang tunai dan bisa jadi akan dibagi menjadi beberapa tahap.

Program ini tentu saja sangat membantu masyarakat yang memiliki usaha kecil-kecilan dan memenuhi syarat yang tertera di atas. Kamu bisa mencoba mendaftar bantuan UMKM tersebut dan siapa tahu saja lolos untuk mendapatkan bantuan yang dimaksud.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang beberapa poin penting yang perlu diketahui oleh pengguna terkait dengan program bantuan UMKM ini. Banyak juga berita simpang siur mengenai bantuan ini.

Oleh sebab itu, simak dulu penjelasan yang telah kami siapkan di bawah ini agar kamu tidak bertanya-tanya soal berapa besaran nominal uang yang akan diterima oleh penerima bantuan.

Besaran Bantuan Yang Diterima Pemilik UMKM

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa program bantuan yang disalurkan oleh pemerintah kepada UMKM ini terbagi menjadi dua, yaitu BLT UMKM dan juga BLT KPM PKH. Semua bantuan tersebut ada sasarannya tersendiri dan syaratnya pun berbeda.

Nominal uang tunai yang akan didapat oleh penerima juga tidak sama berikut dengan tanggal pencairannya. Untuk program BLT UMKM yang disalurkan oleh KEMENKOP UKM, penerima bantuan akan mendapatkan nominal uang tunai sebesar 2,4 juta rupiah tiap tahapnya.

Uang tersebut bisa dicairkan secara langsung dan tidak nominalnya juga langsung sebesar itu. Apabila tahap yang lainnya juga sudah dibuka, maka jumlah yang didapat tetap saja. Kalau BLT KPM PKH ini penerima akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar 3,5 juta rupiah.

Semua program bantuan tersebut memiliki jumlah target dan juga sasaran yang perlu dicapai. Bantuan BLT UMKM ini akan disalurkan kepada 12 juta pelaku usaha yang termasuk ke dalam kategori mikro, kecil, dan juga menengah.

Sedangkan, untuk BLT KPM PKH disalurkan kepada 12 ribu penduduk yang masuk ke dalam syarat penerima bantuan. Nominal bantuan yang akan diterima ini bisa saja berubah ketika sudah berganti tahap.

Tetap update terus informasi langsung dari kementerian dan jangan sampai ketinggalan tanggal pencairan bantuan resmi.

Tempat Pencairan BLT UMKM

Ketika waktu pencairan sudah tiba dan kamu termasuk salah satu pelaku usaha yang berhasil mendapatkan bantuan tersebut. Maka uang tersebut tidak bisa langsung dicairkan begitu saja. Biasanya ada beberapa prosedur yang perlu dilalui oleh para penerima.

BLT UMKM ini bisa dicairkan secara langsung melalui bank BRI dengan membawa semua syarat dokumen yang dibutuhkan. Jadi, penerima memang tidak bisa langsung mengambil uang tunai dari rekening BRI.

Tetap ada proses dan juga prosedur yang perlu dilalui supaya kamu bisa mendapatkan bantuan tersebut secara resmi. Biasanya akan dijelaskan apa saja dokumen yang perlu dibawa saat ingin mengambil uang BLT UMKM yang cair pada tahun 2023.

Itu dia dua poin penting yang perlu kamu ketahui dulu tentang program BLT UMKM ini. Apabila di antara pembaca ada yang belum mendaftar bantuan UMKM, tetapi sudah memenuhi semua ketentuan dan syarat berlaku.

Maka simak penjelasan di artikel Saniter.co.id sampai selesai supaya tidak bingung lagi mengenai Cara Cek Bantuan UMKM dan juga Cara Daftar awalnya.

Cara Daftar Bantuan UMKM 2023 Beserta Tempatnya

Program bantuan yang diberikan kepada UMKM ini memiliki sedikit perbedaan dari segi proses pendaftaran dibandingkan dengan program yang lainnya. Mungkin kalau jenis bantuan yang lain itu bisa diusulkan langsung oleh calon penerima melalui website atau aplikasi yang telah ditentukan.

Tetapi kalau BLT UMKM ini calon pendaftar harus mendaftarkan diri melalui sebuah lembaga yang bertindak sebagai pengusul bantuan tersebut. Setelah melengkapi semua syarat dokumen fisik maupun non fisik yang telah diatur sebelumnya.

Maka pelaku usaha bisa pergi ke salah satu lembaga ditugaskan untuk menjadi penguul agar bisa didata lebih lanjut. Jadi, nantii yang mengajukan calon pendaftar tadi adalah lembaga tersebut. Kamu harus melengkapi semua data yang dibutuhkan sesuai dengan instruksi lembaga tersebut.

Adapun cara daftar bantuan UMKM 2023 adalah pelaku UMKM bisa mendaftarkan dirinya ke salah satu lembaga pengusul di bawah ini.

  • Koperasi yang telah sah dan berbadan hukum
  • Kementerian
  • Lembaga penyalur kredit UMKM
  • DinKop UMKM Kab/Kota
  • Perusahaan pembiayaan yang telah resmi diawasi oleh OJK

Proses selanjutnya adalah lembaga pengusul mendaftarkan data calon pendaftar tadi secara online melalui situs resmi situs oss.go.id.

Cara Cek Bantuan UMKM Lewat HP Beserta Pencairannya

Cara Cek Bantuan UMKM Lewat HP Beserta Pencairannya

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek bantuan UMKM sesuai dengan kategori bantuan yang akan diterima. Pertama, kamu bisa cek langsung melalui website resmi dari lembaga yang menyediakan program tersebut.

Biasanya akan diminta untuk memasukkan NIK dan juga beberapa informasi lainnya. Bila kamu berhasil mendapatkan bantuan tersebut akan ada instruksi lebih lanjut untuk masuk ke proses pencairan uang BLT .

Kami akan menjelaskan bagaimana cara cek bantuan UMKM apakah kamu termasuk dalam penerima BPUM atau tidak. Untuk cek penerima BPUM UMKM, maka pengguna harus masuk ke dalam laman website resmi BRI.

Untuk cara selengkapnya, silahkan simak langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Kunjungi situs https://eform.bri.co.id/bpum melalui browser masing-masing.
  • Kemudian masukkan nama dan juga NIK sesuai dengan kolom yang telah disediakan.
  • Setelah itu tekan tombol Cari dan tunggu sampai hasilnya keluar.
  • Jika sudah muncul artinya perhatikan informasi yang tertera disana supaya tidak bingung mengenai proses pencarian.

Bila kamu masuk ke dalam laman situs BPUM BRI belum ada tempat untuk mengecek penerima bantuan. Itu artinya program BLT UMKM di tahun 2023 ini belum cair dari pemerintah.

Artikel Lainnya :