Health

Mudah dan Praktis, Tisu Basah Antiseptik Ini Ampuh Membasmi Virus

04 November 2020
Mudah dan Praktis, Tisu Basah Antiseptik Ini Ampuh Membasmi Virus

Saat ini penggunaan tisu basah tidak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari. Apalagi, dimasa pandemi seperti sekarang ini, kita dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan permukaan kulit dari paparan kuman dan bakteri. 

Dalam kehidupan sehari-hari, tisu basah biasanya  digunakan untuk membersihkan berbagai jenis kotoran, mulai dari debu hingga tumpahan makanan. Bahkan, tak jarang tisu basah digunakan untuk membersihkan wajah karena memiliki kandungan yang dapat memberikan rasa segar pada kulit ketika digunakan.

Walau penggunaan tisu basah sangat membantu aktivitas sehari-hari, namun penting untuk memahami jenis-jenis tisu basah yang beredar di pasaran. Salah satu tisu basah yang banyak digunakan di masa pandemi seperti sekarang ini adalah tisu basah antiseptik.

Tisu basah antiseptik ini layaknya hand sanitizer, dimana dibuat atau dikhususkan untuk menggantikan aktivitas cuci tangan dengan cara yang lebih mudah dan praktis. Namun, tetap saja terdapat perbedaan antara tisu basah antiseptik dengan hand sanitizer. 

Tisu basah antiseptik lebih ampuh menghilangkan kotoran pada tangan. Berbeda dengan hand sanitizer, yang mana dapat membunuh kuman tanpa menghilangkan kotoran yang tampak. Melansir Healthline, antiseptik mengandung zat kimia yang disebut biosida, sebagaimana juga terdapat pada desinfektan. Namun, antiseptik memiliki kandungan biosida yang lebih rendah dibandingkan dengan desinfektan.

Penggunaan Tisu Basah Antiseptik yang Benar

Ditujukan untuk penggunaan yang mudah dan praktis, tisu basah antiseptik hanya bisa digunakan pada permukaan kulit. Menggunakan tisu basah antiseptik untuk membersihkan permukaan benda mati dinilai kurang efektif. Dilansir dari Reader's Digest, membersihkan permukaan toilet dengan tisu basah antiseptik tidak akan ampuh untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri pada benda tersebut.

Menggunakan tisu basah antiseptik dengan cara yang tidak tepat justru akan menimbulkan rasa aman palsu karena usapannya nyatanya tidak membunuh bakteri apapun. Mengutip dari laman kesehatan WebMD, jika Anda hanya menggunakan tisu basah antiseptik dan mengusapnya dengan cepat di seluruh permukaan, maka larutan pembersih akan menguap dalam beberapa detik. Waktu tersebut tidaklah cukup untuk membasmi atau menghentikan perkembangan mikroorganisme.

Agar efektif dalam membasmi kuman dan bakteri, Anda diharuskan harus menggunakan dan mengusapnya secara perlahan dan memastikan permukaan tetap lembab dalam jangka waktu beberapa lama. Selain itu, hindari penggunaan tisu basah antiseptik saat sebelum atau selama makan. 

Hal tersebut dikarenkan tisu basah antiseptik dapat meninggalkan residu pada kulit dan tidak membuat semua mikroba akan hilang dalam sekali usap. Lalu, pastikan juga untuk langsung membuang tisu basah antiseptik setelah digunakan atau hindari penggunaan berulang kali.

Itulah beberapa informasi terkait cara penggunaan tisu basah antiseptik yang tepat. Sesibuk apapun Anda, pastikan untuk selalu membawa tisu basah khususnya tisu basah antiseptik di dalam tas Anda untuk menjaga permukaan tangan Anda dari paparan kuman dan bakteri. 

Anda juga dapat memilih produk tisu basah terbaik dari Saniter yaitu Saniter Personal Wipes yang mengandung benzalkonium chloride 0,05% untuk membunuh kuman dan bakteri sehinga menjaga kebersihan tangan. Saniter Personal Wipes sudah teruji klinis dalam membunuh kuman, bakteri dan virus di tangan dan di segala jenis permukaan berbahan solid/keras.

Segera dapatkan Saniter Personal Wipes di toko resmi Godrej Indonesia di Tokopedia atau Anda juga dapat membelinya di minimarket dan supermarket terdekat.

< Kembali
Image decoration

REKOMENDASI PRODUK

Saniter Hand Sanitizer Instant Gel

Saniter Hand Sanitizer Instant Gel

Saniter Personal Wipes

Saniter Personal Wipes

ARTIKEL TERKAIT

Beragam Manfaat dari Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit yang Tidak Boleh Dilewatkan
Health

Beragam Manfaat dari Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit yang Tidak Boleh Dilewatkan

Stop Kebiasaan Buruk Ini Saat Anda Mencuci Tangan!
Health

Stop Kebiasaan Buruk Ini Saat Anda Mencuci Tangan!

Bagian Rumah yang Wajib Disemprot Cairan Disinfektan Demi Cegah Virus dan Penyakit
Health

Bagian Rumah yang Wajib Disemprot Cairan Disinfektan Demi Cegah Virus dan Penyakit