Lifestyle

Inilah Perbedaan Hand Sanitizer dan Disinfektan yang Patut Anda Ketahui

07 December 2020
Inilah Perbedaan Hand Sanitizer dan Disinfektan yang Patut Anda Ketahui

Sudah dipenghujung tahun 2020, namun kita masih harus hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Tentunya, hal ini menjadi pengingat bahwa kita harus semakin menjaga kewaspadaan dan kesehatan agar terhindar dari paparan virus tersebut. Cara terbaik untuk menjaga kewaspadaan kita terhadap paparan virus diantaranya ialan dengan rutin menggunakan hand sanitizer dan menyemprotkan cairan disinfektan,  baik di beberapa bagian rumah maupun di benda-benda yang sering digunakan.

Meskipun sama-sama efektif dalam menangkal laju penyebaran virus Covid-19, baik hand sanitizer maupun disinfektan ternyata memiliki jenis, fungsi, hingga cara penggunaan yang tak sama. Hal inilah mengapa masih banyak yang bingung mengenai perbedaan diantara keduanya. Nah, agar Anda semakin paham mengenai perbedaan hand sanitizer dan disinfektan, berikut ini beberapa perbedannya yang patut Anda ketahui.

Kandungan Bahan

Perbedaan yang paling mencolok dari hand sanitizer dan cairan disinfektan ialah kandungan bahan yang dimilikinya. Biasanya cairan disinfektan menggunakan bahan-bahan kimia berupa senyawa chlorin, hydrogen peroksida, creosote, hingga alkohol. Selain itu, disinfektan biasanya juga memiliki kandungan biosida yang cukup tinggi dibandingkan dengan hand sanitizer.

Sedangkan, hand sanitizer ialah cairan pembunuh bakteri yang memiliki kandungan alkohol yang lebih banyak dibandingkan dengan cairan disinfektan yakni antara 60 hingga 100 persen. Tidak hanya itu, hand sanitizer juga memiliki kandungan bahan lainnya seperti etanol, gliserol, dan hydrogen peroksida dan beberapa bahan kimia lainnya yang dapat membantu untuk melembabkan kulit.

Jenis

Selain memiliki perbedaan kandungan bahan yang dimilikinya, antara hand sanitizer dan disinfektan memiliki jenis yang berbeda-beda. Pada umumnya, hand sanitizer memiliki dua jenis yang sering digunakan, yaitu berupa cair dan gel. Hand sanitizer berjenis cair ini biasanya dikemas dalam bentuk spray, dimana cenderung menyerap lebih cepat dibandingkan hand sanitizer berjenis gel.

Berbeda halnya dengan disinfektan, cairan ini justru memiliki banyak jenis yang bahkan Anda pun dapat temukan dengan mudah di rumah. Beberapa jenis disinfektan diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Sabun dan air
  • Larutan pemutih
  • Larutan klorin
  • Karbol atau Lysol
  • Chlorine
  • Alkohol dengan kadar 70 persen
  • Hidrogen peroksida
  • Chloroxylenol dengan kadar 5 persen

Cara Penggunaan

Perbedaan lainnya yang patut Anda ketahui dari hand sanitizer dan disinfektan ialah cara penggunaannya. Pada penggunaan hand sanitizer, Anda cukup ambil dua hingga tiga tetes kemudia letakkan pada telapak tangan. Setelah itu, aplikasikan pada seluruh permukaan tangan, mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, serta punggung jari secara merata.

Sedangkan, pada penggunaan cairan disinfektan Anda dapat menyemprotkan pada benda-benda yang sering tersentuh membunuh bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit. Pastikan Anda menghindari menyemprotkan cairan disinfektan pada anggota tubuh. Anda dapat menyemprotkan cairan disinfektan pada berbagai permukaan benda, seperti gagang pintu, toilet, saklar lampu, meja, kursi, dan lain sebagainya.

Selain itu, agar lebih aman dalam penggunaan cairan disinfektan, disarankan untuk menggunakan alat pelindung diri seperti masker, kacamata khusus, dan sarung tangan plastik sebelum Anda menyemprotkan cairan disinfektan pada permukaan benda yang diinginkan.

Waktu Penggunaan

Ketika menggunakan hand sanitizer, disarankan Anda menggunakannya pada waktu-waktu yang penting seperti setelah melakukan aktivitas, sebelum makan, setelah makan, setelah buang air kecil dan besar, setelah menyentuh permukaan benda, dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, Anda dapat menggunakan hand sanitizer tersebut sesering mungkin untuk menghindari paparan kuman, bakteri, dan virus yang menempel di tangan Anda.

Sedangkan pada penggunaan cairan disinfektan, Anda cukup menyemprotkannya pada permukaan benda dua kali dalam sehari. Semprotkan pada saat Anda sebelum memulai aktivitas atau pada pagi hari dan semprotkan lagi setelah melakukan aktivitas yaitu pada sore atau malam hari.

Nah, kini Anda sudah tahu kan apa saja perbedaan dari hand sanitizer dan cairan disinfektan? Pastikan di masa pandemi seperti sekarang ini Anda selalu waspada dalam menjaga kebersihan, terutama kebersihan tangan.

Selalu gunakan produk Saniter Hand Sanitizer karena sangat ampun membunuh kuman kuman secara cepat tanpa dibilas, serta lembut di tangan tanpa membuat kulit Anda menjadi kering. Terdapat dua varian dari Saniter Hand Sanitizer, yaitu Saniter Hand Sanitizer Instant Gel dan Saniter Hand Sanitizer Instant Spray. Kedua varian Saniter Hand Sanitizer ini sangatlah efektif dalam membunuh kuman secara cepat tanpa membuat tangan terasa kering.

Tunggu apa lagi, segera dapatkan produk-produk dari Saniter Hand Sanitizer hanya di toko resmi Godrej Indonesia di Shopee atau Anda juga dapat membelinya di minimarket dan supermarket terdekat!


< Kembali
Image decoration

REKOMENDASI PRODUK

Saniter Fabric Disinfectant Spray

Saniter Fabric Disinfectant Spray

Saniter All Surface Wipes

Saniter All Surface Wipes

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Eucalyptus Globulus, Tanaman Herbal yang Ampuh Basmi Virus
Lifestyle

Mengenal Eucalyptus Globulus, Tanaman Herbal yang Ampuh Basmi Virus

Alasan Mengapa Banyak yang Kembali Beralih Menggunakan Sabun Batang. Ternyata Banyak Kelebihannya Lho!
Lifestyle

Alasan Mengapa Banyak yang Kembali Beralih Menggunakan Sabun Batang. Ternyata Banyak Kelebihannya Lho!

Inilah Perbedaan Hand Sanitizer dan Disinfektan yang Patut Anda Ketahui
Lifestyle

Inilah Perbedaan Hand Sanitizer dan Disinfektan yang Patut Anda Ketahui