Hindari Tidur Dekat HP, Ini Bahaya Tidur Dekat HP di Malam Hari

Saniter.co.id – Tahukah jika bahaya tidur dekat HP ternyata bisa berdampak serius pada kesehatan? Handphone (HP) atau telepon genggam sudah menjadi kebutuhan wajib bagi manusia untuk berkomunikasi atau sekedar untuk browsing, main game, mendengarkan musik, nonton film, dan masih banyak lagi.

Hampir satu hari penuh orang-orang banyak menggunakan HP sebagai keperluan, bahkan menjelang tidur. HP saat ini sudah menjadi alat elektronik praktis yang dapat menyaring informasi apa pun dari sosial media, baik dalam bentuk foto, video, maupun audio. Tak heran jika saat ini orang-orang tidak bisa lepas dari HP bahkan saat tidur.

Beberapa bahaya tidur dekat HP wajib kamu ketahui, karena bisa berdampak serius jika dilakukan terus-menerus. Biasanya, orang-orang zaman sekarang sering memainkan HP sebelum tidur, bahkan ada yang harus tidur sambil mendengarkan musik lewat HP-nya tanpa menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan.

Lantas, apa saja bahaya tidur dekat HP bagi kesehatan tubuh? Berikut simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Efek Samping dan Bahaya Tidur di Dekat HP

bahaya tidur dekat HP

Menyebabkan insomnia

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Psychiatric Research, radiasi blue light dari HP dapat memancarkan sinar yang hampir mirip dengan cahaya matahari. Hal ini akan membuat tubuh kamu mengira bahwa hari masih siang. Sinyal yang dirasakan tubuh inilah yang membuat kamu sulit merasakan kantuk.

Memainkan HP menjelang tidur juga dapat membuat kamu terjaga seharian karena pikiran kamu terus teralihkan pada layar HP.

Leher kaku

Kebiasaan memainkan HP sebelum tidur juga bisa menyebabkan leher kaku. Saat bermain hp, kepala kamu akan fokus menatap layar, yang tanpa kamu sadari akan terus berada di posisi tersebut untuk waktu yang lama. Hal ini akan memicu kekakuan pada otot di leher, yang juga bisa menimbulkan rasa sakit hingga menjalar ke bagian punggung.

Merusak mata

efek samping dan bahaya tidur dekat HP

Terlalu banyak menatap layar HP pada malam hari juga dapat merusak mata, terlebih jika ruangan dalam keadaan gelap. Cahaya yang dipancarkan layar HP akan langsung masuk dan disaring oleh retina mata, yang jika berlebihan akan menyebabkan mata sakit hingga kemerahan akibat iritasi.

Mengganggu konsentrasi

Terlalu sering tidur dekat HP juga ternyata bisa memberikan dampak buruk pada otak, yakni konsentrasi jadi terganggu. Smartphone jenis apa pun akan mengeluarkan gelombang radiasi elektromagnetik yang akan mengenai langsung tubuh seseorang yang berada di dekatnya. Gelombang radiasi ini lah yang dapat membuat aliran darah di tubuh jadi tidak maksimal.

Saat bangun di pagi hari, kamu justru akan merasa kelelahan bahkan pusing, sehingga konsentrasi pun jadi terganggu.

Meningkatkan risiko kanker

Sebagaimana diketahui, smartphone atau HP yang kita gunakan sehari-hari memancarkan gelombang radiasi tinggi yang bersifat karsinogenik. Gelombang radiasi ini bisa mempengaruhi susunan saraf dalam tubuh yang bisa menyebabkan tumor dan bahkan kanker jika terlalu lama dilakukan.

Mudah merasa lelah

bahaya tidur dekat HP bagi kesehatan

Memiliki kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur juga bisa memberikan efek lelah pada penggunanya. Jika kamu sering merasa lelah saat bangun di pagi hari, bisa jadi penyebabnya adalah terlalu sering tidur di dekat smartphone.

Saat kamu merasa lelah bahkan di pagi hari, kamu akan kesulitan berkonsentrasi dan tidak fokus pada pekerjaan. Hal semacam ini tentu akan merugikan karena aktivitas jadi terganggu. Beberapa bahaya tidur dekat HP di atas harus benar-benar kamu pahami dengan menerapkan beberapa kegiatan ini sebelum tidur.

Jangan memainkan HP sebelum tidur. Usahakan batasi pemakaian smartphone di malam hari agar kamu tidak kebablasan memegang HP sampai ketiduran. Letakkan HP kamu minimal sejauh satu meter dari tempat tidur. Hal ini akan menjauhkan kamu dari gelombang radiasi yang dipancarkan oleh HP.

Aktifkan mode pesawat atau sekalian matikan HP jika tidak ada kepentingan mendesak. Jika ingin mengisi daya di malam hari, usahakan jangan di dekat kasur.

Itulah beberapa bahaya tidur dekat HP yang bisa ditimbulkan jika dilakukan terus-menerus. Baiknya kamu jangan terlalu kecanduan terhadap smartphone khususnya pada malam hari karena bisa merugikan kesehatan kamu sendiri.

Baca Juga: